Skip to content

Categories:

BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 1

KOMPARATIF PUBLIK ADMINISTRASI DAN HUKUM KOMPARATIF SEBAGAI SEBUAH SUMBER BELAJAR

Martin Eifert

Kompleksitas E-Government Di Luar Visi Dan Kebutuhan Untuk Saling Belajar

                Dengan berjalannya waktu masyarakat mengalamani perkembangan zaman yang mengakibatkan seluruh aspek masyarakat tradisional berubah menjadi masyarakat modern, salah satu pengaruh dari perkembangan zaman ini dapat dirasakan pada proses administrasi publik di dalam pemerintah  yang di tandai dengan adanya Pemerintahan Elektronik atau E-Goverment.

Dalam hal ini, pembentukan E-Goverment dilakukan dengan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet (TIK). Salah satu peranan E- Goverment dalam hal ini adalah untuk pendekatan yang agak teknis dengan cepat telah dicampur dengan orientasi pelanggan New Public Management (NPM) dan gagasan yang mapan memperkuat demokrasi dengan meningkatkan akuntabilitas publik.

Pemerintah elektronik merupakan suatu proses evolusi yang bertujuan untuk memantau layanan administrasi yang lebih efisien, transparan dan responsif secara elektronik di jendela tunggal dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari seminggu, yang merpakan salah satu cara layanan publik yang mengunakan pendekatan yang populer bagi masyarakat dan telah membantu memotivasi pejabat publik dalam membantu administrasi publik.

Tapi pendekatannya telah berfokus sangat banyak pada antarmuka antara administrasi publik dan warga negara, dan perusahaan dan sebagian besar pemerintah memeluk fokus ini sebagaimana adanya menjanjikan kesuksesan yang bernilai politis.

Administrasi Publik Komparatif Terapan Dan Menerapkan Hukum Komparatif Sebagai Kesempatan Untuk Belajar

Survei komparatif tentang administrasi publik sebagai bagian kelembagaan khusus sistem politik dan hukum sebagai sarana penting pemerintahan di Indonesia masyarakat modern dapat melayani berbagai tujuan (Constantinesco 1972: 331ff.). Dalam hal ini, artinya yang pertama dari semua tradisi ini yang telah berkembang secara sistematis pendekatan metodologis untuk studi komparatif dan akan selalu menjadi invalu- dasar untuk perbandingan tertentu.

Permasalahan Metodologis Spesifik Diterapkan Ilmu Komparatif Definisi Isu – Koordinasi Dan Kerja Sama

Ilmu komparatif yag dimaksud untuk mengambil  masalah sebagai titik awal seperti yng dijelaskan oleh Martin Eifert dalam target kebijakan seperti misalnya untuk bertahan dan meluasnya implementasi e-government. Karena hanya persyaratan khusus untuk administrasi publik dan peran hukum dan sarana panduan lainnya kontrol adalah topik yang sesuai, masing-masing untuk perbandingan mikro secara komparatif administrasi dan hukum komparatif, target harus dihubungkan secara masuk akal seperti itu pertanyaan. Selain didasarkan pada interkoneksi, interkoneksi yang sangat relevan, koneksi dengan target kebijakan, harus diungkapkan dengan cara yang fungsional, Sesuai aturan umum metode komparatif, hindari pengenaan sebuah pengertian spesifik, istilah atau konsep. Tentu yang terdapat dalam bersamaan, kerjasama dan koordinasi untuk menggambarkan fungsi organisasi umum yang ada secara independen dari sistem tertentu, sehingga masalah di bawah perbandingan memiliki jarak yang cukup dari sistem dibandingkan.

 

Indikator status maju dan potensi keberhasilan dalam implementasi e-government

Dalam hal koordinasi dan kerjasama dalam implementasi e-government, Kriteria umum harus menjadi keberhasilan negara-negara dalam e-government implementasi di satu sisi dan kerangka kelembagaan untuk pendekatan kerjasama dan koordinasi di sisi lain.

Indikator potensi transfer terkait pemerintah gabungan

Sedangkan kriteria proxy untuk estimasi keberhasilan bisa fokus secara luas dan besar pada faktor umum dan indikator keberhasilan penerapan kebijakan target, kecuali untuk faktor penting yang telah didefinisikan sebagai isu studi, kriteria proxy untuk transferability jauh lebih sulit didefinisikan dan evaluas. Kriteria proxy untuk transferability bergantung pada isu spesifik penelitian dan harus membahas faktor penghambat isu.

Menyerang keseimbangan antara kesamaan dan variasi

Pemeriksaan potensi transfer tidak berarti bahwa sampel hanya boleh terdiri dari negara-negara dengan potensi transfer tertinggi,seperti memungkinkan seseorang untuk mengesampingkan negara-negara yang mana terlalu berbeda untuk memungkinkan transfer yang berarti.

Dalam penelitian ini, kami telah menyaring delapan belas negara, dengan menggunakan penjelasan di atas kriteria proxy Skrining termasuk Australia, Selandia Baru, Singapura, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Austria, Swiss, Spanyol dan Italia. Akhirnya, kita dipilih Australia, Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Jerman, Inggris dan Perancis untuk ini studi terperinci.

Kategori Generik Panduan Dan Kontrol Yang Sesuai Titik Acuan Dalam Ilmu Komparatif

Setelah memilih isu dan sampel, diterapkan ilmu komparatif tidak berbeda secara signifikan dari ilmu perbandingan akademis murni. Beberapa hal yang telah dibahas di atas muncul lagi pada tingkat yang lebih rinci menganalisis isu spesifik di berbagai negara. Pertama, analisis tersebut harus mempertimbangkan aspek politik dan sosio-konteks budaya dimana isu ini tertanam. Konteks ini mencakup, tapi tidak terbatas pada jenis pemerintahan dan kerangka konstitusional dasarnya. Yang terakhir tren internasional mengenai modernisasi administrasi publik – NPM – telah menunjukkan pada tingkat empiris seberapa tepat konseptualisasi dan penerapan pendekatan umum dapat berbeda karena konteks yang berbeda di Indonesia berbagai.

Dengan fokus di bidang generik dan sumber daya generik, kita telah menjauhkan diri dari semua pengaturan khusus di negara-negara dan juga bisa membedakan fungsional setara di antara berbagai cara dan pengaturan. Dengan demikian, kategori nampaknya berbuah tidak hanya untuk studi banding yang diterapkan tapi juga untuk murni analisis akademis bermaksud untuk berkontribusi secara metodologis tercermin belajar bersama di bidang pengembangan e-government tingkat lanjut. Jika Ini membantu untuk mendapatkan diskusi internasional di luar tolok ukur, sudah bermanfaat.

 

Posted in Uncategorized.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.