Musrembang Dan Sosialisasi Di Bidang Perekonomian Desa

Kegiatan ini dilakukan pada acara Musrembang yang merupakan acara musyawarah perencanaan dan pengembangan desa yang disertai dengan pembahasan program yang telah dilaksanakan pada tahun sebelumnya. Acara ini dipimpin oleh Kepala Kecamatan Tanjungkerta yang diwakili oleh Sekertaris Kecematan dan Kepala Desa Kertaharja. Acara musyawarah perencanaan dan pengembangan desa ini dihadiri oleh Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD), Perangkat Desa, Bidan Desa,  seluruh ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT), dan segenap warga Desa Kertaharja. Acara ini dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 19 Januari 2012, pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 15.20 WIB.

Acara tersebut tersebut dipandu oleh salah satu rekan mahasiswi kami, yaitu Novi. Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan dari pihak kecamatan yang diwakili Sekertaris Kecamatan dan dari pihak desa yang diwakili Kepala Desa. Setelah sambutan selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan acara pembahasan program-program yang telah dilaksanakan pada tahun 2011 program yang telah dilakukan pada tahun 2011, antara lain:

  • Perbaikan keramik balai desa;
  • Perbaikan jalan desa;
  • Pengaspalan jalan parigi;
  • Pemberian bantuan anak-anak putus sekolah dan keder posyandu;
  • Pembuatan borojong DAM cisoka;
  • DAM cilembok;
  • Bedah rumah di dusun Cihaur;
  • Perbaikan keramik wc desa;
  • Pengadaan perlengkapan kantor desa;
  • Pembuatan jalan beton di Astana Jati;
  • Pemegaran tembokan jalan desa; dan
  • Pemberian bantuan ternak Tegal Panjang.

Total biaya yang digunakan untuk rangkaian adalah Rp.783.000.000. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pemberitahuan tentang pendapatan desa. Acara dilanjutkan dengan musyawarah mengenai pengalokasian dana yang akan digunakan untuk program-program pada tahun 2012, musyawarah ini dilaksanakan dengan cara voting program-program yang dimusyawarahkan adalah:

Bidang program

Program

Hasil voting
A.Sarana dan prasarana 1.Rehab kantor desa

2.Pengersan jalan BojongBerod

3.Perbaikan jalan Ceuri

4.Pembangunan balai pertemuan

5.Pembangunan bendungan Situ Pangeran

6.Perbaikan jalan desa Cisoka dan Cijamban

B.Ekonomi 1.Pengadaan ternak Harum Jaya

2.Pengadaan ternak lele

C.Sosial Budaya 1.Pengadaan alat olah raga

2.Pengadaan alat musik Tanji

D.Pendidikan 1.Pelatihan dan pembinaan kewirausaan dibidang perbengkelan

2.Bantuan anak terlantar dan putus sekolah

E.Kesehatan 1.Pemberian DMT balita

2.Pengadaan alat trasportasi kader posyandu

3.pembangunan posyandu di dusun Cihaur

Hasil dari voting tersebut akan dimusyawarahkan kembali di acara musrembang kecamatan. Program yang disetujui di setiap bidang diberikan satu orang yang bertanggung jawab akan terlaksananya program tersebut.

Setelah proses musyawarah, acara dilanjutkan persentasi dari perwakilan mahasiswa KKNM mengenai analisis rekomendasi bisnis yang diperkirakan memiliki prospek kemajuan apabila dijalankan di desa Kertaharja. Bisnis yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • Rumah potong hewan;
  • Kripik rambutan;
  • Toko alat olah raga; dan
  • Toko oleh-oleh.

Persentasi berjalan dengan lancar tanpa masalah. Seluruh peserta mengikuti jalannya persentasi dengan baik. Kemudian usulan kami diterima oleh kepala desa yang selanjutnya akan menjadi dokumen desa.

Hasil dari kegiatan ini adalah, masyarakat setempat menjadi lebih mengerti seberapa pentingnya kegiatan kewirausahaan bagi mereka, selain itu masyarakat juga telah memiliki referensi usaha-usaha yang memiliki potensi berkembang di Desa Kertaharja. Masyarakat sangat tertarik dengan persentasi yang diberikan, hal ini dapat dilihat dari keseriusan masyarakat dalam mengikuti kegiatan persentasi ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create