Manfaat Marketplace dan Media Sosial Bagi Usaha Kuliner di Masa Pandemi

Seperti yang kita ketahui bahwa pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai macam aspek global. Salah satunya usaha kuliner. Usaha kuliner secara umum mengalami penurunan trend penjualan dikarenakan adanya pandemi ini. Dalam upaya mempertahankan penjualan, memperluas pangsa pasar dan memicu pertumbuhan dan perkembangan usaha kuliner, diperlukan cara atau metode untuk mewujudkannya. Salah satu cara atau metode yang dapat dilakukan adalah memanfaatkan marketplace dan media sosial.

Lalu apa saja platform digital (marketplace dan media sosial) yang populer digunakan untuk penjualan maupun promosi pada masa pandemi ini?

1. GrabFood atau GoFood

Layanan online food delivery adalah sebuah layanan online-to-offline (O2O). Platform layanan ini memiliki banyak restoran, melayani dan menghubungkan antara restoran dengan konsumen. Partner restoring tersebut menampilkan menu-menu restoran tersebut pada aplikasi mereka untuk lebih menarik minat konsumen dan konsumen bisa memesan makanan secara online dan mengirimkannya pada lokasi yang telah ditentukan dalam waktu yang singkat (Sarinastiti, 2018:181). Saat ini, layanan online food delivery dapat kita jumpai pada aplikasi GoFood dan GrabFood. Kedua aplikasi tersebut dapat memudahkan penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Pembeli dapat memesan produk makanan dari sang penjual secara delivery melalui aplikasi tersebut tanpa harus mengunjungi lokasi penjual.

Co-Branding yang dilakukan GoFood dikategorikan berdasarkan jenis sistem kerjasama yang disepakati kedua belah pihak. Jika kedua belah pihak sepakat kerjasama mitra berdasarkan kontrak yang resmi, maka mereka masuk dalam sistem kerjasama GoFoodPartner. Namun, jika pelaku usaha tidak berkenan dalam menjalin kerjasama mitra secara resmi akan tetapi tetap masuk aplikasi, maka mereka tidak masuk dalam jaringan GoFoodPartner. Pelaku usaha kuliner yang masuk dalam GoFoodPartner melakukan Co-branding-nya secara bersama-sama. GoFood akan melakukan branding produk pelaku usaha tersebut melalui instagram, website, aplikasinya dan GoFood Festival. Sedangkan untuk pelaku usaha yang tidak masuk GoFoodPartner melakukan co-branding secara terpisah dan secara kuantitas pelaku usaha tersebut tidak dibranding oleh GoFood secara khusus (Sarinastiti, 2018:187).

Sama halnya dengan GoFood, GrabFood terbagi menjadi sistem kerjasama mitra dan non kerjsama mitra, akan tetapi tidak memiliki brand kerjasama mitra secara khusus bagi yang secara resmi melakukan kontrak kerjasama. Selain itu, juga tidak terdapat status kerjasama pada aplikasi GrabFood (Sarinastiti, 2018:188).

2. Instagram dan Facebook

Instagram dan Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat digunakan pelaku usaha untuk mempromosikan produknya. Instagram dan Facebook termasuk dalam kategori media sosial social networking yang berarti dapat digunakan untuk melakukan interaksi, termasuk efek yang dihasilkan dari interaksi tersebut di dunia virtual. Karakter utama dari situs jejaring sosial yaitu penggunanya membentuk jaringan pertemanan baru. Dalam banyak kasus, terbentuknya jaringan pertemanan baru ini berdasarkan pada ketertarikan dengan hal yang sama, misalnya makanan atau minuman. (Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R., 2019:73)

Mempromosikan produk makanan atau minuman di Instagram dapat menarik perhatian para penikmat kuliner. Ditambah dengan fitur iklan pada Instagram dan Facebook yang sangat cocok untuk meraih para penikmat kuliner ini. Apriadi, (2017:1-2) menyatakan bahwa jika indera penglihatan dihujani dengan foto-foto makanan atau minuman yang menggiurkan, maka akan memicu otak untuk membeli makanan atau minuman tersebut. Dengan kata lain, nafsu makan seseorang dapat dipengaruhi oleh sebuah foto makanan atau minuman. Hal ini tentu saja dapat menguntungkan pelaku usaha kuliner. Pemanfaatan Instagram sebagai media promosi juga dapat diimbangi dengan penyediaan jasa delivery agar pembeli dapat memesan produk makanan tanpa perlu mengunjungi lokasi usaha kuliner.

3. Whatsapp

Whatsapp merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan sampai sekarang hampir semua smartphone terpasang aplikasi Whatsapp. Aplikasi ini menggunakan koneksi internet ponsel untuk melakukan chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. Aplikasi ini bisa berbagi file, gambar dan mendukung panggilan suara dan video gratis. Juga dilengkapi opsi status yang bisa dipergunakan untuk mempromosikan sesuatu. Pada saat sekarang, aplikasi ini banyak dimanfaatkan untuk bisnis online.

4. E-commerce (Shopee, Tokopedia, dll)

E-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini e-commerce lebih sering terjadi melalui internet. Dapat disimpulkan bahwa e-commerce adalah semua transaksi yang memakai media elektronik. 

Shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan blibli merupakan contoh dari marketplace yang merupakan salah satu model e-commerce. Marketplace berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. Dengan adanya marketplace pelaku usaha kuliner dapat menjual dagangannya dan dapat bertransaksi online secara aman.

 

Sumber :

Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi)1(2), 131-136.

Artaya, I Putu & Purworusmiardi, Tubagus. (2019). EFEKTIFITAS MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PEMASARAN DAN PENJUALAN PRODUK BAGI UMKM DI JAWA TIMUR. 10.13140/RG.2.2.10157.95206.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI. Jurnal Common3(1), 71-80.

Sarinastiti, E. N., & Vardhani, N. K. (2019). CO-BRANDING ONLINE FOOD DELIVERY: PERUBAHAN MODEL BISNIS WISATA KULINER LOKAL KHAS YOGYAKARTA. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan3(3), 177-194.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *