Belajar dari Orang Bahagia

Selama pelayanan saya sebagai psikolog, saya bertemu dengan beragam kisah, ada yang lelah menjalani kehidupan, banyak juga yang merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Dari beragam kisah tersebut, setidaknya ada tiga hal yang saya jadikan pelajaran bagi hidup saya.
Mereka yang berbahagia dalam kehidupannya:

1. Mengapresiasi apa yang terjadi dalam dirinya. Mengapresiasi merujuk pada upaya menerima, mengakui, menghargai dan memberi nilai tambah pada sesuatu yang terjadi dan atau dimilikinya. Bukan hanya hal yang kebanyakan orang akan bernilai positif tapi juga berbagai kejadian yang kebanyakan orang menilai negatif. Orang-orang yang bahagia, mampu mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diberi, mampu memetik hikmah dari apa yang telah terjadi, dan mengintip tabir masa depan dengan mempelajari beragam potensi yang ada saat ini.

2. Menjalani kehidupan bermakna. Orang-orang yang bahagia dalam hidupnya menjalani kehidupan yang bermakna. Ia mensyukuri nikmat yang dimiliki dengan menemukan dan memanfaatkan peluang untuk berbagi. Mereka menjadikan uang, posisi dan popularitas sebagai alat bukan tujuan. Mereka memanfatkan sumber daya yang dimilikinya untuk melayani yang lebih besar dari dirinya sendiri.

3. Menjalin hubungan baik. Orang-orang yang merasakan kebahagiaan dalam hidupnya memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang signifikan dalam hidupnya. Mereka senantiasa memelihara silaturahmi dan kualitas relasi dengan orang-orang yang paling banyak menyita waktu dan energinya.

Mari memulai pagi ini dengan senyuman, mensyukuri nikmat yang ada, dan kembali merajut jalinan hubungan baik dengan orang-orang yang bermakna bagi kehidupan kita.
#catatanpagihary

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*