[ Aku dan Hijrah Zaman Now ]

Kini kita telah berada pada zaman “muslimah ngaji” menjadi jutaan, hijab menjadi pujian, dan kata “Hijrah” menjadi banggaan. MasyaAllah, nampaknya syariat Allah tidak lagi asing bahkan diminati, sunnah Nabi tidak lagi didebati bahkan diindahi.

Dan inilah “Aku dan Hijrah Zaman Now”

Jika dahulu shahabiyah berhijab karena Allah Ta’ala, aku berhijab karena mengikuti trend modern hari ini. Niatku sesungguhnya bukan karena perintah Allah dalam QS. An-Nuur : 24,31 dan QS. Al-Ahzab:59. Buktinya, aku tak menghafalkan ayat itu atau sekedar menghafal terjemahannya, aku belum cukup membaca tafsirnya apalagi mentadabburinya.

Ya inilah “Aku dan Hijrah Zaman Now”

Jika muslimah di zaman Nabi dan sahabat menutup kain ke seluruh tubuhnya dan seutuhnya, aku berhijab karena ingin dilihat. Aku ingin seisi dunia dan jagad maya tahu bahwa aku sedang belajar menjadi baik

Inilah “Aku dan Hijrah Zaman Now”

Dulu, muslimah zaman Nabi menutup diri dari celah fitnah dan senantiasa menyembunyikan kecantikan dirinya. Aku di zaman now mengumbar fitnah kemana-mana dengan hijab gelapku yang anggun, hijabku yang lebar berkibar-kibar di akun social mediaku, mataku yang indah berhias cadar menggugah misteri untuk para ikhwan, gambarku yang siluet dan dari belakang memberi kesan yang dalam dan eksotis kemudian kuberi caption ayat-ayat Allah, hadits-hadits Nabi, dan kata-kata mutiara. Sungguh sebenarnya yang ingin kusampaikan memang kebaikan tapi kupadukan dengan memamerkan diriku pada khalayak bahwa aku telah berhijrah.

Aku mengaku mengikuti Ummahatul Mu’minin namun aku lupa ternyata Ummahatul Mu’minin bermahkota rasa malu, sampai-sampai mereka jika berbicara dengan lelaki lain berada di balik tirai hijab, tidak saling melihat apalagi saling menatap, apalagi mengobrol basabasi. Sedangkan aku membuka semua celah percakapan dengan lawan jenis tanpa rasa malu. Aku berdalih “tidak ngapa-ngapain kok!” aku lupa bahwa syaithan itu licik bahkan syaithan mengalir hingga ke darah manusia.

Inilah aku dan aku menyadari bahwa selama ini aku salah, padahal aku pernah mendengar bahwa Rasulullah SAW bersabda “Sesungguhnya amalan itu bergantung dari niatnya.” Maka apa yang bisa kubanggakan dari hijrahku ini jika ternyata usahaku menutup diri ternyata sia-sia di sisi Allah hanya karena sesuatu yang tersembunyi di dalam hatiku, ialah niatku!
Apa yang bisa kubanggakan sementara muslimah di zaman Nabi harus meneteskan darah, air mata, sujud yang panjang disepertiga malam untuk menegakkan perintah Allah, sementara aku hanya berbekal membaca sedikit dan mendengar kajian sedikit, banyak tertawa bercanda, lalu dengan pedenya bermodal hijab saja kuyakin akan masuk Syurga? Bagaimana mungkin!

Kusadari bahwa muslimah zaman Nabi senantiasa berbekal dengan tarbiyah Nabi, mereka senantiasa menghias diri dengan mengilmui Al-Quran dan sunnah sedalam-dalamnya hingga hijab di mata mereka adalah jihad dan perjuangan mereka. Sementara aku? Apa yang bisa aku banggakan dengan hijrahku? Aku hadir di majelis ilmu sekadar meramaikan dan pencitraan, bagaikan buih di lautan yang banyak namun tak ada artinya.

Semoga yang berperan “aku” dalam tulisan ini bukanlah engkau yang sedang membaca tulisan ini. Jika engkau sedikit tersinggung maka muhasabahlah dan kenalilah dirimu wahai muslimah yang cantik nan shalihah, taatilah perintah Tuhanmu sesungguhnya Ia Maha Melihat lagi Maha Mengetahui. Ia mengetahui yang tersembunyi dalam hati dan semua amalan kecil dan besar, dan menghisab semuanya.

Dan wanita yang sejati ialah yang menyadari fitrahnya sebagai muslimah yang indah, senantiasa menjaga kehormatannya, rasa malunya, dan menaati Rabb semesta alam. Semoga Allah memberikan taufiq-Nya, menunjukkan pada kita jalan yang lurus dan meneguhkan kita di atasnya. Bertaqwalah kepada Allah dimanapun kita berada, barakallahufiikunna jami’an. Wallahu Ta’ala a’lam

Sumber : ukthy_Ria Mardiah (https://www.wattpad.com/511243314-muslimah-hijrah-aku-dan-hijrah-zaman-now)

#GEMAZumratulAkhyar
#GEMAkeren2018
________________________________________________
-GEMA Zumratul Akhyar 2018-

Line : @kvu4684t
Instagram : gemaunpad
Youtube : Geological Muslim Association
Blog : http://Blogs.unpad.ac.id/gemaunpad