What Is Blockchain ?

Teknologi telah menjadi kebutuhan primer setiap manusia. tidak seperti dahulu disaat kita mempelajari jenis-jenis kebutuhan manusia , sekarang setiap orang menjadikan teknologi sebagai kebutuhan pokok selain pangan sandang dan papan.

perkembangan teknologi menuntut semua orang untuk terus mempelajari hal baru. teknologi-teknolgi baru bermunculan. sekarang semua yang hanya bisa diketahui dari film-film animasi, bisa terjadi didunia nyata. semua hal bisa diwujudkan, diciptakan saat ini.

disaat kecil kita sering melihat film-film tentang seorang robot manusia yang bisa bicara dan berinteraksi dengan manusia, atau komputer yang bisa mengetahui keinginan pengguna tanpa harus diketik sendiri oleh pengguna.seperti pada Film Iron Man tahun 2008, yang memperkenalkan sebuah jaringan komputer yang bernama Jarvis yang bisa berinteraksi dengan pengguna. saat ini banyak sekali teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan IT yang memiliki teknologi sama seperti Jarvis di Iron Man tahun 2008. seperti fitur “Oke Google” dari perusahaan Google. atau fitur “Siri” pada produk iphone.

Artificial Intelegency, Internet of Think, blockchain,merupakan bagian bagian digitalisasi yang terus dikembangkan oleh ahli ahli IT dengan tujuan memberikan efek kemudahan, aksestabilitas tanpa batas dan keamanan informasi yang sangat dibutuhkan oleh manusia. saat ini penulis ingin lebih menjelaskan tentang Blockchain dan kenapa blockchain bisa menjadi teknologi terbarukan yang dibutuhkan manusia.

Blockchain atau dapat disebut juga sebagai teknologi pembukuan terdistribusi (Distributed Ledger Technology/DLT) merupakan sebuah konsep dimana setiap peserta/pihak yang tergabung dalam jaringan terdistribusi memiliki hak akses terhadap pembukuan tersebut. Konsep yang dibawa oleh blockchain merupakan penerapan konsep yang sudah ada, yaitu konsep database terdistribusi. Konsep ini lahir bersamaan dengan lahirnya bitcoin sekaligus sebagai jawaban atas permasalahan tidak adanya pihak ke tiga (institusi finansial/pemerintah) untuk membangun kepercayaan diantara pihak-pihak yang melakukan transaksii ngkungan yang tidak aman.

komponen utama teknologi blockchain :

cara kerja blockchain :

manfaat teknologi blockchain :

contoh implementasi penggunaan Blockchain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *