NURSING as a HUMAN SCIENCE and HUMAN CARE Telaah filosofis terhadap keperawatan sebagai profesi

F.Sri Susilaningsih*

Kata kunci : keperawatan,profesi,paradigma,holism,humanism,caring

PENDAHULUAN

Keperawatan saat ini tengah mengalami masa transisi panjang yang tampaknya belum akan segera berakhir. Keperawatan yang awalnya merupakan vokasi dan sangat didasari oleh mother instinct – naluri keibuan, mengalami perubahan / pergeseran yang sangat mendasar atas konsep dan proses, menuju keperawatan sebagai profesi. Perubahan ini terjadi karena tuntutan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan secara umum, perkembangan IPTEK dan perkembangan profesi keperawatan sendiri.

Keperawatan sebagai profesi harus didasari konsep keilmuan yang jelas, yang menuntun untuk berpikir kritis-logis-analitis; bertindak secara rasional – etis; serta kematangan untuk bersikap tanggap terhadap kebutuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan. Keperawatan sebagai direct human care harus dapat menjawab mengapa seseorang membutuhkan dan dapat dibantu melalui keperawatan; domain keperawatan dan keterbatasan lingkup pengetahuan serta lingkup garapan praktek keperawatan; basis konsep dari teori dan struktur substantif setiap konsep menyiapkan substansi dari ilmu keperawatan sehingga dapat menjadi acuan untuk melihat wujud konkrit permasalahan pada situasi kehidupan manusia dimana perawat/keperawatan diperlukan keberadaannya.

Secara mendasar, keperawatan sebagai profesi dapat terwujud bila para profesionalnya dalam lingkup karyanya senantiasa berpikir analitis,kritis dan logis terhadap fenomena yang dihadapinya; bertindak secara rasional-etis; serta bersikap tanggap/peka terhadap kebutuhan klien sebagai pengguna jasanya. Akan tetapi pergeseran-pergeseran ini membawa konsekwensi dan segudang pertanyaan untuk dijawab : Apakah benar keperawatan itu profesi, kalau ya pertanyaan yang kemudian muncul adalah apa fokus telaahannya, , lingkup garapan dan basis intervensinya, pada sirkumstansis seperti apa intervensi keperawatan dibutuhkan, atau secara singkat how nurses facilitate the health of human beings? Apakah keperawatan itu ilmu? Kalau demikian apa objek formilnya; objek materiilnya; konsep-konsep apa yang mendasari building block nya; melalui proses metodologi seperti apa ilmu keperawatan tsb ditemukan dan dibangun.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tsb diperlukan telaah terhadap esensi keperawatan didasarkan pada berbagai konsep yang melandasi perkembangan berbagai teori-teori keperawatan. Berbagai teori keperawatan mengemuka sejak Florence Nightingale (notes on nursing), Virginia Henderson (the activities of living) , Callista Roy (Adaptation Model), Dorothea Orem (Self-care model), M.Leininger (transcultural nursing), Jean Watson (human science and human care) dan masih banyak lagi.

Tulisan ini mencoba menelaah keperawatan dengan teori Jean Watson sebagai pegangan utama, karena alasan : 1) paradigma keperawatan menekankan manusia sebagai fokus sentral, 2) dari teori-teori keperawatan yang mengemuka, ada konsensus umum bahwa disiplin keperawatan menekankan a holistic and humanistic viewpoint with a fundamental ethic of caring.

ESENSI PROFESI

Profesi, secara historis dikaitkan dengan pendidikan tinggi atau institusi pembelajaran dan membawa implikasi pada tingkat kemampuan tertentu yang dicapai melalui proses studi dan riset. Lebih lanjut, ada kesepakatan umum bahwa profesionalisme berkaitan langsung dengan keahlian, otonomi dan pelayanan. Seorang professional bertindak secara konsiensius, paham dan mengerti apa yang dilakukannya dan bertanggung jawab terhadap dirinya dan orang lain (Perry & Potter,2005:7). Profesi mempunyai katarkeristik utama :

• Profesi mensyaratkan pendidikan yang memadai untuk meletakkan dasar-dasar professional bagi para praktisinya

• Profesi mempunyai pengetahuan , konsep dan teori sebagai landasan untuk mengembangkan ketrampilan , kemampuan dan norma-norma

• Profesi mempunyai bidang garap dan layanan yang spesifik, serta standar sebagai acuan • Anggota profesi mempunyai otonomi dan kewenangan untuk mengambil keputusan terhadap hal-hal yang menjadi lingkup garap keprofesian

• Profesi mempunyai kode etik untuk menuntun anggota profesi dalam menjalankan aktifitas profesionalnya, serta melindungi masyarakat konsumennya. Karakteristik tersebut akan menjadi penciri bagi para profesional dalam menjalankan peran dan fungsinya. Peran dan fungsi yang diemban para profesional sejalan dengan domain profesionalnya, dalam hal ini menyangkut tiga hal pokok yaitu fokus telaahan , lingkup garapan dan basis intervensi. Ketiga domain profesi ini menjadi landasan bagi para profesional untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, seperti diketahui bahwa profesi ada karena keberadaannya dibutuhkan masyarakat sehingga terjadi hubungan timbal balik antara masyarakat profesi dan masyarakat konsumen,hubungan saling percaya antara keduanya dibangun dan dibina sehingga melalui hubungan ini tumbuh pengakuan masayarakat terhadap profesi dan pengakuan tersebut melekatkan status dan privelege pada masyarakat profesi. Di pihak lain , pengakuan – status dan privelege ini membangun komitmen para profesional untuk ”menginvestasikan” diri dan hidupnya bagi karyanya melayani masyarakat, dengan demikian pada akhirnya penciri profesi akan melekat pada gaya hidup,perilaku dan personality; dan kehidupan profesional dapat berujung pada income,prestige dan power. Dalam konteks ini ketiga hal tersebut dapat bermakna bahwa melalui profesinya seseorang dapat hidup layak, bangga pada profesinya dan melalui aktifitas profesinya dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat.

