Memanage Switch menggunakan RS-232

Pengalaman menemukan Switch AT-8026T 10/100TX x 24 managed Fast Ethernet switch with 2 fixed 1000T Gigabit Ethernet uplink ports yang ceritanya available US only. Wah swicth tahun 2004 yang ketika main ke www.alliedtelesyn.com sudah masuk katagory legacy, alias sudah dihentikan produknya.

8026t_front.jpg

Mulai mendownload semua dokumentasi. Eh ternyata bisa di manage. Syukur………

Tapi……
– DHCP Client tidak berfungsi
– Tidak ada IP default.

Terus, gimana dong manaje-nya. Walhasil harus dimanaje menggunakan port RS 232 yang ada switch tersebut. Halah terpaksa buka catatan komunikasi data waktu kuliah.

rs232.jpg

Sebenarnya ada cara yang gampang. Pakai aja kabel modem zaman dulu yang masih pakai RS232. Cuma kabelnya pendek. Sedangkan switchnya disimpan dekat langit-langit. Halah…… Jadi terpaksa bikin kabel Null-Modem sendiri.

Daftar belanja :
1. Satu pasang Jack RS232 (1 betina, 1 jantan). Rp 7500
2. Kabel isi 10 (Rp. 4000 / m)

Datang ke kantor, langsung deh berusan dengan solder menyolder.

9-pinout.gif

Memang kabel untuk RS232 ini memiliki aneka warna. Ada standarnya gitu ? Warna ini masuk ke pin itu ? Ah… suka males kalau ngikutin standar. Pakai cara mudah aja. Colokin kedua jack tersebut dalam keadaan saling berhadapan (he he emang bisa saling membelakangi ?), maka pin yang sejajar dikasih kabel dengan warna yang sama. Beres…. Kabel warna putih saya sambungkan di ground (bagian besi dari jack RS232 itu). Pembuatan kabel selesai.

Mulai colok ke Switch, juga colok ke CPU. (Masih untung CPU ini ada COM1-nya, padahal COM1 yang biasanya pakai RS232 ini sudah mulai hilang di laptop). Memang ada sih kabel USB to COM, tapi selain kebelnya pendek, kan harus beli. Mahal pula… halah….
usb-rs232-cable-med-wm.jpg
Kedua kabel sudah terpasang, tinggal sambungan CPU ke Swicth menggunakan program terminal-emulator yang kompatibel dengan ANSI terminal atau VT100. Mulai tanya om-Google. Dapet beberapa, tapi ngak jalan-jalan. Baru di hari kedua bertemu dengan program yang namanya CRT 6.0 dari www.vandyke.com. Itu pun versi trial 30 hari. Ngak pa-pa lah. Cukup koq. Barulah komunikasi terminal emulator bekerja dengan baik.
crt-6.jpg

Tekan ENTER dua kali sebelum 5 detik setelah swicth di reset atau disambungkan ke listrik. Muncul login. Masukan username dan password standar. Muncullah menu itu.
mainmenu.jpg

Melihat menu ini jadi inget jaman fir’aun, di mana untuk memilih menu harus menekan tombol angka yang sesuai. hi hi hi. Sekarang tinggal pilih menu untuk melakukan seting IP atau mengaktifkan DHCP client. Jangan lupa untuk SAVE. Setelah itu, Switch pun siap diakses via Browser internet
configuration.jpg

Mission Accomplish. 🙂