Lingkaran Berbagi Apresiasi : Percakapan Bertuah Ketangguhan

Tulisan ini hadir terdorong oleh gairah beberapa sahabat yang tertarik untuk berbagi tentang Percakapan Bertuah Ketangguhan (PBK). Untuk sahabatku, tulisan ini merupakan pengantar aktivitas Lingkar Berbagi Apresiasi yang akan kita lakukan. Meski demikian, tulisan ini bukan rahasia, dan tentu saja sila dibagi bila dirasa menghadirkan manfaat.

Apa itu percakapan bertuah?

Percakapan merupakan proses berbagi. Aktivitas memberi dan menerima pernyataan, baik verbal maupun nonverbal. Arena melempar pertanyaan dan menerima jawaban. Bertuah bermakna memiliki kekuatan, pengaruh.  Sederhananya, percakapan bertuah adalah percakapan yang memiliki kekuatan, berdaya untuk mempengaruhi pola pikir, perasaan dan tindakan. Bukan sekedar percakapan. Bukan percakapan biasa.

Mari sejenak berhitung, berapa banyak waktu yang kita sisihkan untuk melakukan percakapan? Sejak bangun sampai tertidur kembali, berapa lama kita menjalani percakapan dengan orang-orang di sekitar kita? Bila ditambahkan dengan dialog batin, percakapan dengan diri sendiri, jadi berapa waktu yang telah kita curahkan untuk melakukan percakapan?

Bila pemanfaatan waktu menentukan kualitas kehidupan, maka kualitas percakapan akan menentukan kualitas kehidupan kita. Pertanyaan selanjutnya, apakah percakapan tersebut menghadirkan manfaat atau sebaliknya? Apakah percakapan yang kita lakukan menghadirkan friksi atau harmoni? membangkitkan semangat berprestasi atau melayukannya? Mengembangkan ketangguhan atau meluruhkannya?

Pada kesempatana ini kita akan berbagi pengalaman, pengetahuan dan perasaan tentang Percakapan Bertuah Ketangguhan. Semoga ada lagi yang berminat untuk berbagi tentang Percakapan Bertuah Harmoni, Percakapan Bertuah Prestasi atau tuah-tuah percakapan lainnya.

Apa ketangguhan?

Sederhananya, ketangguhan merupakan kemampuan kita menghadapi masalah, kesulitan, bencana dan lain sebagainya yang berpotensi membuat kita tertekan dan menderita. Kita tidak akan mengelak dari masalah. Kita pernah dan mungkin akan (lagi) mengalami kejadian yang menyedihkan bahkan mungkin menyakitkan. Tetapi bukan peristiwa, kejadian yang membuat kita jatuh dan tak berdaya. Bagi pribadi tangguh, masalah akan membesarkannya, membangkitkan kekuatan ksatria dalam dirinya. Bagi pribadi rapuh, masalah akan mengkerdilkannya, meluruhkan kekuatannya.

Dalam Lingkaran Berbagi Apresiasi : Percakapan Bertuah Ketangguhan nanti kita akan berbagi mengenai :

  • Pilar Ketangguhan
  • Pilar Percakapan
  • Dinamika Percakapan
  • Menu Percakapan Bertuah Ketangguhan (Menghadirkan Kenyamanan, Menjalin Pengertian, Menginspirasi Perubahan)

Mari Berbagi !

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*