MAKNA dan PARADIGMA KEPERAWATAN

Paradigma, dalam Chaska (1990:167,) dikemukakan sebagai “ a world view or general perspective for viewing some complexity of the real world that becomes embedded in the orientation of those who subscribe to the paradigm” atau apa yang dikemukakan Kelly 2003:194 sebagai Ways of looking at (Conceptualizing a Discipline (ex.Nursing) in a clear, explicit term that can be communicated to others” Apabila pengertian paradigma tersebut dikaitkan dengan keperawatan, maka dapat dikatakan sebagai keyakinan dan cara pandang terhadap berbagai konsep yang mendasari the real world of nursing , sehingga dengan memahami nilai-nilai yang menjadi dasar keyakinan dan cara pandang tersebut akan menuntun orientasi konsep dan aplikasi praktisnya. Para penggagas teori keperawatan menyepakati bahwa ada empat konsep yang menjadi elemen utama paradigma keperawatan yaitu : manusia, lingkungan, sehat/kesehatan dan keperawatan (Chaska,2003;Perry & Potter,2005) dan manusia merupakan fokus sentral dari paradigma keperawatan (George,1980). Keempat elemen dari paradigma ini diwujud-nyatakan dengan dijiwai oleh prinsip holism, humanism dan caring.

Keperawatan.

Esensi keperawatan, seperti dirumuskan oleh American Nurses Association (ANA,1980) adalah Diagnosis and treatment of human responses to actual and potential health problems atau dapat diinterpretasikan sebagai diagnosis dan perlakuan pada respon manusia terhadap masalah klesehatan baik yang sifatnya aktual maupun potensial. Dari rumusan tersebut ada beberapa hal pokok yang membutuhkan penjabaran makna lebih lanjut, yaitu : diagnosis dan perlakuan, respon manusia dan masalah kesehatan.

Diagnosis adalah careful,critical study of something to determine its nature (NANDA,2001). Diagnosis merupakan kesimpulan terhadap suatu keadaan yang dilakukan melalui proses pengkajian dalam hal ini terdiri dari tahapan-tahapan pengumpulan data, analisis dan kesimpulan. Diagnosis keperawatan (ICN,1987) adalah label given by a nurse to the decision about a phenomenon which is the focus of nursing intervention atau dapat diinterpretasikan sebagai rumusan yang dibuat berdasarkan keputusan terhadap fenomena yang merupakan fokus dari intervensi/perlakuan keperawatan.

Jadi diagnosis keperawatan disini berbeda dari diagnosis medik ;diagnosis keperawatan tidak menentukan jenis penyakit yang diderita oleh seseorang tetapi menentukan fenomena apa yang dialami oleh seseorang, hal ini antara lain dapat berkaitan dengan penyakit atau keadaan lain dari rentang sehat-sakit. Fenomena atau fokus telaahan ini merupakan aspect of health of relevance to nursing practice. Potter & Perry (2005:58) mengemukakan fenomena sebagai aspects of reality that can be consciously sensed or experienced. Dari dua pendapat tadi dapat dikemukakan bahwa fenomena merupakan aspek dari realitas yang dapat dirasakan atau dialami. Dalam suatu disiplin, fenomena mencerminkan domain atau territory. Domain dikatakan sebagai …the perspective and territory of the discipline and contains the subject , central concept, values and beliefs, phenomena of interest and the central problems of the discipline. Secara spesifik ini menyangkut tentang human responses to health and illness either potential or actual ……these human responses range broadly from health restoring reactions to an individual episode of illness to the development of policy in promoting the longterm health of a population ….. Fenomena dalam hal ini respon manusia terhadap masalah kesehatan atau rentang kondisi sehat-sakit, secara individual client dapat berupa respon terhadap penyakit misalnya kanker leher rahim; maka proses mendiagnosis pada keperawatan menekankan pada apa/bagaimana respon klien secara utuh terhadap kondisi tersebut. Melalui aktifitas pengkajian keperawatan (nursing assessment) ditelaah bagaimana respon fisiknya : apakah menimbulkan nyeri, bagaimana intensitas dan kwalitas nyerinya, seperti apa polanya, apakah nyeri ini menyertai terganggunya pola aktifitas atau tidak terpenuhinya kebutuhan dasar yang lain? Yang berikutnya adalah kajian terhadap respon psiko-sosialnya : apakah yang bersangkutan tahu apa yang dideritanya, apa makna kanker ini baginya, apakah keberadaan kanker leher rahim ini menyebabkan fungsi peran nya (role function) terganggu, dalam kapasitasnya sebagai apa – ibu,istri? Bagaimana respon emosionalnya terhadap keberadaan kanker leher rahim ini, atau berada pada tahapan manakah : denial (penolakan)- anger (marah)- bargaining (tawar menawar)- depression (kesedihan yang mendalam)- ataukah sudah pada tahap acceptance (menerima). Kajian secara utuh respon bio-psiko-sosio-spiritual harus dilakukan, sejalan denagn pandangan dasar keperawatan terhadap manusia yang unik dan utuh, dihadapkan pada kanker leher rahim yang sama responnya berbeda-beda. Untuk menentukan kebutuhan dasar apa yang tidak terpenuhi (lingkup garapan keperawatan/ domain profesi) dan bagaimana potensi yang bersangkutan untuk mengatasinya.

Kebutuhan dasar manusia ini (basic human needs) ini meliputi antara lain kebutuhan udara (oksigen); nutrisi; cairan dan elektrolit; eliminasi; rasa nyaman; rasa aman (safety and security); interaksi; hygiene personal; mobilitas fisik. Kesimpulan terhadap kondisi terpenuhi tidaknya kebutuhan dasar manusia (KDM) inilah yang disebut dengan diagnosis keperawatan.

