KECEMASAN SEBELUM MEMFASILITASI

Sumber kecemasan fasilitator :

a.Materi. Materi yang kurang dikuasai dengan baik dapat menjadi sumber kecemasan. Fasilitator dapat menjadi kurang percaya diri apabila ia merasa ia kurang menguasai/mengetahui tentang suatu materi yang akan diberikannya.

b.Tim. Tim kerja yang kurang mendukung fasilitator dalam memberikan pelatihan bahkan yang perilaku tim yang dapat menjatuhkan kredibilitas fasilitator di depan peserta.

c.Peserta. Banyak hal dari peserta yang dapat memicu kecemasan kita antara lain karakteristik dan perilaku peserta saat pelatihan.

d.Fasilitas. Keterbatasan fasilitas pelatihan merupakan salah satu pemicu yang dapat mengganggu focus konsentrasi fasilitator dalam menyampaikan pelatihan

e.Diri sendiri. Ketakutan, ketidakpercayaan diri, rasa kurang memiliki pengetahuan dan banyak hal dalam diri yang memicu munculnya kekhawatiran dalam diri.

Tips untuk Mengatasi kecemasan sebelum memfasilitasi, antara lain :

Persiapan
Siapkan dan tata segala hal yang anda butuhkan untuk menjalankan kelas pelatihan baik dari sisi materi, tim maupun fasilitas yang dibutuhkan.

Persiapan Materi :
– Susun materi sesuai dengan kebutuhan peserta
– Susun alur/agenda pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta
– Kembangkan material pelatihan yang dibutuhkan (slide, handout, workbook, references)
– Pastikan Anda menguasai materi yang akan diberikan

Persiapan Tim Fasilitator :
– Briefing dengan tim yang akan bekerjasama dengan anda dalam memberikan pelatihan, jelaskan peran dan tanggung jawab masing-masing anggota tim.

Persiapan Fasilitas :
– Persiapkan audiovisual untuk melakukan pelatihan
– Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menunjang metode pelatihan

Visualisasi
Dengan menciptakan bayangan visual tentang keadaan kelas pelatihan yang akan dibawakan, anda secara aktual membuat perilaku yang diinginkan dengan spesifik yang akan membuat anda untuk melakukan hal tersebut pada kelas yang akan anda bawakan. Visualisasikan kelas pelatihan dalam pikiran anda. Bayangkan jalannya pelatihan dari awal hingga akhir. Mengingat hal ini dilakukan dalam bayangan anda, bebaskan diri anda dari segala kecemasan dan ketika anda sedang dalam kelas pelatihan bayangan anda, ciptakan peserta-peserta yang penuh keingintahuan dan bayangkan kesuksesan pencapaian tujuan pelatihan.

Latihan
Berlatih untuk menyampaikan materi pelatihan. Latihan akan membuat anda lebih yakin bahwa anda memang mampu untuk melakukannya.

Relaksasi
Banyak cara untuk melakukan relaksasi. Metode-metode yang dapat dilakukan antara lain: Menikmati hiburan, Mengelola Pernafasan dan Relaksasi Otot.

Temukan Pendukung
Pendukung adalah orang-orang yang bersedia memberikan penguatan pada Anda, melalui pernyataan verbal maupun non verbal.

(bersambung)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*