Memelihara Hubungan Baik

Memelihara jalinan hubungan baik dengan orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktu, pikiran dan perasaan kita menentukan kualitas hidup kita. Tiga hal berikut ini, bisa menjadi penanda kualitas hubungan baik dengan orang-orang yang bermakna bagi kita:

# Kedekatan. Hubungan baik ditandai dengan adanya kedekatan. Bila berjauhan akan berusaha untuk saling mendekati, dengan beragam cara. Ketika anda memiliki hubungan baik dengan seseorang, anda akan merasa nyaman berada di dekatnya dan bisa jadi anda akan kangen bila lama tidak “bertemu” dengannya.

# Penghargaan. Orang yang memiliki hubungan bak, tak selalu memiliki pemikiran, perasaan dan kebutuhan yang sama. Bisa jadi mereka memiliki pilihan dan selera yang berbeda, tapi mereka saling menghargai perbedaan diantara mereka. Bisa saja mereka saling adu argumentasi tapi mereka tidak akan saling merendahkan apalagi menjatuhkan. Ketika anda memiliki hubungan baik dengan seseorang tak berarti anda akan selalu seirama dan setuju dengannya.

# Pemulihan. Orang yang memiliki hubungan baik, bisa jadi akan terlibat konflik. Salah satu pihak, atau malah keduanya, akan emosional. Bila mereka ada yang melanggar batas dan atau tak mampu mengendalikan diri, keretakan hubungan baik kadang tak terelakkan. Namun, bila diantara mereka sudah terjalin hubungan baik, maka proses pemulihan hubungan akan mudah dan tidak berlangsung lama.

Makanya, konflik menjadi salah satu ujian kualitas hubungan. Bila jalinan hubungan baik masih rapuh, permasalahan sederhana sangat mudah memancing keributan, dan proses pemulihannya akan berlangsung lama. Sebaliknya bila hubungan baik sudah terjalin kuat, maka hubungan tersebut akan sulit “putus” hanya karena perbedaan gagasan atau pilihan. Bila kerenggangan hubungan terjadi karena salah satu pihak atau kedua pihak tidak mampu mengendalikan diri, maka mereka akan mudah didamaikan atau biasanya salah satu pihak akan berinisiatif untuk melancarkan proses saling memaafkan.

Meminta maaf bukan hanya bermakna pengakuan “saya juga ikut berkontribusi terhadap apa yang terjadi” tapi juga wujud keyakinan bahwa “memelihara hubungan baik denganmu lebih berharga daripada memenangkan hasrat dan ambisiku”.

#catatanpagihary

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*