Diagnosis keperawatan menjadi basis intervensi atau bentuk perlakuan dan bantuan keperawatan yang harus dilakukan perawat, terhadap kliennya, apakah secara mandiri ataukah secara kolaboratif tergantung dari esensi permasalahan dan kompleksitasnya. Rumusan diagnosis keperawatan dapat meliputi rangkaian pernayataan tentang problem-etiology-symptom (PES); problem-etiology (PE); atau problem –symptom (PS). Sangat tergantung pada rumusan diagnosis keperawatan, perlakuan keperawatan (nursing intervention) dapat berupa upaya promotif,preventif,caratif (dari care) dan restoratif. Ini seperti pula diuraikan oleh ICN (International Council of Nursing), nursing as an integral part of health care system encompasses the promotion of health,prevention of illness, and the care of physically ill,mentally ill and disable people of all ages, in all health care and other community settings …. Bantuan keperawatan (nursing intervention) ini diberikan apabila seseorang berada pada kondisi self-care deficits (Orem,1980) yaitu apabila self care demand melampaui self care ability atau seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia (KDM)nya secara mandiri baik karena tidak adanya kemampuan, kemauan dan atau pengetahuan… the unique function of the nurse is to assist the individual, sick or well (or to a peaceful death) in the performance of those activities in such a way that he/she can perform unaided if he/she has the necessary strength,wll or knowledge (V.Henderson, 1967).

 Dengan menggunakan pandangan dasar terhadap tiga konsep yang lain dalam paradigma keperawatan, maka intervensi keperawatan sebagai bentuk pelayanan professional memperhatikan nilai-nilai harkat dan martabat manusiawi (humanism), perlakuan yang utuh/ tidak terfragmentasi (holism/wholeness) dan menekankan caring sebagai jiwa dari keperawatan (the heart of nursing).

MANUSIA sebagai FOKUS SENTRAL

Keperawatan sebagai sains tentang human care didasarkan pada asumsi bahwa human science and human care merupakan domain utama dan menyatukan tujuan keperawatan. Sebagai human science keperawatan berupaya mengintegrasikan pengetahuan empiris dengan estetia, humanities dan kiat/art (Watson,1985). Sebagai pengetahuan tentang human care fokusnya untuk mengembangkan pengetahuan yang menjadi inti keperawatan, seperti dinyatakan oleh Watson (1985) human care is the heart of nursing atau Leininger (1984) yang menekankan caring is the central and unifying domain for the body of knowledge and practices of nursing.

Pandangan tentang keperawatan sebagai sains tentang human care adalah komprehensif. Ini termasuk pengembangan pengetahuan sebagai basis dalam area-area :

  • Pengkajian terhadap kondisi manusia
  • Eksplikasi dari pengalaman manusia dengan, dan responnya terhadap berbagai kondisi sehat-sakit
  • Telaah terhadap pengelolaan kondisi-kondisi yang menyertainya
  • Deskripsi dari atribut-atribut caring relationship
  • Studi tentang sistem untuk bagaimana human care mesti diwujudkan

Dalam eksplikasi sains tentang human care pencarian harus termasuk beragam metoda untuk memperoleh pemahaman utuh dari human phenomena. Pencarian ini harus memfasilitasi integrasi pengetahuan dari biomedical,perilaku,sosiokultural, seni dan humaniora untuk menemukan pengetahuan keperawatan baru. Melalui strategi integrasi dan analisis, dunia objektifitas dapat dihubungkan dengan dunia subjektif dari pengalaman manusia untuk mencapai linkage ini. Perspektif tentang human science memberi kesempatan bagi pemikir/peneliti keperawatan untuk melakukan telaah terhadap keilmuan keperawatan dan arahnya, guna meletakkan dasar-dasar subject matter serta tanggung jawab ilmiah dan sosialnya. Melalui perspektif ini, kajian terhadap makna,nilai etika tentang manusia, kesehatan dan keperawatan dapat dilakukan.

Dalam konteks ini, pemahaman tentang human science berbasis pada : 

  •  Filosofi tentang kebebasan,pilihan dan tanggung jawab manusia
  • Biologi dan psikologi tentang keutuhan manusiawi (holism)
  • Epistemologi bukan hanya secara empiris tetapi juga pengembangan estetis,nilai-nilai etis,intuisi dan proses eksplorasi dan penemuan
  • Konteks hubungan,proses interaksi antar manusia

Melalui telaah terhadap berbagai aspek tersebut, keperawatan secara kritis harus mempertanyakan apakah arah pengembangan keilmuan dan profesi keperawatan dengan pendekatan medical science tepat ? Pendekatan ini lebih menekankan pada penggunaan konsep, pandangan dan tehnik-tehnik dari ilmu alam dan kedokteran yang diaplikasikan pada keperawatan. Dengan pendekatan ini, keperawatan baik secara keilmuan ataupun profesi akan terjebak pada pola pemikiran dan tindakan yang mudah terfragmentasi pada struktur dan fungsi organ, penyakit dan tehnik-proseduril tertentu. Ini tidak sejalan dengan prinsip dan pandangan keperawatan tentang holism,humanism and caring.

Keperawatan sebagai human science mengintegrasikan keilmuan dengan nilai-nilai keindahan, seni/kiat , aspek etis dan estetis dari proses caring antar manusia. Keperawatan dapat berkembang dengan fondasi filosofis yang lebih bermakna berbasis pada nilai-nilai manusiawi. Melalui ini harus dipilih metoda yang memungkinkan untuk melakukan kajian terhadap makna diri bukan hanya secara objektif tetapi juga subjektif dari diri perawat sendiri maupun orang lain. Dalam konteks ini, kajian keperawatan lebih memfokuskan pada manusia dengan masalah dan pengalaman hidupnya (i.e.health and illness) dari pada sekedar perilaku,tehnik dan proseduril yang sering tidak manusiawi. Dengan demikian, pola ini akan memperluas pemikiran dan memungkinkan untuk mengembangkan gambaran baru tentang makna sebagai manusia, perawat, pengalaman sakit, pengalaman dirawat/disembuhkan, memberi dan menerima human care

Manusia.

