Siapa kamu?! Jangan jangann….aku…kamu….😣😣

Kita saudara!!! 😆
cieeee….kok bisa ya?

Terimakasih Allah, karena dengan Islam kita bersaudara…
Tapi, apa yang istimewa dari persaudaraan Islam?

Persaudaraan Islami atau ukhuwah islamiyah memiliki keistimewaan daripada istilah saudara yang familiar kita dengar. Persaudaraan seiman itu lebih kuat dari pertalian darah. Namun, Ukhuwah Islamiyah mudah diucapkan, tapi yang sulit adalah praktik dan aplikasinya dalam berbagai situasi sehari-hari. Perlu disadari bahwa mewujudkan persaudaraan Islam dalam arti yang sebenarnya merupakan kewajiban setiap Muslim.

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” (Ali Imran:103)

Meski tak ada pakta perjanjian tertulis, namun umat Islam karena ikatan keislamannya haruslah memandang sesama Muslim sebagai saudaranya atas dasar kesamaan pandangan hidup. Segala yang merusak ukhuwah Islamiyah harus dijauhi.

Setidaknya ada lima hal yang harus kita lakukan untuk membentengi persatuan kita sesama umat Islam. Kelima hal ini termasuk dalam hak dan kewajiban ukhuwah yang ditetapkan dalam Islam.
– Menutup aib saudara seiman, karena tak ada manusia yang sempurna.
– Memaafkan dia. Sebaik-baik manusia yang berbuat salah adalah yang segera menyadari, meminta maaf, menerima maaf, dan bertaubat.
– Tolong menolong dalam kesulitan dan saling memudahkan dalam urusan.
– Saling berbaik sangka dan tidak mencari cari kesalahan.
– Saling mendoakan dalam kebaikan dan mengingatkan dalam kebenaran.

“Seorang Muslim adalah saudara bagi Muslim lainnya. Ia tidak boleh tidak menzaliminya, merendahkannya dan tidak pula meremehkannya. Taqwa adalah di sini. Beliau menunjuk dadanya sampai tiga kali. (kemudian beliau bersabda lagi:) Cukuplah seseorang dikatakan buruk bila meremehkan saudaranya sesama muslim. Seorang Muslim terhadap Muslim lain; haram darahnya, kehormatannya dan hartanya.” (HR. Muslim)

Islam adalah agama yang menyatukan bukan untuk membuat pemeluknya bercerai berai. Islam tidak pilih-pilih dalam persaudaraan seakidah. Islam juga tidak pernah mendiskriminasi manusia karena kekurangan ataupun kesalahan yang pernah diperbuat, bagaimanapun semuanya bersaudara dan saling memperbaiki.

Manisnya persaudaraan akan terwujud dengan kacamata iman. Karena hubungan yang diciptakan bukan lagi perkara ego, kepentingan, ataupun pertalian darah semata, tetapi karena sesama hamba Allah dengan kewajiban dan visi yang sama…
Semoga yang berukhuwah didunia pada akhirnya bertemu di surga-Nya…aamiin..

Salam Ukhuwah! 😊🤗

#UkhuwahIslamiyah
#KamuSaudaraku
#KeputrianAzzahra2018

Leave a Reply