Program Majelis Talim

Para Ibu di desa Kertaharja ini sudah sedemikian mandiri dengan adanya berbagai kegiatan kelompok Ibu. Ibu – ibu rumah tangga di lingkungan desa tak hanya berdiam diri di rumah menjadi ibu rumah tangga atau pergi ke sawah menjadi petani. mereka juga mengadakan kegiatan selain kegiatan rutin mereka dan membentuk kelompok atau kader para ibu untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatannya. Kegiatan – kegiatannya terwujud seperti pengajian, PKK, Posyandu, kumpul Ibu se Desa, berketrampilan, dll. Kegiatan yang paling sering di adakan dan dominan diantara kaum ibu di Desa Kertaharja ini ialah kegiatan pengajian dan PKK.

Kegiatan Majelis Taklim

Pengajian atau majelis taklim adalah kegiatan yang sudah menjadi rutinitas yang diikuti oleh para ibu setiap harinya. Para Ibu sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dan juga pengajian ini menjadi kegiatan pokok para Ibu karena sudah berjalan selama puluhan tahun dan menjadi ciri khas kelompok Ibu di Desa Kertaharja . Setiap harinya terdapat pengajian yang dilaksanakan di setiap RW atau Dusun di Desa Kertaharja dengan jadual bergilir dalam satu minggunya. Setiap harinya terdapat pengajian di setiap dusun yang berbeda . kegiatan Majelis Taklim diadakan di Mesjid atau Musholla di setiap dusun. Waktu pelaksanaannya pun sudah sejak lama ditetapkan dan hingga sekarang tetap berjalan. Waktu pelaksanaanya yaitu setiap jam 16.00 WIB setiap harinya di semua dusun.

Durasi pelaksanaannya selama sekitar 1 jam . isi kegiatannya berupa mengaji alqur’an, pembacaan sholawat dan ceramah mengenai pengetahuan agama islam seperti ilmu agama yang dapat di terapkan di kehidupan sehari – harinya.  Penceramah tentunya berasal dari para Ustadz yang ada di sekitar lingkungan desa. kelompok ibu yang datang ke pengajianmerupakan kelompok ibu – ibu yang sudah lama terbentuk dan memiliki keinginan kuat untuk mebangun kelompok lewat pengajian dan kegiatan Ibu lainnya. Pada pengajian terdapat juga arisan yang diprakarsai oleh para ibu .

Berikut adalah tabel jadual pengajian yang ada di Desa Kertaharja ;

Hari

Dusun

Senin

Bojong Berod, Cihaur ( Rt 1 RW 3), Parigi (RT 2 )

Selasa

Parigi (RT 4) , Ceuri (RT 2)

Rabu

Parigi ( RT 5 RW 3 )

Kamis

Ceuri RT 1 dan RT 4

Jumat

Bojong Berod

Sabtu

Parigi

Minggu

Ceuri

Hasil Pelaksanaan :

Kami peserta KKNM integratif Unpad telah ikut serta dalam beberapa kegiatan pengajian di desa kertaharja. Berikut rincian kegiatannya ;

Hari, Tanggal

Tempat

Penceramah

Kamis, 5 Januari 2012 Mesjid Al Jihad, Dusun Ceuri Ust Mahmudin
Kamis, 12 Januari 2012 Mesjid Al Amien, Dusun Ceuri Ust Drs Wawan Suwandi
Rabu, 11 Januari 2012 Mesjid Al Jihad, Dusun Cihaur Ust Falah
Kamis, 19 Januari 2012 Mesjid Al Amien, Dusun Ceuri Ust Sofyan
20 Januari 2012 Mesjid Jami Miftahul Huda,  Dusun Bojong Berod. Ust Sofyan
27 Januari 2012 Mesjid Al Falah Dusun Babakan Ceuri  Ust Drs Wawan Suwandi

Kegiatan Posyandu dan PKK Desa

Kegiatan ini merupakan kegiatan kader ibu – ibu Desa Kertaharja yang menggerakkan para ibu dan anak – anak untuk memperhatikan masalah keadaan fisik dasar manusia. Kegiatan ini di bentuk para ibu bersama ibu Bidan untuk memeriksa kesehatan ibu dan anak seperti kesehatan ibu hamil, berat dan tinggi serta keadaan dasar bayi, imunisasi balita ,dsb. Posyandu sendiri merupakan kependekan dari pos pelayanan terpadu, umumnya masalah kesehatan. Kegiatan ini diadakan selama sebulan sekali setiap tanggal 10 . selain itu juga diadakankegiatan PKK ibu – ibu. Kegiatan tersebut adalah kegiatan perkumpulan Ibu – ibu yang nantinya menyusun kegiatan keterampilan serta kegiatan ibu – ibu lainnya yang seperti arisan, bikin kue bersama dsb.

Hasil Pelaksanaan ;

Kami peserta KKNM telah mengikuti kegiatan posyandu dan PKK Desa Kertaharja pada tanggal Senin 9 Januari 2012.  Kegiatan ini juga merupakan acara pembuka pada awal bulan atas kegiatan posyandu bulanan di awal tahun ini. Acara ini dihadiri oleh para Ibu RW se Desa Kertaharja  dan ibu Bidan. Pada kegiatan tersebut dibahas mengenai rencana kegiatan kedepan dan menentukan arisan bulanan. Setelah kami mengikuti kegiatan ini, kami dapat melihat bahwa ibu – ibu di Desa kertaharja sangat kompak, mandiri dan sadar akan kesehatan diri. Mereka cukup aktif dalam mengikuti kegiatan yang ada dan dapat saling membantu satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

35 + = 42

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>