Dalam pandangan keperawatan manusia diyakini sebagai person as a whole, as a fully functional integrated self. Dalam konsep holism ini, manusia dilihat sebagai sosok yang utuh, …..the human is viewed as greater than, and different from, the sum of his or her parts …. (Watson,1985:14) yang bermakna bahwa keberadaan berbagai aspek dari diri seorang manusia, secara bersama-sama berfungsi dan berespon untuk mewujudkan keutuhannya. Karena keutuhan ini maka manusia itu unik, berbeda dari manusia lain. Manusia juga diyakini sebagai sistem terbuka (openned system), yang berinteraksi dengan manusia lain dan lingkungannya secara dinamis, berkesinambungan dan itu semua penting untuk perkembangan personalnya.

Pandangan dasar tentang manusia ini, yang dalam paradigma keperawatan merupakan fokus sentral pada saatnya memberi arah pada eksplorasi tentang human science , human responses (to health and illness) dan human care serta menuntun perawat untuk memahami dan memperlakukan manusia lain (klien) secara utuh, unik dan manusiawi.

Sehat/Kesehatan .

Sehat seperti dinyatakan WHO adalah a state of complete physical,mental and social wellbeing, not merely the absence of disease or infirmity, atau dikatakan sebagai kondisi yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial dan tidak sekedar bebas dari penyakit dan kelemahan. Definisi tersebut mengandung makna bahwa sehat merupakan kondisi multidimensi yang paling tidak mencakup lima dimensi yang berbeda sebagai standar minimal untuk dinyatakan sebagai sehat (sempurna) yaitu kesehatan fisik, mental (fungsi emosional dan intelektual) fungsi sosial, fungsi peran dan persepsi umum tentang wellbeing. Konsep lain dikemukakan oleh Pender (1996:18) mengutip Dubos mengemukakan sehat sebagai a state or conditions that enables the individuals to adapt to the environment; the degree of health experienced is dependent to one’s ability to adjust to the various internal and external tensiona that one faces. Dari kutipan tersebut sehat dikatakan sebagai kondisi yang memungkinkan bagi seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungannya; “tingkatan” kondisi sehat yang dialami tergantung pada kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap berbagai tekanan baik internal maupun eksternal yang dihadapi.

Watson (1985:48) menyatakan sehat sebagai unity and harmony within the mind,body and soul. Its also associated with the degree of congruence between the self as perceived and the self as experienced, Such a viewed of health focuses on the entire nature of the individual in his or her physical,social.esthetic and moral realms-instead of just certain aspects oh human behavior and physiology. Definisi tersebut mengungkap bahwa sehat merupakan kondisi yang utuh dan selaras antara badan,pikiran dan jiwa; dan ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian antara diri yang dipersepsikan dan diri yang diwujudkan. Pandangan tentang kesehatan berfokus pada individu secara utuh meliputi hal-hal yang bersifat fisik,sosial,etis dan moral, tidak sekedar berfokus pada aspek-aspek perilaku dan fisiologi manusia semata. Sedangkan Carieri &Co.(1980) dalam bukunya Basic Human Needs menyatakan sehat sebagai a state in which needs are being sufficiently met, dalam hal ini seseorang dikatakan sehat bila kebutuhan dasarnya terpenuhi. Dalam hal sehat-sakit sebagai suatu rentang, Halbert Dunn seperti dikutip Pender (1996:19) mengemukakan bahwa sehat optimum atau dalam istilahnya disebut high level of wellness merupakan an integrated human functioning that is oriented toward maximizing the potential health of which the individual is capable- this requires that the individual maintain balance and purposeful direction within the environment where he is functioning. Konsep tersebut menekankan peran lingkungan bagi seseorang untuk memaksimalkan kesehatan potensialnya melalui integrasi berbagai fungsi manusiawinya, dan untuk ini seseorang perlu mempertahankan keseimbangan dan arah dalam lingkungan dimana ia berfungsi.

Dari beberapa konsep sehat (dan sakit/illness) diatas dapat dikemukakan beberapa hal prinsip antara lain :

  • Sehat menggambarkan suatu keutuhan kondisi seseorang yang sifatnya multidimensional, yang dapat berfluktuasi tergantung dari interrelasi antara faktor-fkator yang mempengaruhi
  • Kondisi sehat dapat terwujud bila kebutuhan dasar manusiawinya terpenuhi
  • Kondisi sehat dapat dicapai karena adanya kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan baik internal maupun eksternal
  • Sehat tidak dapat dinyatakan sebagai suatu kondisi yang berhenti pada titik tertentu, tetapi berubah-ubah tergantung pada kapasitasnya untuk berfungsi pada lingkungan yang dinamis
  • Sehat sebagai suatu kondisi keseimbangan yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh (manusia) karena keberhasilannya menyesuaikan diri terhadap pengaruh-pengaruh yang dapat mengganggu (agent,environment).

Dalam konteks rentang sehat sakit, ada tiga faktor utama yang berperan yaitu host, agent dan environment. Agent merupakan substances or factors which have been related directly or indirectly to some particular disease state (Spradley & Allender,1997:254). Agent yang dapat berupa bahan, elemen (biologis,nutrient,kimia,fisikal atau mekanis) keberadaan/ketiadaannya setelah terjadi kontak yang efektif dengan susceptible human host pada kondisi lingkungan yang mendukung akan berfungsi sebagai stimulus terhadap proses menjadi sakit. Terminologi ini pada umumnya untuk mendiskripsikan infectius agent, sedang untuk non infectius agent merupakan bagian dari environment (lingkungan).

Lingkungan.

