Skip to content


Lamunan Mahasiswa Tingkat Akhir

Udara pagi terasa begitu sejuk meski sudah jam 9 pagi. hari ini adalah hari minggu, hari dimana kebanyakan orang berada dirumah dan bercengrama dengan keluarga. namun kali ini saya tidak seperti kebanyakan orang. hari ini saya masih tetap sendiri menyepi di kamar kosan serta seperti biasanya menatap layar laptop yang baru saja saya nyalakan.

Sudah beberapa hari ini udara begitu dingin disini entah apa penyebabnya. sebaliknya pada siang hari udara begitu panas menyengat hingga kulit wajah saya sebagian ada yang terkelupas. mungkin karena terlalu ekstrimnya perbedaan cuaca antara pagi dengan siang.

Menjelang siang dikosan ini ramai didatangi banyak mahasiswa baru. ada yang pindah dan ada yang hanya sekedar melihat-lihat. bagi yang pindah mereka umumnya membawa barang-barang bawaan layaknya seperti orang sedang pindah rumah. bagi saya sendiri hari ini sudah hampir genap 3 tahun kurang beberapa hari saya menjadi mahasiswa. waktu terasa begitu cepat berlalu. rasanya baru kemarin saya jadi mahasiswa unpad dan menjalani masa orientasi. rasanya baru kemarin saya berkenalan dengan orang-orang baru di jatinangor tapi kali ini saya sadari bahwa itu sudah lama berlalu. sepertinya baru kemarin saya bercengrama dengan kakak-kakak angkatan yang saya kenal namun perlahan kini mereka sudah menghilang setelah menjadi sarjana. pun begitu wajah-wajah asing yang tak dikenal mulai bermunculan dan siap menggantikan kami-kami yang sudah lama ini.

Ya, memang itulah yang namanya hidup. akan selalu dihadapkan pada waktu yang terus berubah dengan cepat hingga terasa kita hanya menikmati alirannya dengan singkat. dulu sepupu saya yang lebih dulu masuk kuliah daripada saya akhirnya sudah lulus, kini giliran adik saya yang masuk universitas. sungguh saya sebenarnya tidak ingin ini terjadi. saya masih ingin menikmati masa-masa itu. tapi sudahlah, itu semuanya hanya bisa kita sesali karena hakikatnya ia tak akan pernah kembali lagi.

Sekarang saya memasuki tahun terakhir berkuliah di kampus ini. ada banyak kenangan dan pelajaran yang tak ternilai yang saya dapatkan disini. belum lagi ilmu dan hikmah yang banyak bisa saya petik dalam kehidupan ketika saya belajar di universitas ini. tahun ini saya memasuki tahun ke empat dalam masa kuliah. tahun ini bisa jadi adalah tahun terakhir saya menjadi mahasiswa sarjana strata satu. sejujurnya saya ingin sekali menghabiskan waktu ini dengan banyak hal yang belum saya lakukan. karena bisa jadi nantinya ada banyak hal yang justru saya tidak bisa lakukan saat saya sudah lulus sarjana nanti.

saya juga ingin sekali menyelesaikan sarjana saya dengan baik. dari penelitiannya maupun skripsi saya nanti, saya menginginkannya menjadi suatu kenangan yang baik bagi diri saya dan bagi kampus ini. saya ingin sekali membuat skripsi saya sedikit berbeda dari orang lain. pertimbangannya saya tidak ingin mengecewakan kuliah saya selama 4 tahun ini hanya dengan skripsi yang biasa saja atau bahkan mencontek milik orang lain. sebisa mungkin saya berusaha untuk maksimal. dan pada akhirnya memang hanya doa dan ikhtiar yang nantinya menentukan hal tersebut. sekian.

Posted in Article.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.