PROFIL DESA KASOMALANG WETAN

Kasomalang Wetan merupakan salah satu desa di Kecamatan Kasomalang hasil pemekaran dari Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Desa ini berbatasan langsung dengan Desa Kasomalang Kulon (barat), Desa Kumpay (utara), Desa Bojongloa (timur), dan Desa Sindangsari (selatan). Desa yang diresmikan pada tahun 1982 ini memiliki luas wilayah 237,989 hektar dengan luas pemukiman 105,575 hektar, persawahan  63,970 hektar, perkebunan rakyat 8,795 hektar, lahan pemakaman 2,500 hektar, dan areal perkantoran 0,40 hektar.

Desa yang dikepalai oleh seorang kepala desa yang baru saja dilantik pada tanggal 12 Januari 2011, Bapak Amin, terbagi dalam 6 rukun warga (RW) dan 22 rukun tetangga (RT) dengan total penduduk berdasarkan pembaruan data tahun 2009  berjumlah 5.896 jiwa dengan penduduk berjenis kelamin pria berjumlah 2.727 jiwa dan penduduk berjenis kelamin wanita berjumlah 3.169 jiwa.

Mata pencaharian utama penduduk di Desa Kasomalang Wetan sebagian besar adalah buruh tani (457 orang), petani (346 orang), dan karyawan swasta (615 orang), dokter ( 1 orang), dokter hewan (1 orang), namun ada pula penduduknya yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (68 orang), karyawan pemerintahan (12 orang), pengrajin industri rumah tangga (18 orang), pedagang (67 orang), peternak (14 orang), peternak ikan air deras (7 orang), petugas kesehatan (20 orang), TNI/Polri (12 orang), dan supir/tukang ojeg (193 orang).

Berada di ketinggian 1400 diatas permukaan laut atau termasuk ke dalam daerah pegunungan menjadikan kualitas tanah di Kasomalang Wetan subur sehingga banyak dimanfaatkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian yang dipasarkan dari desa ini mayoritas dari jenis tanaman pangan seperti komoditi padi-padian, palawija, singkong, jagung, ubi jalar, dan nenas. Hasil pertanian tersebut biasanya dipasarkan dalam bentuk mentah sebagai bahan baku industri dan rumah tangga dan beberapa yang dipasarkan dalam bentuk produk olahan.

Petani-petani di desa ini tergabung dalam beberapa kelompok usaha tani sesuai dengan komoditi yang diolehnya. Terdapat 5 kelompok usaha tani, yaitu 1) Kelompok Tani Harum Sari 1 dengan komoditi padi-padian; 2) Kelompok Tani Harum Sari 2 dengan komoditi padi-padian; 3) Kelompok Tani Mekar Mulya dengan komoditi hasil bumi seperti nanas, singkong, jagung, cabai, dan ubi jalar; 4) Kelompok Tani Mekar Jaya 1 dengan komoditi palawija; dan 5) Kelompok Tani Mekar Jaya dengan komoditi palawija. Kelima kelompok tani tersebut tergabung ke dalam suatu lembaga yang mengelola hasil pertanian yaitu Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) yang bernama Gapoktan Rahayu.

Selain hasil pertanian, ada pula hasil peternakan dan perikanan. Hewan ternak yang dikelola oleh peternak di desa ini antara lain ayam kampung, ayam broiler, sapi, bebek, domba, kerbau, dan burung walet. Hasil ternak biasanya dijual langsung ke bandar yang bertempat di Pasar Kasomalang Wetan atau disuplai ke industri makanan yang memerlukan hasil ternaknya, seperti ayam broiler. Beberapa warga di desa ini menjadikan lahan atau pekarangan rumahnya sebagai kolam-kolam pembibitan dan pengembangbiakan ikan-ikan air tawar, seperti ikan mas, nila, bawal, dan lain-lain dengan luas total sekitar 2,500 hektar. Beberapa kolam-kolam pembiakan merupakan milik warga yang dikelola secara pribadi dan beberapa yang dikelola oleh orang lain dengan sistem bagi hasil.

This entry was posted in Profile Desa. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 2 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>