Lingkungan dikatakan sebagai the aggregate of all external conditions and influences affecting the life and development of an organism, human behavior and society (Leavell & Clarck,1965:57), dalam hal ini segala kondisi eksternal yang melingkupi kehidupan seseorang, berpengaruh terhadap hidup dan perkembangan organisme, perilaku manusia dan masyarakat. Spradley & Allender (1997) mengemukakan bahwa lingkungan terdiri dari empat elemen utama yaitu lingkungan fisik, biologis, sosial dan ekonomi. Lingkungan fisik meliputi iklim, udara, struktur geologi dan geografi. Lingkungan fisik seperti iklim dan udara mempengaruhi manusia seperti temperatur panas dan dingin yang ekstrim; bau, tingkat kebisingan yang tidak favourable bagi manusia untuk menjalankan aktifitas dan kehidupan; sehingga perlu ada upaya kontrol agar manusia dapat menjalankan fungsi fisiologisnya secara optimal. Lingkungan yang berkenaan denagn struktur geologi dan geografi- apakah merupakan area yang aman dan nyaman bagi manusia untuk tumbuh, berkembang dan menjalani aktifitas kehidupannya; Lingkungan biologis merupakan segala sesuatu yang hidup baik binatang atau tanaman, yang melingkupi kehidupan seseorang. Berbagai jenis mahluk hidup non manusia dari banyak penelitian diketahui sebagai penyebab atau pembawa kuman penyakit tertentu; Lingkungan sosial ekonomi, kedua hal ini sosial dan ekonomi saling tergantung dalam hubungannya dengan lingkungan. Lingkungan sosial berkaitan dengan lingkup asosiasi/pergaulan seseorang dan karena kondisi sosial ekonomi merupakan faktor penentu pada lingkup/eksistensi sosial seseorang maka lingkungan sosial dan ekonomi dikaitkan satu dengan yang lain. Ada pandangan mendasar tentang hubungan dua hal ini, yaitu makin rendah status sosial-ekonomi makin tinggi prevalensinya terhadap penyakit; atau ada asosiasi antara rendahnya pendapatan dan kerentanan tetrhadap penyakit meskipunn tingginya pendapatan tidak menjamin bahwa seseorang terjaga kesehatannya. Oleh karenanya perhatian harus diberikan pada bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi proses terjadinya penyakit dan ketidak seimbangan. Menempatkan lingkungan sebagai salah satu elemen utama paradigma keperawatan berarti bahwa pemahaman terhadap konsep lingklungan dibutuhkan sehingga kajian terhadap dampaknya pada ketidak seimbangan fungsi-fungsi manusiawi diperhitungkan dan program pengurangan resiko (risk reduction program) sebagai upaya prevensi dapat diwujudkan.

KEPERAWATAN SEBAGAI PROFESI

Menelaah esensi profesi dan esensi keperawatan , penulis sampai pada telaah eksistensi keperawatan sebagai profesi:

1. Profesi mensyaratkan pendidikan yang memadai untuk meletakkan dasar-dasar professional bagi para praktisinya. Pendidikan yang memadai memang mengandung multi tafsir, sangat tergantung pada konteks dan jamannya. Pada era Florence Nightingale dan sesudahnya pendidikan yang memadai cukup dimaknai dengan latihan ketrampilan dan perlakuaan layak bagi orang sakit , kemampuan tersebut lebih ditekankan pada karakteristik vokasi yang saat itu diemban. Dengan perkembangan kompleksitas masalah yang dihadapi manusia dalam rentang sehat sakit dan relasinya dengan kekinian, pendidikan yang memadai dimaknai sebagai sejauh mana pendidikan keperawatan dapat menyiapkan para profesionalnya memberi solusi pada masalah-masalah kritis baik secara klinis ,manajerial maupun pada tatanan kebijakan. Kapasitas ini ditumbuhkan dan dibangun melalui kompetensi kognitif,afektif dan psikomotor secara komprehensif guna menelaah fenomena yang dihadapi / dialami klien sebagai manusia, merumuskan diagnosis dan mengambil keputusan, serta menentukan perlakuan yang etis-rasional dan musiawi.

Kompetensi ini pada dasarnya dibangun untuk menjamin bahwa pelayanan profesional yang diterima masyarakat aman dan berkualitas. Kemampuan-kemampuan profesional ini harus ditumbuhkan pada lingkungan pendidikan tinggi , dan secara universal pendidikan keperawatan memang tumbuh pada lingkungan yang dipersyaratkan ini (di beberapa negara pendidikan keperawatan sudah sampai pada level doktoral, di Indonesia sampai level magister), sehingga kapasitas profesional memang selayaknya melekat pada para praktisi keperawatan.

 

2.Profesi mempunyai pengetahuan , konsep dan teori sebagai landasan untuk mengembangkan ketrampilan , kemampuan dan norma-norma. Dari paparan esensi keperawatan diatas berbagai konsep dan teori telah mengemuka , sejak Florence Nightingale (1859) mengemukakan bahwa disease is a reparative process dan imbalances between patient and physical environment frustates energy conservation and decreases the capacity for health , Virginia Henderson (1961) yang menulis tentang …the unique function of the nurse is to assisst the individual, sick or well, in the performance of activities contributing to health or its recovery ( or to a peaceful death) that he would perform unaided if he had the necessary strength,,will or knowledge… dari tulisan ini ada beberapa konsep penting dan pada akhirnya memberi landasan untuk membangun kapasitas professional, antara lain bahwa bantuan keperawatan bukan hanya bagi orang sakit tetapi juga orang sehat dalam menjalankan aktifitas (kesehatannya) yang tidak dapat dilakukan apabila seseorang tidak punya kemampuan, kemauan atau pengetahuan.

Dalam konteks ini bantuan keperawatan diperlukan apabila seseorang tidak mampu,tidak mau, atau tidak tahu bagaimana menjalankan aktifitas untuk mencapai dan mempertahankan kondisi sehat. Hal penting lain adalah bantuan keperawatan diarahkan untuk membantu agar pasien menjadi mandiri dalam menjaga kesehatannya. Pernyataan tersebut memberi implikasi bahwa peran yang disandang perawat care provider ,educator dan motivator. Konsep penting yang juga mengemuka dari tulisan tersebut adalah bantuan keperawatan bukan hanya berhenti pada kondisi sembuh tidaknya seseorang dari sakit, tetapi …to a peaceful death ….menyongsong kematian secara damai dan bermartabat. Tidak seperti profesi lain bila seseorang tidak lagi dapat disembuhkan kemudian angkat tangan, tetapi pendampingan klien diambang kematian agar yang bersangkutan dapat melalui fase-fase denial (penolakan) – anger (marah) – bargaining (tawar-menawar dengan Tuhan) – depresi – sampai menerima sehingga pada akhirnya siap dan dapat menyongsong kematian secara damai , menjadi tanggung jawab perawat.

