Karina Widya Aristy's

Administrasi Publik, Universitas Padjadjaran '16

e-Demokrasi dan Jaringan Komunitas: Visi Politik, Peluang Teknologi, dan Realitas Sosial

December27

BAB XII 

e-Demokrasi dan Jaringan Komunitas:

Visi Politik, Peluang Teknologi, dan Realitas Sosial

 Tom Gross

Institute of Applied Information Technology,

German National Research Center

for Information Technology, Germany

 

 E-DEMOKRASI

Agar dapat berperan aktif dalam proses demokrasi, warga membutuhkan berbagai jenis informasi. Mereka membutuhkan informasi sehubungan dengan pemilihan ─yaitu, hanya warga negara yang berpengetahuan yang dapat menjamin bahwa keputusan yang Ia ambil itu baik dan memadai. Selanjutnya, mereka butuh informasi tentang kemungkinan keterlibatan mereka sendiri dalam diskusi kebijakan dan pengambilan keputusan. Contoh informasi tentang pembuatan kebijakan saat ini adalah informasi mengenai rapat dan suara komite saat ini dan yang akan datang, suara dan status tagihan dan peraturan yang tertunda, makalah posisi dan bahan penelitian latar belakang mengenai isu terkini.

Selama proses demokrasi warga harus mengambil banyak keputusan berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh orang lain. Karena itu, mereka sering harus membuktikan keabsahan informasinya. Mereka membutuhkan keterbukaan informasi yang transparan, yang menunjukkan pencipta informasi dan motivasi yang mengarah pada informasi. Juga pengetahuan tentang perspektif yang mengarah pada solusi dan yang menyebabkan munculnya informasi dan keputusan, serta berfungsi sebagai basis untuk informasi lebih lanjut dan pengambilan keputusan sangat penting. Idealnya sistem ini menyajikan hubungan antara kerangka konseptual, pengetahuan dan informasi yang dihasilkan atau keputusan yang diambil (Robinson, 1991).

Persyaratan utama e-demokrasi:

  1. Komunikasi. Komunikasi yang efektif membutuhkan pemahaman bersama tentang topik pembicaraan, penggunaan bahasa yang umum, berbagi referensi dengan hal-hal yang diketahui oleh semua lawan komunikasi dan sebagainya. Dukungan teknologi yang efisien untuk komunikasi antar warga negara tidak hanya menyediakan fungsi untuk pertukaran informasi, namun juga memberi informasi kepada warga tentang warga negara lainnya.
  2. Diskusi terbuka dan kemungkinan warga untuk ambil bagian di dalamnya. Diskusi terbuka harus dilakukan dalam arah top-down ─yaitu, warga negara butuh untuk menghubungi perwakilan terpilih dan berinteraksi langsung dengan mereka. Selanjutnya, arahan dari bottom-up ─yaitu, diskusi antar warganegara─ sama pentingnya. Melalui diskusi terbuka, warga dapat memperluas pemahaman mereka dengan bertukar informasi, pandangan dan perasaan dengan warga negara lainnya.

Melalui diskusi terbuka, warga dapat memperluas pemahaman mereka dengan bertukar informasi, pandangan dan perasaan dengan warga negara lainnya. Sebagai hasil dari berbagi informasi dan diskusi terbuka, warga negara dapat membangun pengetahuan bersama dari waktu ke waktu. Penulis selanjutnya berpendapat bahwa Internet adalah sarana komunikasi yang efektif dan untuk koleksi materi dan ingatan masyarakat memiliki kapasitas untuk memperluas jangkauan individu.

Gambar 2: Diskusi terbuka antar warga negara, antar warga negara dan sistem administrasi politik.

JARINGAN KOMUNITAS

Menurut Asosiasi Jaringan komunitas (Gonzalez, 2001), proyek jaringan komunitas ini mengumpulkan masyarakat setempat untuk mendiskusikan dan memutuskan isu-isu masyarakat. Proyek-proyek ini secara eksplisit berfokus pada keseluruhan masyarakat ─mereka terutama ingin memasukkan orang-orang yang secara tradisional ditinggalkan (misalna, kelompok berpenghasilan rendah, minoritas, warga lanjut usia). Oleh karena itu, mereka sering memberikan informasi dan pelatihan mengenai keterampilan komputer umum, internet dan keterampilan penelitian dasar. Dan itu termasuk akses publik yang murah ke perpustakaan, sekolah, bisnis dan organisasi nirlaba.

Sebenarnya, jaringan komunitas ini memiliki potensi yang sangat mempengaruhi inisiatif e-demokrasi. Kubicek dan Wagner (1998) telah menganalisis evolusi jaringan komunitas dan berpendapat bahwa peran mereka telah berubah secara drastis. Mereka membedakan empat generasi jaringan komunitas.

