Oseng Mercon, Makanan Paling Pedas di Jogja

Jika berlibur ke Yogya jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Terdapat berbagai macam makanan khas Jogja. Bagi yang menyukai makanan pedas dan unik maka bisa mencoba makanan khas Yogyakarta yaitu Oseng Mercon. Jika ingin mencicipnya datanglah ke Jl. KH Ahmad Dahlan. Tempat yang terkenal adalaj Warung Oseng Mercon Bu Narti. Di tempat ini Anda bisa memesan makanan yang digemari oleh oenikmat makanan pedas di Yogyakarta dan juga para wisatawan. Sesuai dengan namanya, Oseng-oseng Mercon, makanan ini akan “meledakkan” lidah pembeli saat mencicipinya bahkan mampu membuat lidah serasa tersambar “halilintar”.

Oseng-oseng merupakan istilah dalam bahasa Jawa yaitu masakan yang ditumis, sedangkan mercon dapat diartikan petasan. Namun oseng mercon bukanlah petasan yang di tumis tetapi adalah masakan yang berbahan baku utama berupa kikil, gajih, dan tulang muda yang ditumis dengan berbagai macam aneka bumbu. Cita rasanya yang sangat pedas membuat makanan ini mendapat istilah mercon karena saat memakannya seperti ada yang meledak di dalam mulut seperti petasan yang meledak. Istilah onseng mercon sendiri adalah pemberian dari budayawan Cak Nun. Menurut cerita sejak  warung ini berdiri, tokoh budaya tersebut sering singgah bersama istri dan rekan-rekannya untuk mencoba kuliner yang unik dan beda ini. Karena rasanya yang sangat pedas, Cak Nun lantas memberikan nama mercon pada oseng-oseng karya Bu Narti dan jangan lupa juga baca paket wisata jogja

Meski hanya menyediakan menu makanan dengan rasa yang super pedas, Warung Bu Narti selalu dipadati oleh pembeli dari berbagai tempat. Bahkan banyak pengunjung yang datang dari luar daerah yang rela menempuh perjalanan jauh untuk sekedar menikmati kelezatan makanan ini. Jika Oseng-oseng Mercon masih dianggap kurang pedas, Warung Bu Narti juga terdapat oseng-oseng yang lebih pedas yaitu Oseng-oseng  Bledeg atau Halilintar. Makanan ini lebih pedas sehingga tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah pencernaam. Menikmati sepiring nasi hangat ditemani oseng mercon yang lezat di atas nasi ditemani segelas es  teh atau teh panas akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan saat berada di Yogyakarta.

Lokasi:

Oseng mercon yang terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti yang berada di Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisatawan juga bisa menikmatinya di sekitar kawasan Nol KM Jogja yang dijual lesehan. Jika mencari paket wisata Jogja jangan lupa menambahkan wisata kuliner di daftar Anda.

Tip Wisata:

  1. Jika bermasalah dengan pencernaan jangan mencoba makanan ini.
  2. Jangan memaksakan diri untuk memakan makan ini.
  3. Bawalah obat-obatan untuk berjaga-jaga.
  4. Jaga kebersihan.

 

Categorized: layanan

Comments are closed.