Penggagas teori yang lain, Dorothea Orem mengemukakan tiga teori yang saling berkaitan yaitu self-care, self-care deficit dan nursing systems. Konsep yang mendasari teori ini adalah bahwa pada dasarnya seseorang mempunyai kebutuhan akan provisions dan manajemen aktifitas self-care nya (sesuai dengan tingkat tumbuh kembangnya) secara terus menerus untuk dapat mempertahankan hidup, kesehatan dan memulihkan diri dari sakit. Apabila karena berbagai sebab , kemampuan self-care nya (self care ability) tidak sebanding dengan tuntutannya (self care demand) maka akan terjadi self-care deficit. Apabila terjadi self-care deficit inilah bantuan keperawatan dibutuhkan. Bantuan keperawatan ini diberikan dengan acuan nursing systems yang dirancang melalui tiga bentuk intervensi yaitu wholly, partially compensatory atau supportive-educative .Wholly nursing system merupakan bentuk intervensi keperawatan yang dilakukan melalui bantuan secara total , dalam konteks ini pasien tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya sendiri sehingga perawat mengambil alih – memberikan bantuan secara menyeluruh. Kondisi ini terajadi bila ketiga aspek – kemampuan,kemauan, dan pengetahuan- nya berada pada tingkat deficit. Partially compensatory nursing system, merupakan bentuk bantuan keperawatan yang sifatnya parsial, klien masih mempunyai kemampuan-kemauan dan atau pengetahuan tetapi tidak cukup untuk membantu dirinya sendiri dalam memenuhi kebutuhan dasarnya. Sedangkan bantuan yang sifatnya suportif-edukatif merupakan bentuk bantuan yang sifatnya untuk memberdayakan kapasitas klien dalam memenuhi kebutuhan dasarnya melalui pendidikan dan atau motivasi. Berbagai bentuk intervensi keperawatan tsb sesuai dengan kompleksitas masalahnya dapat dilakukan secara independen maupun interdependen (kolaboratif). Intervensi keperawatan yang sifatnya independen menyangkut masalah pasien yang murni dalam lingkup garap keperawatan, sedangkan intervensi interdependen menyangkut masalah yang mempunyai keterkaitan dengan lingkup garap profesi lain. Intervensi kolaboratif , menekankan prinsip equality dari ketiga dimensi, yaitu dimensi tanggung jawab, dimensi kewenangan dan dimensi afeksi.

Penggagas teori lain, Maidelin Leininger dengan teorinya transcultural nursing mengemukakan konsep tentang latar belakang budaya sebagai aspek yang sangat berpengaruh terhadap perilaku sehat seseorang, intervensi keperawatan karenya harus menyertakan pandangan dan latar belakang budaya klien sebagai pertimbangan.

Jean Watson merupakan penggagas teori yang banyak mempengaruhi pendekatan keperawatan dan meletakkan dasar humanism pada keseluruhan aspek bidang kajian keperawatan. Konsep yang dikemukakan tentang esensi manusia dengan keutuhan dan sifat-sifat kemanusiaannya serta esensi caring menjadi fondasi bagaimana seharusnya perawat memperlakukan manusia lain (termasuk pasien/klien) dan diri sendiri.Ada sepuluh carative factors , yang mestinya menjadi pembentuk perilaku caring yaitu :

  • Forming a humanistic – altruistic
  • Instilling faith & hope
  • Cultivating sensitivity to one’s self
  • Developing a helping – trust relation
  • Expressing & feeling
  • Using creative problem-solving caring process
  • Promoting interpersonal teaching – learning
  • Providing a supportive, protective, or corrective mental-phisical sociocultural & spiritual environment Assisting with the gratification of human needs
  • Allowing for existential-phenomenologic forces

Dari kesepuluh carrative factors diatas, Caring dalam keperawatan menyangkut upaya memperlakukan klien secara manusiawi dan utuh sebagai manusia yang berbeda dari manusia lainnya (Watson,1985) ini berkenaan dengan proses yang humanitis dalam menentukan kondisi terpenuhi tidaknya kebutuhan dasar manusia dan melakukan upaya pemenuhannya melalui berbagai bentuk intervensi yang bukan hanya berupa kemampuan teknis tetapi disertai “warmth, kindness, compassion”

3. Profesi mempunyai bidang garap dan layanan yang spesifik, serta standar sebagai acuan. Dari paparan terdahulu dalam tulisan ini , dikemukakan bidang garap (domain) profesi menyangkut tiga aspek yaitu fokus telaahan, lingkup garapan , basis intervensi. Fokus telaahan keperawatan adalah respon manusia dalam menghadapi masalah kesehatannya, baik yang sifatnya actual maupun potensial; Lingkup garapan keperawatan adalah kebutuhan dasar manusia, penyimpangan dan upaya pemenuhannya; basis intervensi keperawatan adalah ketidak mampuan- ketidak mauan- dan ketidak-tahuan klien akan masalah kesehatan, bagaimana seharusnya berespon atau bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dasarnya dan potensi untuk memenuhi nya serta mendayagunakannya. Untuk dapat menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan domain profesi, diperlukan seperangkat atribut profesi termasuk diantaranya standar profesi yang merupakan acuan bagi perawat untuk bertindak dan berperilaku professional. Didalam profesi keperawatan, ada tiga jenis standar yaitu standar struktur, standar proses dan standar hasil. Standar Struktur merupakan acuan kriteria kualifikasi perawat, persyaratan kerja dan berbagai perangkat kerja yang harus memenuhi kualitas tertentu; standar proses merupakan seperangkat acuan untuk setiap langkah prosedur yang diperlukan perawat dalam menjalankan profesinya, sedangkan standar hasil adalah acuan outcome yang semestinya sesuai dengan kriteria tolok ukur pencapaian apabila standar struktur dan standar proses dipenuhi.

