Studi Kasus Antarmuka Politisi Rakyat di Uttar Pradesh
(Pallav Pandey dan Naveen Kumar)

Kerangka kerja diperlukan pemerintah untuk membangun Demokrasi. Dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan rakyat untuk membangun situasi yang ideal.
Dalam negara demokrasi, dibutuhkan interaksi antara masyarakat dengan pemerintah dalam proses pembangunan. Sehingga pemerintah dapat mendengarkan aspirasi masyarakat dengan baik dan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan. hubungan yang terjalin antara pemerintah dan warga di India khususnya di Uttar Pradesh dinilai belum cukup terlihat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Hal ini disebabkan salah satunya karena penerapan sistem kasta dalam proses pemilihan yang membuat sistem politik di India menjadi tidak stabil.

Kriminalisasi politik sudah menjadi kenyataan saat ini di Utta Pradesh. Salah 1 penyebabnya adalah terdapat sistem kasta. Banyak dari kandidat yang baik tidak berani untuk mencalonkan diri dikarenakan terbentur oleh prediksi jika suara mayoritas hanya bisa didapatkan oleh orang berkasta tinggi.

Hal ini menjadi alasan digencarkannya budaya tatap muka antar pemerintah dan masyarakat yang terus menjadi perhatian. Solusi tersebut dapat meruntuhkan budaya pragmatisme. Penggunaan teknologi tatap muka antara masyarakat dan pemerintah serta mencari calon yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi merupakan solusi untuk mengghilangkan praktek yang selama ini terjadi. Yaitu kriminalitas Politik.

Kemajuan masyarakat umum harus sama selaras dengan pemerintahan, perlu dibentuk media antarmuka berbasis masyarakat yang praktis berbasis masyarakat, dimana politisi diberitahu mengenai wilayah tersebut dan sifat kegiatan pembangunan yang harus dilakukan. Dengan mengurangi faktor anti-incumbency, stabilitas diperkenalkan dalam sistem politik. Hal ini membantu orang-orang berpendidikan dan berdedikasi untuk terjun ke dunia politik dan membantu mereka bertahan lebih lama.

Sumber :
Mitra, R. (2006). E-Government : Macro Issues . New Delhi : Gift Publishing.
Journal A Case Study on the People Politician Interface in Uttar Pradesh by Pallav Pandey and Naveen Kumar

« »