kknmcikajang2011 On July - 24 - 2011

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut diadakan pada hari Selasa, 12 Juli 2011 dan Jum’at, 15 Juli 2011. Kegiatan diadakan di SD Cikajang 1, SD Cikajang 2, dan SD Cikajang 3.

Penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dilakukan pada siswa kelas 3 SD Cikajang 1 dan  SD Cikajang 2, serta pada siswa kelas 3 dan kelas 4 di SD Cikajang 3. Hal ini disebabkan siswa kelas 3 di SD Cikajang 3 tidak memenuhi target jumlah peserta yang diharapkan sehingga diikutsertakan juga siswa kelas 4 dari SD Cikajang 3.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan dari mahasiswa KKNM Unpad. Kemudian dilanjutkan dengan permainan-permainan supaya para siswa tidak jenuh dan kegiatan dapat dikondisikan dengan baik. Para siswa mengikuti permainan-permainan ini dengan sangat antusias dan bersemangat.

Rangkaian acara selanjutnya yaitu drama mengenai kesehatan gigi dan mulut dan dilanjutkan dengan kegiatan inti yaitu penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, yang meliputi pengenalan tentang gigi sulung dan gigi dewasa, bagian-bagian gigi, jenis-jenis gigi dan fungsinya, makanan yang menyehatkan dan merusak gigi, bagaimana cara kuman merusak gigi, dan waktu dan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Para siswa mendengarkan dengan khidmat dan memperhatikan materi dengan baik. Setelah penyuluhan usai diadakan kuis mengenai materi yang telah disampaikan dan siswa dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri.

Setelah penyuluhan berlangsung, acara dilanjutkan dengan demo mengenai cara sikat gigi yang benar dan demo mengenai cuci tangan. Diawali dengan demo dan menyanyikan lagu cara sikat gigi yang benar dan lagu cuci tangan oleh mahasiswa diikuti dengan aplikasinya dan menyanyikan lagu bersama oleh para siswa. Mereka sangat apresiatif dan sangat senang dengan acara tersebut.

Penutup rangkaian acara tersebut yaitu sikat gigi bersama. Dalam satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok mempunyai kakak pendamping. Fungsi kakak pendamping kelompok yaitu membagikan sikat gigi dan pasta gigi serta mengondisikan para siswa supaya teratur saat sikat gigi bersama berlangsung.

Secara kesuluruhan, pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar tanpa hambatan apapun. Anak-anak mengikuti rangkaian acara dengan antusias dan sangat bersemangat. Kendala yang terjadi adalah sebelum pelaksanaan kegiatan yaitu kurangnya komunikasi antara pihak mahasiswa dan pihak sekolah.

Saran kedepannya, lebih dipersiapkan lagi dalam hal non teknisnya seperti perizinan dan komunikasi dengan pihak sekolah serta diharapkan adanya follow up dari pihak sekolah mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat yang dirasakan siswa kelas 3 dan 4 adalah siswa mendapat pengetahuan mengenai kebersihan gigi dan cuci tangan yang benar sehingga ke depannya siswa-siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kami berharap pencerdasan dini bagi siswa akan membuat siswa-siswa menyadari pentingnya kebersihan pribadi sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit-penyakit seperti karies gigi dan diare. Sedangkan manfaat yang dirasakan bagi mahasiswa adalah kami belajar untuk bisa menjadi guru yang dapat mengkondisikan siswa-siswa yang masih agak sulit diatur dan belajar mengatur emosi diri untuk menjadi lebih sabar menghadapi anak-anak.

 

Leave a Reply


To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create