4. Anggota profesi mempunyai otonomi dan kewenangan untuk mengambil keputusan terhadap hal-hal yang menjadi lingkup garap keprofesian. Otonomi berkenaan dengan kemandirian untuk melakukan peran profesional sesuai dengan lingkup kewenangannya. Kewenangan merupakan dasar legal untuk bertindak. Kewenangan (authority) dapat diperoleh melalui tiga cara yaitu By expertise,by position dan by situation. Idealnya kewenangan by expertise yang menjadi dasar legal untuk bertindak, tetapi di keperawatan ada berbagai kelemahan, diantaranya karena didalam karya kesehatan, perawat menjadi satu-satunya pekerja professional yang menjalankan tugas pendampingan klien selama 24 jam, pada akhirnya banyak fungsi harus yang dijalankan disertai hanya dengan kewenangan by position atau by situation, dan pada kebanyakan kasus apabila ditelaah lebih lanjut hanya merupakan tugas limpahan. Apakah kondisi yang seperti ini dapat diterima secara professional ? Bagaimana mekanisme pertanggung gugatan untuk fungsi-fungsi yang dilakukan sejalan dengan tugas limpahan ? Bagaimana kompensasi income untuk tugas limpahan? Banyak hal yang masih harus ditelaah secara multidisiplin tentang peran yang berkaitan dengan otonomi dan kewenangan ini.

5. Profesi mempunyai kode etik untuk menuntun anggota profesi dalam menjalankan aktifitas profesionalnya, serta melindungi masyarakat konsumennya. Etik diartikan sebagai …the reasoned analysis and disciplined inquiry of relationships underlying the moral code of a particular group…(Joel,Lucille A,2003:216). Etik mencari dan menemukan jawaban terhadap apa yang harus dipertimbangkan, apa yang harus dilakukan pada suatu situasi tertentu. Ada beberapa area inquiry yaitu deskriptif, normative dan metaetik. Area deskriptif etik, mengidentifikasi, menjabarkan dan menjelaskan fenomena dari keyakinan dan perilaku moral. Pengambilan keputusan etis pada situasi kritis dalam asuhan keperawatan adalah salah satunya. Etik normative berkenaan dengan acuan benar atau salah ; meta etik mengkaji inquiry etis . Ini lebih merupakan teori etik dari pada teori tentang perilakuetis. Kajian yang berkaitan dengan makna advocacy,accontability, dan prinsip-prinsip etik adalah bagian dari meta etik. Secara bersama ketiga area etik dapat digunakan untuk menelaah fenomena (seperti euthanasia). Etik deskriptif untuk menelaah fenomena moral dari euthanasia, kemudian menggunakan etik normatif untuk berargumen tentang akontabilitas moral dari perawat, dan akhirnya menggunakan meta etik untuk menjelaskan makna akontabilitas dalam praktik keperawatan tsb. Secara sederhana etika berkenaan dengan pengkajian kehidupan moral secara sistematis dan dirancang untuk melihat apa yang harus dikerjakan, apa yang harus dipertimbangkan sebelum tindakan tsb dilakukan, dan ini menjadi acuan untuk melihat suatu tindakan benar atau salah secara moral. Terdapat beberapa prinsip etik dalam pelayanan kesehatan dan keperawatan ,yaitu : • autonomy (penentu pilihan) • nonmaleficence ( do no harm) • beneficence (do good) • justice (perlakuan adil) Keempat prinsip terebut harus senantiasa menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terutama yang menyangkut dilemma etis : apakah otonomi klien dihargai ; apakah keputusan ini mencegah konsekuensi bahaya; apakah tindakan ini bermanfaat , untuk siapa; apakah keputusan ini adil ? Untuk alasan moral, hak-hak klien harus dihargai dan dilindungi. Hak-hak tersebut menyangkut kehidupan,kebahagiaan, kebebasan,privacy,self-determination,perlakuan adil dan integritas diri.

Dalam konteks pelayanan, klien berhak terhadap layanan/asuhan, informed concent, kerahasiaan, kualitas hidup, meninggal dengan bermartabat. Martabat dalam konteks ini memperlakukan klien tanpa mempertimbangkan status, keyakinan,pandangan politik dan keagamaan serta jenis kelamin. Etika profesi keperawatan mengandung pertimbangan moral suatu keputusan klinis yang membutuhkan analisis nilai-nilai filosofis dan pertimbangan yang didasarkan pada prinsip-prinsip etika yang relevan.Etika profesi keperawatan membimbing perilaku dan tindakan profesional keperawatan. Kode etik profesi melindung masyarakat dari intervensi/tindakan yang tidak etis dan mengabaikan nilai-nilai moral; dan melindungi perawat dari tuntutan masyarakat.

PENUTUP

Menelaah esensi profesi dan karakteristik profesi pada esensi keperawatan sebagai human science dan human care, secara filosofis keperawatan benar keberadaannya sebagai profesi. Ada beberapa hal pada tataran praktis yang masih menjadi kelemahan dan karenanya perlu telaah dan pengembangan lebih lanjut terutama berkenaan dengan otonomi dan kewenangan keperawatan.

 KEPUSTAKAAN

  • Anderson,J.,1996,THINKING MANAGEMENT: Focusing On People,Victoria : Ausmed Publication Kemp,B., 1993, Fundamentals Of Nursing : A Frame Of Practice, Boston : Little Brown AndCo. Dochtsmar And Grace, 2001, Current Issues In Nursing, St. Louis : Mosby Inc.
  • Hodges, Et. Al., 1988 : Nursing From Education to Practice, Norwalk:Appleton An Lange
  • Mc. Closkes,J.,1994 : Current Issues In Nursing Joel,L.,2003, Dimensions of Professional Nursing, 9th ed.,New York : Mc Graw – Hill
  • Johnson,Megan-J,1994, BIOETHIC : A Nursing Perspective, 2nd Ed.,WB Saunders
  • Magnis-Suseno,F.,1991, Berfilsafat dari Konteks, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
  • Perry & Potter ,2005, Fundamentals of Nursing, Adelaide :Elsvier
  • Watson,J.,1985, Nursing : Human Science and Human Care Http://Amsn.Nurse.Com/Resource/Curricul.Htm, AMSN Official Position Statement On Identification Of The Register Nurse In The Work Place.
  • Http://Www.Nursing Power.Net/Nursing/Sps.Html: ANA-Nursing’s Social Policy Statement. Http://Www.Nursing World.Org/Ojin/Topic 15/Tpc 156.Htm Nursing And Scope Of Practice Of Registered Nurses Performing Complimentary Therapies.

 

*Penulis adalah staf edukatif Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

30 comments

  1. owh…artikel baguss..
    saia mahasisiswa angkatan dua sebuah stikes di bali..
    thx..
    sangat berguna bagi saia.

    good works

  2. thax a lot atas bloknya.
    ini membantu saya dmn saya kebingungan mencari tugas……….
    good job..
    thx,,,,

  3. blog anda sangat bagus…untuk tugas etik sy sangat terbantu…
    tapi bisa sy dikirimi file tt prinsip etik..terutama prinsip etik beneficence &non maleficence beserta perilaku perawat tt prinsip tersebut…
    mksh

  4. aduh mohon dong ditambain lagi!!! data-data mengenai peran perawat sebagai peneliti,motivasi,advokasi,dll. thak’s be4 yach!!!

  5. Thanks a lot. Sangat bermanfaat bagi rekan – rekan sesama perawat, baik di klinik maupun di pendidikan. Smoga trus eksis. Maju perawat Indonesia.

  6. ibu…Yuli di Jogja nich…tulisan ibu baru kebaca..bagus and bermanfaat banget.. jul sedang cari referensi/jurnal keperawatan tentang pemaparan klinik dini kok gak banyak ya…ibu bisa tolong gak….tks

  7. apa kabar, syukur kalau tulisan ini bermanfaat, tentang reference udah cari under topik early clinical exposure?

  8. Ibu..blog nya luar biasa, ibu saya minta tolong..saya sekarang sedang mencari materi tentang landasan konsep model teori Watson lebih lengkap lagi..ibu bisa ga bantu saya.?Tk

  9. Bu F.Sri, trimakasih atas tulisan ibu sebagai bahan untuk kita berbuat dan mudah-mudahan ibu terus menulis agar kami selalu ingat konsep dasar keperawatan yang ibu ajarkan…thank U very much

  10. wah slmt bu tulisannya bagus dan saya baca,,,, lama tidak bertemu … saya di stikes ppni mojokerto baru selesai mkep di ui 2008 dan istri saya sri sudarsih prog A 94 dah lulus s2 unair… kemarin….sya dengar bu f sri di ugm….

  11. Terimakasih,kunjungan dan sapaannya di blog saya yang belum sempat di update…thanks to dunia maya jadi kita bisa ketemu dan saling kirim info tentang perkembangan diri, SELAMAT ya sudah magister,salam tuk nyonya, dan selamat berkarya

  12. Ibu terima kasih yach…… apa yang dulu pernah ibu ajarkan, alkhamdulillah bermanfaat.
    Sekarang sy masih di R.ICU RSUD Kabupaten Indramayu juga sbg staf educatif di STIKES Indramayu. Moga Ibu tetap Sehat slalu dan bahagia sejahtera…….amin.

  13. mom tulisannya bagus… n bantu aku untuk mengkaji apa itu ilmu keperawatan dari sisi epistemologi, axiologi dan ontologinya…

  14. Salam,
    Senang sekali saya membaca tulisan ibu. Mohon ijin untuk memasukan tulisan ini sebagai bagian dari baha tesis saya. Saya mahasiswa ibu juga. Saya dari Cirebon, masih ingat dibenak saya kalau mau menulis selalu jelas buku sumber dan tidak boleh ‘jiplak’. sampai sekarang saya selalu ingat itu. Dulu saya sampai bawa satu dus untuk menebus kesalahan saya karena saya tidak bisa menjawab beberapa pertanyaan yang muncul di draf skripsi saya. Karena memang ada beberapa bahan tulisan yang saya jiplak dari karya tulis orang lain. Tapi sejak itu saya jadi tambah pinter karena dibimbing skripsi sama ibu.Dan yang pasti, sekarang pengalaman itu menjadi sangat berguna buat saya. Satu lagi: tentang ilmu kajian situasi dalam manajemen selalu saya terapkan dan bermanfaat untuk tugas-tugas say. Mohon kiranya ibu bisa menulis lagi di blog ini tentang konsep kajian situasi agar bisa menambah wawasan khususnya bagi pembaca yang membaca blog ini. Terimakasih. Dedy Ahmad S

  15. Hallo,makasih pak dedi kunjungannya, saya juga tidak lupa kok. Silahkan saja dikutip asal sumbernya dicantumkan. Untuk kajian situasi dan lainnya, nanti ya kalau sudah sempat

  16. Being that we already happen to be talking about things in the ball park of PEMIKIRAN KEPERAWATAN » Blog Archive » NURSING as a HUMAN SCIENCE and HUMAN CARE Telaah filosofis terhadap keperawatan sebagai profesi – Gagasan,konsep ,pengalaman dan abstrak penelitian dalam lingkup keperawatan , Different regions of the country attach different titles to those in this profession. Varying titles for a Nursing Assistant can be Nurse’s Aide, Orderly, Patient Care Technician, Home Health Aide, or Personal Care Assistant. All provide the same services of bathing, toiletry, dressing, meals, exercising, and administering medications, and all record vital signs and all care provided to each patient in their care, and report information and concerns to supervisory medical staff.

  17. Easily, the post is actually the best on this deserving topic. I fit in with your conclusions and will eagerly look forward to your upcoming updates.

  18. Pretty insightful post. Never thought that it was this simple after all. I had spent a good deal of my time looking for someone to explain this subject clearly and you’re the only one that ever did that. Kudos to you! Keep it up

  19. Pretty nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your blog posts. In any case I’ll be subscribing to your feed and I hope you write again soon!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>