  1. Dimulai Tahun 1970an ─sebuah forum publik, di mana setiap orang dapat dengan bebas mempublikasikan pendapat mereka secara elektronik.
  2. Pada tahun 1980-an, jaring bebas adalah sistem informasi dan komunikasi pertama yang dapat diakses publik; mereka menyediakan akses email dan internet gratis untuk penggunanya.
  3. Sejak tahun 1990an, perspektif jaringan komunitas seperti Jaringan Komunitas Boulder berubah. Karena kebanyakan orang memiliki akun email pribadi dan akses ke Internet, sistem ini terutama berfokus pada penyediaan terminal akses publik untuk orang-orang yang kurang beruntung dan menyediakan semua jenis informasi lokal tentang masyarakat untuk orang-orang di dalam dan di luar masyarakat.
  4. Sekarang, jaringan sosialisasi generasi keempat dapat diidentifikasi, di mana asumsi dasarnya adalah semakin banyak pengguna jaringan komunitas mengambil perspektif pelanggan dan berakibat mengharapkan layanan profesional (misalnya konten profesional) dan tidak perlu ikut

Selama dekade ini sifat jaringan komunitas telah berubah secara drastis. Dua generasi pertama bertujuan untuk menyebarkan informasi dan kekuasaan. Pada konsentrasi generasi keempat bisa meningkat lagi ─keputusan tentang jenis informasi apa, di mana format dan sebagainya diambil oleh penyedia layanan profesional. Generasi ketiga ─yaitu, jaringan komunitas saat ini-dapat dilihat sebagai bentuk perantara.

 

PELUANG TEKNOLOGI

Sharing Information

Ada beberapa sistem untuk berbagi informasi, yaitu:

  1. Ruang Informasi Global Bersama. Sistem informasi berbasis Internet global seperti WWW menyediakan mekanisme dasar untuk berbagi informasi antara sektor publik dan warga negara, terutama di kalangan warga negara. Ruang informasi global bersama menawarkan fungsi tambahan seperti akses dan kontrol konkurensi, informasi meta mengenai artefak bersama dan keadaan mereka saat ini. Dua contoh yang sangat menonjol adalah sistem BSCW dan Lotus Notes.
  2. Sistem Anotasi Sistem. Anotasi memungkinkan pengguna mengomentari halaman Web. Jadi, halaman web bisa dikomentari oleh organisasi pemerintah atau oleh warga negara. Maka masyarakat bisa membaca halaman web dan komentarnya, dan berkomentar lagi. Contohnya adalah HyperNews, the W3 Document Anno-tator and ComMentor.
  3. Sistem Penyaringan Sosial. yaitu penyaringan dan pemeringkatan informasi oleh manusia. Sistem yang mendukung penyaringan sosial disebut sistem penyaringan sosial atau sistem recommender dan dapat bersifat aktif atau pasif (Resnick & Varian, 1997). Dalam sistem penyaringan sosial aktif, pengguna yang menemukan informasi dengan minat potensial kepada orang lain secara aktif mengirimkannya kepada mereka. Dalam sistem penyaringan sosial pasif, pengguna yang berminat harus meminta rekomendasi. Contoh menarik seperti GroupLens.

 

Pertukaran Informasi

Terdapat beberapa sistem untuk pertukaran informasi, yaitu:

  1. Text-Based Chat Tools and Virtual Environments. Sistem ini murni berbasis teks dan akibatnya hanya memiliki kebutuhan perangkat keras dan jaringan yang sangat terbatas bagi pengguna dan dapat digunakan oleh masyarakat luas. Contohnya adalah Internet relay chat (IRC) dan Multi-user domains (MUDs). IRC adalah multi-channel multi-channel chatting jaringan yang memungkinkan orang di seluruh Internet untuk berbicara satu sama lain secara real time.
  2. Combinations of Text-Based Virtual Environments and the Web. Sistem ini menggabungkan kekuatan lingkungan virtual berbasis teks seperti MUD dan kekuatan sistem informasi berbasis Internet seperti Web. Seringkali struktur berbasis ruang dari MUD digunakan untuk memungkinkan pengguna Web mengadakan pertemuan sosial dan komunikasi dengan pengguna Web lainnya seperti di WAXWeb dan WWW-MUD.

 

Berbagi Web

Merupakan sistem yang memungkinkan navigasi umum melalui WWW pada dasarnya menginformasikan pengguna WWW tentang kehadiran dan lokasi pengguna lain saat ini dan memungkinkan mereka untuk bergerak melalui WWW bersama-sama. Contoh menarik adalah CSCW3 dan Virtual Places.

 

posted under Uncategorized

Email will not be published

Website example

Your Comment: