Rangga Noer Rachman – 170610110104

by on October 16th, 2014
No CommentsComments

Rangga Noer Rachman

170610110104

 

 PT. CHEVRON PACIFIC INDONESIA

SUPPLIER (MicroEnvironment)

PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan perusahaan penghasil minyak dan gas terbesar di Indonesia. Dengan produksi mencapai 156.000 barrel minyak dan 225 juta cubic feet gas perharinya (data pada tahun 2013).

Sehingga jika ditinjau dari rantai supply-nya, PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) tidak memiliki supplier bahan baku. Karena PT. CPI sendiri lah yang langsung memperoleh serta mengolah bahan baku dari lokasi pengeboran minyak di Riau, Sumatra Barat.

Namun, PT. CPI dalam operasional pengeboran minyaknya memerlukan beberapa alat berat seperti Excavator, Drilling tools, Buldozer, Wheel Loader, Dump Truck dll. Nah, alat-alat berat tersebut lah yang biasanya diperoleh PT. CPI secara sewa dari perusahaan jasa penyewaan alat berat.

Biasanya proses pemilihan supplier alat berat tersebut dilakukan lewat cara ‘tender proyek’ yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan penyedia alat berat seperti PT. Schlumberger dan juga PT. Trakindo Utama yang dikenal merupakan dealer resmi untuk produk alat berat Caterpillar. Selain menggunakan produk alat berat Caterpillar, Chevron juga biasanya memakai produk alat berat lain seperti Komatsu, Volvo dll dari supplier yang berbeda.

 

Jadi pada intinya, supplier PT. Chevron Pacific Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa penyewaan alat berat dan drilling tools seperti Schlumberger. PT. CPI tidak memiliki supplier bahan baku, karena PT. CPI sendiri lah yang mencari dan mengolah bahan baku itu sendiri.

 

Marketing Intermediaries (MicroEnvirontment)

Marketing Intermediaries memiliki definisi yakni: “perusahaan (seperti agen, distributor, grosir, pengecer) yang menghubungkan produsen untuk perantara lain atau pembeli akhir. Perantara pemasaran membantu perusahaan untuk mempromosikan, menjual, dan membuat-tersedia barang atau jasa melalui pengaturan kontrak atau pembelian dan penjualan kembali item. Setiap perantara menerima item pada satu titik harga dan bergerak ke titik harga yang lebih tinggi berikutnya sampai item tersebut mencapai pembeli akhir. Juga disebut distribusi perantara.”

(http://www.businessdictionary.com/definition/marketing-intermediary.html#ixzz3GIWbFips)

 

Sedangkan PT. Chevron Pacific Indonesia sendiri hanya anak perusahaan dari Chevron yang bertugas untuk mengeksplorasi, serta mengolah minyak yang ada di Riau. Jadi, PT. CPI hanya sebagai perusahaan tunggal yang bukan merupakan agen, distributor, grosir ataupun pengecer. Melainkan produsen minyak mentah yang nantinya akan di ekspor.

Namun jika ditinjau dari strategi marketingnya, PT. CPI merupakan salah satu perusahaan yang tidak terlalu aktif dalam kegiatan marketing. Karena pada dasarnya PT. CPI bukan merupakan perusahaan yang berkonsep B2C (Business to Consumer). Tetapi, PT. CPI termasuk perusahaan yang aktif dalam melakukan kegiatan CSR (Customer Social Responsibility) yang berbasis seperti advertising/periklanan dan kampanye.

 

Kasusnya adalah yang terjadi pada akhir 2011

JAKARTA, 19 Desember 2011 – Pada hari ini, Chevron IndoAsia Business Unit meluncurkan kampanye berjudul “Kami Setuju” di Indonesia. Kampanye yang dilakukan Chevron Corporation di seluruh dunia ini menegaskan mengenai kesamaan pandangan yang dimiliki Chevron dengan berbagai masyarakat di seluruh penjuru dunia mengenai isu-isu utama energi. Kampanye ini juga menggambarkan berbagai langkah yang diambil Chevron dalam memproduksi energi secara bertanggung jawab dan upayanya dalam membantu masyarakat di mana perusahaan beroperasi.

Kampanye ini terdiri dari lima tema utama, yaitu Komitmen, Sumber Daya, Teknologi, Pengembangan Masyarakat, dan Ekosistem, ditayangkan di berbagai media televisi, online, cetak dan ditemukan di www.chevronindonesia.com.”

(sumber: http://www.chevronindonesia.com/news/we_agree.aspx)

 

Hal tersebut membuktikan bahwa: walaupun PT. CPI bukan merupakan perusahaan B2C, tetapi PT. CPI tetap aktif didalam kegiatan marketing dan CSRnya. Untuk menciptakan Corporate Branding yang lebih baik dan profesional dimata masyarakat dunia.

 

Media (MacroEnvironment)

PT. Chevron Pacific Indonesia dalam melakukan kegiatan Corporate Branding menggunakan media elektronik dan cetak. Seperti halnya Televisi, Website dan juga majalah serta koran.

Hal tersebut membuktikan bahwa PT. CPI termasuk perusahaan yang sangat aware terhadap brand image perusahaannya. Karena, walaupun PT. CPI termasuk perusahaan yang mengeruk sumber daya alam Indonesia, tetapi PT. CPI tetap ingin dikenal sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dan profesional didalam pelaksanaan operasional perusahaannya. Dan hal tersebut ditunjukan lewat iklan di Televisi dan juga koran, serta websitenya.


Categories: Uncategorized

Leave Comment

Commenting Options

Alternatively, you can create an avatar that will appear whenever you leave a comment on a Gravatar-enabled blog.