Sekapur Sirih

Indonesia adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau.

Secara umum, Indonesia dikaruniai potensi sumberdaya alam laut dan pesisir yang cukup besar, namun demikian sumberdaya alam laut dan pesisir tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Sehubungan dengan luasnya wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil serta kenyataan bahwa sumberdaya alam terestrial (daratan) semakin menipis, maka sumberdaya pesisir dan pulau-pulau kecil akan menjadi sumber pertumbuhan baru dan tumpuan harapan bagi pembangunan Indonesia di masa mendatang. Orientasi pembangunan Indonesia harus diubah sehingga tidak terpusatkan pada ekosistem daratan.
Fakta fisik bahwa dua per tiga wilayah Indonesia berupa laut, maka sumber daya alam di laut memiliki potensi yang sangat besar. Selain mengandung minyak, gas, mineral dan energi laut non-konvesional, serta harta karun yang sudah mulai digali meskipun masih terbatas, laut juga menghasilkan ikan yang potensi lestarinya diperkirakan sebesar 6, 4 juta ton per tahun. Saat ini yang baru dimanfaatkan sekitar 70 %. Pengembangan sumber daya kelautan dan perikanan dikelompokkan dalam lima industri kelautan, yaitu industri perikanan, industri mineraldan energi laut, industri maritim, termasuk industri galangan kapal, industri pelayaran (transportasi laut) dan industri pariwisata (wisata bahari dan kawasan konservasi). Saat ini yang menjadi andalan ekspor perikanan Indonesia adalah udang dan Tuna (www.indonesia.go.id).
Menjadi tantangan buat kita semua yang merasa memiliki tanah air ini untuk mewujudkan Indonesia sebagai Negara Maritim yang aman, makmur dan sentosa.

This entry was posted in Home. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *