Struktur Organisasi Pemerintah Desa

Friday, February 25, 2011

Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Desa Wargaluyu berdasarkan kepada Peraturan Daerah Kabuaten Sumedang Nomor 7 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa.

SOTK Desa Wargaluyu berdasarkan Peraturan Desa Wargaluyu Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Struktur Organisasi Tata Kerja Pemerintah Desa adalah sebagai berikut:

1. Susunan Organisasi Pemerintah Desa

Adapun dalam pelaksanaan pemerintah desa terdapat susunan organisasi   pemerintah desa.

 

Susunan Organisasi Pemerintah Desa terdiri dari :

  1. Kepala Desa
  2. Perangkat Desa, yang terdiri dari :

1)        Unsur Staf, terdiri dari :

-       Sekretaris Desa

-       Kaur Umum

-       Kaur Keuangan

2)        Unsur Lapangan, terdiri dari :

-       PTL. Bid Pemerintahan dan Kulisi Desa

-       PTL. Bid. Kesra/Lebe

-       PTL. Bid. Ekbang dan Ulu-Ulu

3)        Unsur Wilayah, terdiri dari :

-       Kepala Dusun

Tugas dan Kewajiban Kepala Desa :

a)        Memimpin penyelenggaraan Pemerintah Desa

b)        Membina kehidupan masyarakat desa

c)        Membina perekonomian desa

d)        Memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat desa

e)       Mewakili desannya di dalam dan di luar pengadilan dan dapat menunjukan kuasa hukumnya

f) Mengajukan Rancangan Peraturan Desa bersama Badan Permusyawarakatan Desa (BPD) dan menetapkannya sebagai Peraturan Desa

g)      Menjaga kelestarian adat istiadat yang hidup dan berkembang di desa yang bersangkutan

 

Fungsi Kepala Desa :

a)        Pelaksanaan pembinaan masyarakat desa

b)        Pelaksanaan perekonomian masyarakat desa

c)        Pemeliharaan ketentraman dan ketertiban masyarakat desa

d)        Pelaksanaan musyawarah penyelesaian perselisihan masyarakat desa

e)       Penyusunan dan pengajuan Rancangan Peraturan Desa dan menetapkan Peraturan Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa

 

Sekretaris Desa (juru tulis) dalam membantu Kepala Desa mempunyai tugas :

a)     Melaksanakan urusan surat-menyurat kearsipan dan laporan

b)     Memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan serta mengawasi semua unsur kegiatan sekretaris desa

c)     Mengadakan kegiatan inventarisasi (mencatat, mengawasi dan memelihara kekayaan desa)

d)     Melaksanakan administrasi kependudukan, administrasi pembangunan, dan administrasi kemasyarakatan

e)     Merumuskan Program Kegiatan Kepala Desa

f)      Menyusun Rencana Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa (APBDes)

g)     Mengadakan dan melaksanakan persiapan rapat dan mencatat hasil-hasil rapat

h)     Melaksanakan administrasi kepegawaian aparat desa

i)      Memberikan sarana dan pendapat kepada Kepala Desa

j)      Melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa

 

Leave a Reply

65 − = 55