Rangga Noer Rachman – 170610110104 (Javelin Experiment Board)

by on October 16th, 2014
No CommentsComments

Javelin Experiment Board

Rangga Noer Rachman – 170610110104

Javelin Experiment Board adalah sebuah tools yang dibuat untuk memudahkan para pebisnis untuk merancang ide bisnis apa yang paling cocok untuk dijalankan. Dan mengetesnya kedalam sebuah eksperimen yang telah dirancang sedemikian rupa menggunakan Javelin Experiment Board.

Dengan menggunakan Javelin Experiment Board, kita akan diberi kemudahan didalam menuangkan ide-ide kita secara ‘team’, sehingga akan meminimalisir konflik dan juga kegagalan sebuah bisnis yang diakibatkan tidak matangnya perencanaan. karena didalam Javelin Experiment Board kita akan dituntun untuk membuat perencanaan yang matang dengan cara menuliskan ide-ide apa saja yang dihasilkan oleh team, dan menuangkannya kedalam hipotesis yang dikategorisasi berdasarkan:

  1. Customer
  2. Problem
  3. Solution

Customer, yang berarti kita harus mendefinisikan customer seperti apa yang akan menjadi target produk kita nantinya. Tentunya berdasarkan konsep segmentasi marketing, seperti gender, umur, kelas sosial dll.

Problem, disini kita harus menjabarkan masalah masalah apa saja yang sekiranya akan terjadi pada calon customer / eksperimen kita.  Masalah tersebut bisa dalam bentuk kendala, halangan ataupun hambatan. Dan nantinya masalah tersebut akan dianalisis dan dicari solusinya.

Solution, pada poin solution kita dituntut untuk mencari solusi atau penyelesaian problem yang telah kita jabarkan sebelumnya,

 

Setelah kita menuliskan siapa saja target konsumen kita, dan masalah apa saja yang sekiranya akan muncul, maka kita akan memperoleh hipotesis awal yang nantinya akan kita uji satu persatu. Hal tersebut tentunya kita lakukan sebelum kita memaparkan solusi dari segala masalah yang telah kita jabarkan. Kita terlebih harus fokus dulu mengenai karakter calon konsumen dan masalah yang akan timbul.

Selanjutnya kita akan menguji hipotesis hipotesis awal yang telah kita buat dan kita cocokan berdasarkan segmentasi customer dan masalah yang sekiranya timbul dengan metode:

  1. Interview (langsung menanyakan kepada target customer)
  2. Pre-sell (menjual sebelum membuat produk secara masal)
  3. Concierge (menawarkan jasa secara manual)

Setelah kita uji dengan metode metode tersebut, kita akan mendapatkan jawaban, solusi serta kesimpulan mengenai keberhasilan hipotesis awal yang telah kita buat.

kesimpulannya, apakah hipotesis awal yang telah kita buat memiliki potensi pasar yang besar atau tidak? Jika ya, maka kita berhak menanamkan investasi untuk menjalankan project/bisnis tersebut. Jika tidak, atau artinya produk kita tidak diterima masyarakat, maka hal yang harus kita lakukan adalah mencari kesalahan dan menjadikannya sebuah pelajaran untuk eksperimen selanjutnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengaplikasian Javelin Experiment Board didalam membantu perancangan bisnis yang lebih sistematis.

berikut adalah beberapa gambar Javelin Experiment Board:

Untitled

hqdefault


Categories: Rangga

Leave Comment

Commenting Options

Alternatively, you can create an avatar that will appear whenever you leave a comment on a Gravatar-enabled blog.