Syifa Nurfaridah – 170610110048

by on October 16th, 2014
No CommentsComments

Company

PT. Chevron Indonesia

PT. Chevron Indonesia adalah mitra dalam perekonomian Indonesia dan telah menjadi bagian dari anggota masyarakat selama lebih dari 80 tahun. PT. Chevron Indonesia adalah produsen minyak mentah terbesar di Indonesia, yang menyumbangkan sekitar 40 persen produksi nasional, dengan total rata-rata produksi sebesar 442.000 barel fluida per hari pada tahun 2011. Total rata-rata produksi harian gas alam adalah 636 juta kaki kubik.

Bermitra dengan Pemerintah Indonesia, PT. Chevron Indonesia beroperasi melalui Kontrak Kerja Sama (KKS) dengan Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKMIGAS).

Melalui anak perusahaan PT Chevron Pacific Indonesia, Chevron mengoperasikan KKS Rokan dan Siak di Riau, Sumatera, Kami juga mengoperasikan empat KKS lepas pantai di Kutei Basin, termasuk kepemilikan 92,5 persen di KKS East Kalimantan. Pada September 2011, Chevron mengurangi kepemilikan pada tiga KKS Makassar Strait menjadi 72 persen, 62 persen di Rapak dan 62 persen di Ganal.

Di Papua Barat, Chevron memiliki 51 persen kepemilikan dan mengoperasikan KKS West Papua I dan West Papua III. Kedua KKS ini mencakup wilayah sekitar 2 juta are (8.000 kilometer persegi).

Chevron memiliki 25 persen kepemilikan non operasi di wilayah lepas pantai, Blok B South Natuna Sea, sebelah timur laut Blok Rokan.

Operasi energi panas bumi kami di Indonesia menjadikan Chevron sebagai produsen energi panas bumi terbesar di dunia. Kami mengelola dua lapangan panas bumi di Jawa Barat dan sebuah pembangkit listrik cogeneration dan wilayah prospek geothermal di Sumatera.

Langkah besar pertama Chevron di bidang eksplorasi dan produksi energi Indonesia dimulai pada tahun 1924, ketika Standard Oil Company of California ( Socal) , kini Chevron, mengirimkan ekspedisi geologi ke Pulau Sumatera.

Sumber: chevronindonesia.com

 

Goverment

Hubungan Pemerintah dengan PT. Chevron Indonesia

Hubungan Pemerintah dengan PT. Chevron Indonesia terjalin sangat baik dan konsisten dan didasari oleh sebuah komitmen bisnis yang baik. Hal tersebut dapat terlihat dari beberapan tindakan nyata, baik secara langsung dengan pemerintah, maupun masyarakat Indonesia antara lain sebagai berikut.

  1. PT. Chevron Pacific Indonesia beroperasi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  • No 22 tahun 2001 tentang Migas
  • No 35 tahun 2004 tentang Pelaksanaan Usaha Kegiatan Hulu Migas
  • No 27 tahun 2006 tentang pelaksanaan peraturan Menteri ESDM (Pengelola dan Pemanfaatan Data Hasil Survei Umum).
  1. Saat ini, 640 karyawan perusahaan minyak itu merupakan putra-putri Indonesia. Dengan didukung 7.000 karyawan terdidik dan berdedikasi dari 32.000 karyawan mitra kerja. Sekitar 97% karyawan dan manajer adalah orang Indonesia. Dengan ini, PT. Chevron Pacific Indonesia menjadi mitra ekonomi Indonesia, di mana membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan bagi warga negaranya yang dapat berdampak pula pada peningkatan taraf ekonomi masyarakat Indonesia.
  1. PT. Chevron Pacific Indonesia selalu bekerja sama dengan BPMIGAS dan badan-badan pemerintah lainnya dalam menjalankan operasinya. Dengan kata lain, perusahaan ini selalu melibatkan pemerintah sebagai mitra dalam menjalankan program maupun perencanaan yang sedang atau akan dilakukan oleh perusahaan tersebut.
  1. PT. Chevron Pacific Indonesia bekerja sama dengan pemerintah berdasarkan kontrak bagi hasil, diantaranya kontrol dan pembagian hasil terbesar berada di pihak negara. Artinya, PT. Chevron Pacific Indonesia tetap berada dalam pantauan pemerintah Indonesia dan hal ini menunjukkan itikat baik dari perusahaan dalam menjalin hubungan yang baik dengan pemerintah.
  1. PT. Chevron Pacific Indonesia memperoleh peringkat Biru dalam program Kementerian Lingkungan Hidup sebagai bukti kepatuhan terhadap standar pemerintah di bidang lingkungan. Artinya, perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang telah dipersyaratkan sesuai dengan peraturan atau ketentuan yang berlaku. Hal ini juga menunjukkan komitmen PT. Chevron Pacific Indonesia dalam menjaga kelestarian lingkungan Indonesia.
  1. “The Chevron Way” sebagai pedoman PT. Chevron Pacific Indonesia dalam menjalankan bisnis dengan penuh rasa tanggung jawab sosial dan dengan cara yang etis, Berdasarkan data informasi web resmi PT. Chevron Pacific Indonesia, gagasan tersebut sebagai identitas ataupun pedoman yang akan membimbing perusahaan dalam menghormati hukum, menjungjung tinggi hak asasi manusia, melindungi lingkungan hidup dan memberikan manfaat kepada masyarakatdi tempat perusahaan beroperasi.

Categories: Uncategorized

Leave Comment

Commenting Options

Alternatively, you can create an avatar that will appear whenever you leave a comment on a Gravatar-enabled blog.