Tim Mahasiswa Informatika UNPAD Juara 3 di Indonesian Science Summit 2016

Tim Mahasiswa Informatika UNPAD Juara 3 di Indonesian Science Summit 2016
(Jatinangor, 2 Juni 2016) Pada tanggal 28 dan 29 Mei, mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika Departemen Ilmu Komputer FMIPA Universitas Padjadjaran yaitu Aini Novianty (2014), Andrean Taufik (2013), dan Alvin Niza Aulia (2013) mengikuti Lomba Karya Tulis Indonesia Science Summit 2016 dan menjadi juara 3. Karya tulis yang diikutsertakan berjudul Game Berbasis Augmented Reality Sebagai Sarana Edukasi Lingkungan Bagi Anak Usia Dini. Karya yang diikutsertakan disertai juga dengan aplikasinya. Adapun pembimbing dari tim Unpad ini adalah Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS.

Hasil dari aplikasi yang dibuat, sudah diujicobakan kepada siswa kelas 1 s.d 3 SD Negeri Cikeruh 2. Hal ini dikarenakan sasaran dari aplikasi ini adalah untuk anak berumur 6 s.d. 9 tahun yang termasuk dalam kategori usia dini. Dari hasil uji coba didapatkan kesimpulan bahwa aplikasi ini efektif sebagai alat pembelajaran kepada siswa tentang kebersihan lingkungan.

Indonesia Science Summit sendiri merupakan salah satu program kerja Departemen Sains dan Teknologi BEM FMIPA Institut Pertanian Bogor yang bekerja sama dengan ILM MIPA Indonesia. Kegiatan ini merupakan gabungan dari Exploscience dan G-festival yang terdiri dari serangkaian kegiatan kompetisi seperti LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), menulis essay, dan debat serta puncaknya akan diakhiri dengan talkshow. Selain Universitas Padjadjaran, lomba ini diikuti juga oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Institut Pertanian Bogor, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dll.

Informasi lain dapat dilihat di Situs Informatika Unpad.

Comments are closed.