Skip to content


Analisis Website PEMDA Jakarta Timur (timur.jakarta.go.id)

IBNU NASHR ALFARABI

170110090052

TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI ADMINISTRASI

Secara garis besar website milik pemerintah daerah Jakarta Timur ini memiliki fitur berita yang lengkap. Akan tetapi ada banyak kelemahan didalamnya. Seperti kurang memiliki eye catching dalam interface halaman homenya hingga halaman agenda walikota.

Dalam halaman awal ada beberapa submenu antara lain:

  1. Home, berisi informasi terupdate tentang apa saja yang telah dilakukan pemda Jakarta timur. Selain itu halaman ini berisi tentang berita yang berbentuk video,foto dan disebelah kanan atas di tempatkan shortcut berupa kolom untuk menuju page yang berisikan profil walikota Jakarta Timur
  2. Profil wilayah, berisi informasi tentang wilayah yang ada di Jakarta Timur baik dari tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan berikut rincian wilayah hingga luas wilayah.
  3. Pemerintahan, berisi hal-hal yang berkaitan dengan pemerintahan yang ada di Jakarta Timur dalam hal penyelanggaraannya.
  4. Statistik, berisi data statistik tentang Jakarta Timur yang informasinya disajikan langsung dari BPS.
  5. Pariwisata, berisi data tempat dan wilayah yang berkaitan dengan pusat budaya dan pengembangan pariwisata yang layak dikunjungi oleh wisatawan.
  6. Agenda Walikota, berisi berbagai agenda yang akan dilakukan oleh walikota dalam menjalankan tugas kenegaraannya.

 

Dalam halaman utama disebelah kanan atas akan ada ikon yang bebentuk amplop suratbyang berwarna putih. Ketika di klik, maka akan muncul gambar diatas. Intinya dalam halaman ini adalah bagaimana website pemda Jakarta Timur berusaha untuk terbuka dengan masyarakat yang mengakses halaman ini. Namun sangat ironis mengingat hal ini tidak dibarengi dengan fase atau tahap interact yang ditandai dengan tidak adanya kolom untuk pengisian komentar atau yang banyak populer dengan nama buku tamu. Walhasil ini menjadi sesuatu yang berkebalikan antara update informasi yang cepat namun tidak memungkinkan untuk masyarakat bertanya yang seharusnya menjadi hak sejati masyarakat.

Dari semua tampilan yang ada dalam web ini, ada hal lain yang bisa dibanggakan yaitu dengan hadirnya fitur pelayanan perizinan dan pelayanan non periziinan seperti gambar dibawah

 

 

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Satu hal yang menjadi blunder dalam website kebangggaan Jakarta Timur ini yaitu dengan ketiadaan kolom komentar yang sejatinya memang sangat dibutuhkan masyarakat sebagi sarana kontrol yang akan digunakan sebagai feedback untuk memperbaiki kinerja menuju pengoptimalan kerja.

 

Satu saran yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki tampilan yang terkesan seadanya dan sangat jauh tertinggal dari website serupa yang dimiliki  pemerintah daerah yang lainnya.

Peribahasa “Tiada gading yang tak retak” tidak seharusnya dijadikan landasan bagi ketidakoptimalan kerja apalagi website yang notabenenya merupakan sarana pelayanan publik. perbaikan harus senantiasa dilakukan demi mencapai kesejahteraan bersama.

 

Posted in Article.


2 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Wilhemina Ransome says

    Hey how are you doing? I just wanted to stop by and say that it’s been a pleasure reading your blog. I have bookmarked your website so that I can come back & read more in the future as well. plz do keep up the quality writing Critically? It really is brilliant to help witness an individual eventually commence protecting this sort of stuff, while I’m still certainly not certain simply how much Certainly along with you about it many. When i subscribed for your rss feed nevertheless and will surely keep on following your content articles even down the road I may chime in again in more details. Cheers regarding submitting even though!

    • ibnunashr says

      thx for your kindess… i’ve already try to customize my blogs, so would you mind to help me increase my blog traffic??? hehe
      give me some advise please…



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.