[ P E N A W A R H A T I ]

Pernah tidak mengalami masalah bertubi-tubi? Banyaknya persoalan hidup serta ketidakmampuan kita untuk melewatinya? Ketika hati tengah mengalami kekecewaan yang mendalam? Hati kita semakin gelisah? Pilu? Sedih? Rindu? Banyak orang yang terkadang tidak siap menghadapi kenyataan hidup, yang pada akhirnya membuat kita semakin terpuruk?

Hmm, pasti ukhti-ukhti disini pernah merasakan itu…

Bingung mau mengeluh kemana? Kesiapa? dan bagaimana?
Hai ukhti, zaman sekarang bukan tren lagi mengeluh di sosial media, tapiii yang sedang ngetren saat ini adalah mengeluh kepada Sang Pencipta!

Tiap penyakit juga ada penawarnya, apalagi menyangkut perkara cinta, kerinduan, kehidupan, gelisah, rasa sedih dan turunannya. Bukankah hanya Allah lah Sang Pembolak-balik hati manusia?

Tapi ukhti kalau hanya sekedar mengeluh tidak akan memperbaiki keadaan, malah bisa jadi semakin terpuruk. Hal-hal seperti itu tentu tidak ingin dirasakan bukan?

Ukhti, pada situasi tertentu mengharuskan seseorang untuk bersabar menghadapi kenyataan, senantiasa berpikir jernih bahwa apa yang selama ini direncanakan dan diusahakan bukanlah suatu hal mutlak karena yang memegang segala keputusan adalah Allah Yang Maha Pengasih & Penyayang. Tidak selamanya apa yang diinginkan berbuah sesuatu yang manis bukan?

Untuk itulah tenang aja ukhti, berikut 5 perkara penawar hati yang manjur bagi umat manusia menurut islam:

1. Baca Al Qur’an dan Menghayati Isinya
Obat hati menurut Islam yang pertama adalah membaca kitab suci Al-Quran dan menghayati kandungannya. Karena biasanya yang dibaca terkadang berhubungan dengan apa yang dialami. Sehingga permasalahan yang ada seakan jawabannya ada di dalam ayat Al-Quran. Mintalah petunjuk kepada Allah Ta’ala supaya diridhai dan dapat memperoleh solusi tersebut dengan mudah.

Keutamaan membaca Al-Quranbegitu dahsyat, bahkan tak sekedar sebagai obat hati yang terluka, gelisah dan gundah gulana, namun juga membuat hidup makin terarah. Dengan istiqomah mengaji, tanpa disadari akan menjadi semacam terapi kesehatan jiwa dan pikiran bagi manusia.

2. Mengosongkan Perut/Puasa
Menahan lapar adalah salah satu perbuatan yang mulia. Jika diiringi dengan niat yang benar-benar karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, seorang hamba akan mencapai derajat yang sangat tinggi. Semakin seseorang memanjakan perutnya dengan melahap apa saja yang diinginkan, maka makin gelap hatinya dan sifat rakus ada pada dirinya. Justru sebaliknya, makin sering mengosongkan perut dengan berpuasa maka makin terang benderang hatinya.

3. Qiyamul Lail Shalat Tahajud
Qiyamullail dengan shalat tahajud adalah salah satu obat hati menurut agama Islam. Selain itu merupakan sarana berkomunikasi seorang hamba dengan Tuhannya. Sholat tahajud memiliki manfaat yang sangat besar jika dikerjakan secara rutin setiap malam. Hendaknya digunakan untuk berdoa, beristighfar, bertasbih, dan memuji Sang Pencipta. Dan Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, sesuai dengan janjinya, akan mencintai hamba yang mendekat kepadanya.

4. Perbanyak Dzikir
Sebagaimana diketahui bahwa Allah Swt mewajibkan umat Islam untuk berdzikir kepada-Nya setiap siang dan malam sebanyak lima kali dengan cara mendirikan shalat pada waktu-waktu yang telah ditentukan. Selain itu dianjurkan berdzikir dan mengisi waktu dengan hal positif.
Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala dalam Al-Quran, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang”. (Ar-Ra’d: 28)

5. Berkumpul Dengan Orang Shalih/Shalihah
Obat hati menurut Islam yang terakhir adalah beragaul dengan orang shalih/alim/berakhlak mulia. Bersosialisasi dengan para ulama akan berdampak pada tingkah laku orang tersebut. Artinya, apabila seseorang bersosialisasi dengan orang yang baik, maka kebiasaan baik akan menular, serta hasilnya pun baik dan positif. Namun jika bersosialisasi dengan orang yang buruk moralnya, maka kebiasaan dan hawa nafsunya akan ketularan buruk juga. Dan tentunya akan berdampak besar terhadap kepikiran dan kebiasaan sehari-hari.

Begitula ukhti! Jadi jangan resah dan gelisah lagi ya karena semua ada penawarnya. Hanya saja bagaimana kita mau memilih jalan kebaikan dengan mengamalkan 5 perkara tersebut atau memilih untuk tidak mengamalkannya

Sumber:
Mohlimo.com dan hamba Allah

#SyiarMuslimah
#PenawarHati
#DekatkandiripadaNya

Leave a Reply