Skip to content


Tanpa Judul

Dari dulu sampai sekarang pikiran saya seringkali dipenuhi oleh perasaan berlebihan tentang orang lain. dimulai sejak saya sering menerka jawaban dan pemikiran orang lain hingga memikirkan kesan yang mungkin saja ditimbulkan orang lain atas perbuatan saya. ya memikirkan tindakan yang terjadi itu memang baik begitu juga memikirkan perasaan orang lain. tapi yang jadi masalah adalah ketika semuanya dilakukan dalam porsi yang berlebih akan mengakibatkan masalah buat kita sendiri. ibarat makan kalau berlebihan malah akan membuat perut menjadi sakit. kalau kebanyakan belajar juga bisa membuat kita  ketawa-ketawa sendiri alias gila. nah makanya semuanya harus dalam porsi yang sesuai.

kembali ke permasalahan. belakangan saya baru sadari bahwa ga semua hal yang saya pikirkan tentang orang lain itu akan sama dengan persepsi saya. karena sebenarnya apa yang kita fikirkan akan sangat terbatas, terutama pada keterbatasan akal. juga dalam keterbatasan menginterpretasikan kejadian-kejadian yang ada. pra konsepsi yang ada dalam otak ini juga terbatas. pun begitu juga dengan noise dari komunikasi yang kita lakukan akan sangat memungkinkan sekali terjadi misperception hingga misunderstanding. oleh karena itu sudah jelas apa yang saya lakukan sangatlah tidak baik. efek lainnya kadang otak selalu dipenuhi oleh hal-hal yang ilutif negatif tentang apapun. dan tentu saja ini berbahaya.

belakangan saya ambil kesimpulan bahwa seharusnya saya jangan terlalu peduli terhadap perasaan orang lain. karena itu akan menjadi boomerang bagi saya sendiri. akhirnya baru saya sadari bahwa memang benar adanya kalau hal terbodoh adalah berusaha untuk bisa membahagiakan semua orang. maka dari itu sejak sekarang saya bertekad untuk memikirkan perasaan orang lain sekedarnya saja, dan memutuskan untuk lebih banyak melakukan (dan membantu orang lain) daripada hanya sekedar berfikir saja.

Posted in Article.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.