Macam-macam Flooring Lantai untuk Mempercantik Rumah

Hunian yang nyaman memang menjadi dambaan setiap orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membuat rumah Anda terlihat lebih cantik dan memiliki suasana tenang. Salah satu caranya adalah dengan memilih jenis pelapis lantai yang tepat dengan bantuan jasa flooring lantai. Lantai flooring menjadi salah satu pilihan tepat. Anda bisa memasangnya di seluruh bagian lantai rumah sekaligus menjadikannya ornament mempermanis ruangan dengan cara melapisi dinding dengan flooring. Bagi Anda yang belum terlalu familiar, lantai flooring merupakan lantai yang berupa kayu atau pun bahan yang terbuat dari serbuk kayu kemudian dipadatkan dan diolah hingga memiliki tampilan yang mirip seperti kayu asli. Tipe lantai ini umumnya menonjolkan warna alami kayu yaitu cokelat. Ada perbedaan yang mendasar dari beberapa jenis flooring. Untuk mengenal lebih jauh mengenai macam-macam flooring lantai simak pembahasan berikut ini.

Beberapa Tipe Flooring Lantai

Solid flooring merupakan jenis pertama dari macam-macam flooring lantai yang biasa digunakan. Lantai tipe ini memiliki bahan baku utama berupa kayu asli dan bukan merupakan bahan olahan atau pun kayu lapis. Bentuknya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Biasnya berbentuk persegi panjang dengan ketebalan yang beragam. Kayu yang paling sering dimanfaatkan untuk tipe solid flooring ini yaitu kayu jati yang memang telah terkenal mampu bertahan lama dan beberapa kayu lain seperti Merbau dan Mahoni yang juga cukup awet. Hal yang harus Anda perhatikan saat memutuskan memakai lantai jenis ini adalah perawatannya. Bahannya yang merupakan kayu orisinil tidak bisa sering-sering terkena air.

Macam-macam flooring lantai yang tidak berbeda jauh dengan tipe solid flooring adalah parquet flooring. Jenis yang satu ini hanya memiliki ukuran yang berbeda saja. Namun secara umum memiliki kesamaan, lantai parquet juga dibentuk dari bahan kayu asli yang membuatnya juga sangat awet untuk dijadikan lantai rumah. Bila Anda bisa merawatnya dengan baik bukan tidak mungkin bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang sangat lama. Jenis parquet ini memiliki modifikasi lain yang disebut dengan parquet engineered yang terbuat dari dua lapisan yaitu bagian atas merupakan lapisan tipis yang berkualitas baik sedangkan bagian bawah terbuat dari kayu berkualitas lebih rendah.

Tipe lain yang tidak kalah populer yaitu laminating flooring yang terbuat dari sebuk kayu yang diolah kemudian dipadatkan. Permukaan dari flooring ini dilapisi oleh material seperti plastik yang memiliki corak kayu sehingga akan tampak seperti kayu asli. Ada kelebihan yang bisa didapatkan jika Anda memanfaatkannya sebagai lantai rumah, yaitu bahan yang cenderung lebih kuat dan juga tidak mudah lembab. Permukaannya yang sudah dilapisi membuatnya tidak mudah menyerap air. Bagi Anda yang memiliki anak kecil, rasanya dari semua macam-macam flooring lantai model yang satu ini cocok untuk digunakan karena bila kotor bisa dibersihkan dengan mudah dan tidak meninggalkan bekas saat tergores suatu benda.

Categorized: layanan

Comments are closed.