Cara Menanam Sengon

Cara Menanam Sengon sangat sederhana, tidak terlalu susah yang seperti anda bayangkan. Yang repot hanya di tahun-tahun awal (1 – 3 tahun), tahun berikutnya bisa ditinggal.

Cara Menanam Sengon

  1. Mempersiapkan Bibit, bisa melakukan pembibitan dengan cara membeli benih, akan tetapi saran saya ambil jalan cepat aja, beli bibit yang siap tanam
  2. Mempersiapkan lahan; pembukaan lahan dan pembersihan lahan, termasuk pembuatan lubang tanam
  3. Proses penanaman; diperlukan ajir/penyangga, kayu sengon tidak kuat sehingga harus dipasang ajir untuk penyangga agar tidak mudah rusak/roboh oleh tiupan angin. Berbeda dengan menanam jabon yang justru lebih mudah, untuk itu sebenarnya kami lebih menyarankan menanam jabon sebagai pengganti budidaya kayu sengon.
  4. Pemeliharaan; dalam pemeliharaan sengon ini diperlukan beberapa hal diantaranya penyulaman tanaman yang rusak diganti dengan penggantinya, penyiangan (membersihkan tanaman yang tumbuh dengan sendiri di lingkungan tanaman sengon kita), pemangkasan cabang pohon,
  5. Pemanenan; proses akhir tentunya panen kayu dan menjualnya. Sebelum anda memanennya tentunya anda harus cari tahu dulu harga sengon terbaru.

Comments are closed.