[ MUSLIM HEROES ]

ZUBAIR BIN AWWAM “SANG KSATRIA RASULULLAH”

Tahukah kamu?

1. Rasulullah saw. bersabda, “Setiap nabi memiliki kesatria dan kesatriaku adalah Zubair.” (HR. Bukhari)
Hadits di atas diucapkan Rasulullah saw setelah Zubair bin Awwam berhasil 3X menyusup ke benteng Yahudi sendirian dan memata-matai isinya. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai pendekar andalan nabi, dia tak hanya mahir dalam pertarungan namun juga memiliki skill infiltrasi (penyusupan) dan spionase (memata-matai) yang hebat bagaikan prajurit pasukan elit.

2. Keberaniannya jauh di atas manusia normal. Bahkan Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib yang terkenal kuat dan pemberani mengakui kehebatannya.
Menurut Umar bin Khattab, Zubair termasuk 1 dari 4 orang yang masing-masing kekuatannya setara 1000 orang.

3. Ali bin Abi Thalib, berkata “Zubair adalah orang yang paling berani. Tidak ada yang mengetahui kadar orang yang besar kecuali orang yang besar.” Maksudnya adalah Ali tahu betapa pemberaninya Zubair karena dia sendiri juga pemberani.

4. Ciri khasnya dalam pertempuran adalah dia membawa 2 pedang di kiri dan kanan. Selain itu, dia punya tombak kecil yang di taruh di punggungnya. Tombak ini runcing di kedua sisinya dan khusus digunakan untuk menghadapi musuh yang kuat.

5. Dalam peperangan, dia biasanya bukan di barisan depan melainkan di depan barisan.
Seringkali ketika pasukan muslimin dan musuh sudah dalam posisi berhadapan, sebelum komandan memerintahkan menyerang, Zubair sudah maju duluan mendekati musuh. Bukan menyerang melainkan beratraksi memamerkan skillnya di depan barisan pasukan musuh.

6. Setelah mendengar teriakan takbir tanda perintah menyerang dari komandan pasukan muslim yang berada jauh di belakangnya, ga pake lama, ga pake nunggu, Zubair langsung menerjang barisan pasukan musuh. Sementara teman-temannya sedang berlari mendekat menyerbu pasukan musuh, Zubair udah bacok-bacokan duluan di kerumunan musuh.
Sehebat-hebatnya Zubair dia tidak pernah sok jagoan & bertindak gegabah.

7. Gara-gara aksi Zubair semacam ini, mental lawan nge-drop duluan. Mereka yang harusnya fokus menghadapi pasukan muslim di depan, malah jadi gagal fokus, barisan kacau, formasi pasukan bubar, sehingga tentara muslimin bisa menyerang dengan mudah.

8. Menurut para sahabat, kekuatan utama pasukan kaum muslimin ada di 3 orang yaitu Zubair, Hamzah, dan Ali.

9. Walaupun jagoan, Zubair selalu menjaga penampilan. Dia selau pakai baju bersih dan rapi termasuk ketika sedang berperang. Malaikat Jibril kadang mendatangi Rasulullah saw dalam wujud manusia. Namun dia tidak sembarangan menjelma. Jibril hanya mau menyerupakan dirinya dalam wujud 2 orang sahabat yaitu Zubair yang terkenal selalu menjaga penampilan dan Dihyah Al Kalbi, sahabat paling tampan se-Madinah.
10. Di Perang Badar, ada seorang prajurit Quraisy yang menggunakan baju besi di seluruh tubuh sehingga hanya terlihat matanya, bahkan kudanya pun menggunakan pakaian besi. dia punya skill langka yaitu mampu menggunakan pedang yang sangat panjang seperti galah. Para sahabat berusha mengalahkannya dengan susah payah tapi tak berhasil. Selain jangkauan serangannya yang jauh, pertahanannya juga sangat sulit ditembus. Dia bebas menebas musuhnya, sedangkan semua serangan tak mempan kepadanya. Ketika Rasulullah saw mendengar tentang ini, beliau memerintahkan Zubair untuk membereskannya.

Kira-kira bagaimana cara Zubair mengalahkan orang ini?

Sementara si orang Quraisy itu sedang asyik bacokin orang-orang yang tidak bisa membalas, Zubair mencari celah. Ternyata satu-satunya bagian yang tak tertutup adalah matanya. Zubair menyiapkan tombaknya, setelah mendapat kesempatan dia lempar dan mengenai tepat di antara kedua mata lawannya itu, menancap hingga tembus ke belakang.
Setelah lawannya mati, Zubair kesulitan mengambil tombak yang menancap di kepala orang itu hingga tombaknya bengkok.

11. Peristiwa kematian Zubair ini terjadi pada Kamis, 10 Jumadil Akhir tahun 36 H.

12. Walaupun dia mengikuti semua pertempuran di jaman Rasulullah dan para sahabat, walaupun dia sudah mengalahkan entah berapa ratus atau mungkin berapa ribu orang kafir, namun ternyata Zubair justru meninggal di tangan orang muslim yang zalim. Hal ini menunjukkan bahwa mati dalam keadaan dizalimi termasuk mati syahid.

13. Zubair meninggalkan harta sebanyak 50.200.000 dirham.

Kita umat Islam punya tokoh-tokoh hebat yang nyata dan lebih layak dijadikan Idola.
Dari Ibnu Mas’ud ia berkata: “Ada seorang lelaki datang kepada Rasulullah lalu berkata: “Ya Rasulullah, bagaimanakah pendapat Rasul mengenai seorang yang mencintai sesuatu kaum, tetapi tidak pernah menemui kaum itu?” Rasulullah bersabda: “Seorang itu beserta orang yang dicintainya. (HR.Bukhari)
Marilah belajar sejarah agar tidak salah pilih tokoh idola!
Marilah kita nge-fans kepada Rasulullah saw dan para sahabat agar bisa dipertemukan dengan mereka di surga nanti.

sumber:
Sahabat-Sahabat Rasulullah karya Syaikh Mahmud Al Mishri
SIrah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurahman Al-Mubarakfuri
66 Orang yang Dicintai Rasul karya Prof. Dr. Muhammad Bakar Ismail



#GEMAZumratulAkhyar
#GEMAkeren2018
________________________________
-GEMA Zumratul Akhyar 2018-

Line : @kvu4684t
Instagram : gemaunpad
Youtube : Geological Muslim Association
Blog : http://Blogs.unpad.ac.id/gemaunpad