[ AMALAN SUNNAH WANITA KETIKA HAID ]


Hikmah haid bagi muslimah adalah merupakan training atau latihan, karena muslimah pada akhirnya akan mempunyai anak dan harus membersihkan kotoran pada anaknya yang masih bayi,maka Allah SWT memberikan training berupa haid, sehingga nantinya terbiasa dalam merawat bayinya.

Dari Aisyah r.a. Menyatakan: “Kami mengalami haid ,Maka Kami diperintahkan oleh Rasulullah SAW untuk mengqadha shaum dan tidak diperintahkan untuk mengqadha solat.” (H.R. Bukhari-Muslim/Dalam Shahih Jami No. 3514).

Banyak ibadah sunnah lainnya yang dianjurkan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu:

1. Menyediakan dan memberi ifthar (hidangan berbuka), kepada orang-orang yang shaum baik bagi anggota keluarga maupun saudara-saudara umat Islam
Ifthar adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, karena mengandung pahala yang besar dan kebaikan yang berlimpah.

2. Menjauhi Larangan Agama
Muslimah yang bijak tentunya berupaya memanfaatkan setiap detik ketika bulan Ramadhan walaupun ketika sedang haid, dan terhalang menunaikan shaum masih mendapat pahala yaitu dengan berusaha menjauhi segala yang dilarang oleh Agama,dan berusaha menjaga lisan dengan tidak menggunjing dan selalu berusaha berkata-kata yang manfaat.

3. Memperbanyak Berdoa dan Berdzikir Sepanjang Hari
Berdoa dibulan ramadhan adalah sangat mustajab, dan sangat dianjurkan, tentunya sebagai muslimah juga memanfaatkan waktu dengan senantiasa memperbanyak berdoa dan bedzikir setiap saat, Allah SWT Berfirman: “Dan Rabbmu Berfirman: Berdoalah Kepada-Ku Niscaya akan Aku perkenankan bagimu.” (QS. Al-Mu’min: 60).

4. Mengingatkan anggota keluarga dalam kebaikan, terutama saudara laki-laki agar senantiasa solat berjamaah dimesjid
Rasulullah SAW Bersabda: “Dan jikalau mereka mengetahui apa-apa yang ada dalam solat Isya dan shubuh niscaya mereka mendatangi keduanya bahkan mereka akan mencintainya.”

5. Mengingatkan anggota keluarga untuk menunaikan solat sunat terutama solat sunnat dhuha dan solat sunat qiyamul lail
Sebagaimana kita telah ketahui bersama bahwa solat sunnat dhuha dan solat sunnat qiyamul lail adalah merupakan ibadah yang dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW.

6. Menyibukkan diri menuntut Ilmu yang bermanfaat
Salah satu kreteria wanita solehah adalah selalu bersemangat dalam menuntut ilmu, semangat dalam mengamalkan ilmu nya, dan semangat dalam mengajak orang lain agar mengamalkan ilmunya, dengan demikian di bulan ramadhan ini walau terhalang dengan tidak shaum seyogiyanya menyibukkan diri meluangkan waktu untuk bersemangat menuntut ilmu yang manfaat dunia dan akhirat.

So, ukhti jangan sampe haid atau nifas dijadikan alasan untuk gak beribadah ya?

Sumber:
Amal.com

#SyiarMuslimah
#GeologicalMuslimAssociation
#AyoBeramalBaik