[ F E N O M E N A – 2 F 😎😎 ]

Ngaku anak kekinian? 😉 pasti tau dong yang lagi tren dan hitz saat ini hehe. salah satunya ini nih ‘Faith and Fun lifestyle, itu panggilan akrabnya. Sebenernya apa sih gaya hidup 2F? 🤔🤔masih kepo? yuk, cekidot!

Dari sekian banyak tren dan gaya hidup yang dikenal dikalangan kaula muda, style yang satu ini merupakan adaptasi dari nilai-nilai syariah terhadap gaya hidup modern, kekinian yang bernuansa happy/simple/friendly namun tetap sesuai dengan syariah (faith). jadi, antara ‘fun’ dan ‘faith’ bisa sejalan…

Nah, beberapa contoh gaya hidup Faith X Fun yang populer saat ini seperti:
– Mipster (muslim hipster) : sebagai model atau figur baru. gaya ini populer tidak hanya di dunia fesyen, tetapi juga merambah ke dunia dakwah sebagai pendekatan baru dalam dakwah yang lebih ‘ramah’ terutama bagi kaula muda.

– Soleh-smart kids : sebagai paradigma baru dalam pendidikan anak. pandangan positif yang populer dimana pribadi yang ideal tidak hanya cerdas intelektual tetapi juga mumpuni dalam spiritualnya.

– Hijrah : sebagai jalan hidup baru. ya, saat ini fenomena hijrah sangat populer dikalangan muda atau remaja, hingga menjadi suatu tren positif di jaman ini seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk hidup secara islami.

– Sportyjab : sebagai tren dan inovasi baru terutama bagi muslimah untuk tetap syar’i dalam beraktivitas seperti olahraga. banyak brand yang menginovasikan produknya beradaptasi dengan konsep syar’i.

– Capitalism antithesis : untuk memerangi dan mengimbangi dominasi ekonomi kapitalis di pasaran, muslim jaman now juga menciptakan gerakan ekonomi umat alternatif seperti 212 mart. prinsipnya adalah amanah dan jamaah izzah.

– Muz-match : sebagai jalan baru untuk ta’aruf. Hmm… untuk yang satu ini berupa tren perjodohan menggunakan aplikasi jodoh, konsep taaruf pun berkembang dari offline ke online. Ini bisa menjadi solusi bagi para jomblo 😂.

– Ngaji digital : sebagai metode dakwah yang lebih efektif dan efesien. jangkauan dakwah jadi lebih luas di dunia digital dan tak ribet.

– tren lainnya seperti properti islami, munculnya pelayanan bank syariah, perlombaan prosuk berlabel ‘halal’ dsb.

Gimana? seru juga kalau tren nya beginian..😋😋
Tren hidup yang positif saat ini patut kita syukuri, karena hal ini berarti nilai-nilai islam sudah dekat dengan kehidupan setiap orang. Kesadaran untuk menerapkan islam secara kaffah juga semakin berkembang. Tapi meski begitu, dari tren yang populer dikalangan masyarakat saat ini pada kenyataannya tidak selalu benar se-ideal yang ditetapkan syari’at. Kita tetap perlu mengevaluasi dan menyeleksi setip tren yang ingin diikuti. Apapun tren/style tidak masalah, asalkan masih sejalan dan tidak menyalahi syariat islam.

#staycoolstaytrue
#MuslimahKekinian
#KeputrianAzzahra
#GEMAZumratulAkhyar
#GEMAkeren2018
_______________________________________________________
-GEMA Zumratul Akhyar 2018-

Line : @kvu4684t
Instagram : gemaunpad
Youtube : Geological Muslim Association
Blog : http://Blogs.unpad.ac.id/gemaunpad

Leave a Reply