Desa Margahayu

Hayu atuh, Margahayu!

Penyuluhan PHBS

Orang bijak mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Maka dari itu, bidang kesehatan merupakan bidang yang tidak dapat dipandang sebelah mata saat ini. Banyak dampak yang dapat kita rasakan apabila kita menjaga kebersihan dan juga akibatnya sangatlah terasa apabila lingkungan tempat tinggal kita tidak mengindahkan kebersihan. Semakin banyak pula pihak yang saat ini sadar akan kebersihan karena akan berdampak pada kesehatan apabila tidak dirawat dengan baik. Maka dari itu salah satu program kerja KKNM Unpad Periode 2011 adalah bidang kesehatan.

Desa Margahayu yang saat ini menjadi lokasi KKNM merupakan salah satu desa yang sedang menggiatkan bidang kesehatan. Untuk itu kami selaku tim KKNM tertarik untuk membantu pemerintahan desa Margahayu untuk menggiatkan pentingnya kebersihan lingkungan yang dimulai dengan perilaku hidup bersih dari masing-masing individu.

Adapun tujuan dari kegiatan Program Kerja bidang kesehatan ini adalah untuk memberikan informasi dan wawasan tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar terciptanya lingkungan dan perilaku masyarakat yang bersih yang juga dapat berdampak terhadap tingkat  kesehatan masyarakat desa Margahayu.

Adapun manfaat yang diharapkan dari kegiatan ini ialah agar para masyarakat desa Margahayu dapat meningkatkan wawasan mereka tentang perilaku hidup bersih. Selain itu juga kelak para penerus mereka dapat mencontoh perilaku bersih para orang tuanya sehingga kehidupan masyarakat desa di masa depan dapat bersaing dengan masyarakat kota.

Kegiatan penyuluhan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) akan dilaksanakan pada hari Selasa, 8 Februari 2011 dengan mengambil lokasi di Balai Desa Margahayu. Peserta dari kegiatan penyuluhan ini adalah para tokoh-tokoh desa, ketua RW/ RT, dan juga masyarakat umum berkesempatan hadir. Kegiatan ini dimulai dengan pemberian wawasan tentang bahayanya lingkungan kotor yang berdampak pada kesehatan masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan oleh narasumber yang didatangkan langsung dari Kabupaten Garut yang khusus untuk mengadakan penyuluhan dan juga masyarakat akan di beri informasi teknis seputar pembuatan septictank dan yang lainnya.

Berikut ikhtisar kegiatan penyuluhan PHBS:

Waktu Kegiatan Durasi Keterangan
12.00 – 12.30 Persiapan Acara 30 menit
12.30 – 13.00 Pengondisian di Balai Desa 30 menit OlehTim KKNM
13.00 – 13.05 Pembukaan Acara 5 menit Oleh MC
13.05 – 13.10 Pembacaan ayat suci Al-Quran 5 menit Oleh tim KKNM
13.10 – 13.15 Sambutan dari Kepala Desa 5 menit
13.15 – 13.20 Sambutan dari tokoh kesehatan 5 menit
13.20 – 13.25 Sambutan dari Koordinator Desa 5 menit
13.25 – 14.30 Penyuluhan PHBS 2 jam Oleh Narasumber
14.30 – 14.45 Tanya jawab 15 menit Oleh MC
14.45 – 14.50 Penutupan Acara 5 menit Oleh MC

Berikut pembagian tugas dalam kegiatan penyuluhan ini:

  • Penanggung Jawab                 : Gema Mahendra
  • Sekertaris                                : Nora Varera W.
  • Bendahara                               : Hilis Normania
  • Acara                                       : Dian Marthatika
  • Logistik                                   : Iqbal Dani, Ivan Komara Sudrajat
  • MC                                          : Surya Meihdhy
  • Publikasi & Dokumentasi       : Sekar Tunjung Kinansih, Ayu Devi Savitri
  • Konsumsi                                : Priska Adelina L., Nina Puspitasari

Dari rencana kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kegiatan berjalan sebagaimana mestinya sesuai yang telah direncanakan dan juga mendapat sambutan yang positif dari aparat desa dan juga para peserta penyuluhan. Acara pun berjalan dengan suasana kekeluargaan agar tidak terjadi kesan yang canggung di antara mahasiswa, narasumber dan juga masyarakat sebagai anggota penyuluhan.

Dalam sebuah kegiatan, tidak mungkin kegiatan tersebut berjalan lancar tanpa ada kendala. Begitu pun dengan kegiatan ini terdapat beberapa kendala yang sedikit mengganggu jalannya kegiatan. Adapun kendala yang dihadapi adalah kurangnya respons dari masyarakat, khususnya dari bapak-bapak yang diharapkan untuk hadir pada kenyataannya tidak banyak yang menghadiri acara ini. Hal tersebut terjadi kemungkinan karena pelaksanaan waktu yang kurang tepat sehingga hanya beberapa bapak-bapak yang hadir dalam acara penyuluhan tersebut.

(blogs.unpad.ac.id/kknmmargahayu2011)

Leave a Reply

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create