Skip to content

Categories:

BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 9

Pemerintah Elektronik Sebagai Tantangan Untuk Kerjasama Antara Berbagai Tingkat Administrasi Publik

 

Martin Eifert dan Jan Ole Püschel

 

Banyak pertanyaan teknologi mengenai e-government telah dipecahkan. Pertanyaan utama berikutnya muncul pada awal tahap kedua: bagaimana memungkinkan implementasi e-government yang berkelanjutan yang menjamin solusi yang dapat direalisasikan secara nasional dan dapat direalisasikan secara finansial di seluruh kompetensi administratif. Terlepas dari struktur aktual pemerintahan dan administrasi publik, ini dipahami secara universal oleh semua negara sebagai masalah koordinasi dan kerjasama yang efektif antara pemerintah dan tingkat administratif yang berbeda. Namun, di semua negara, tuntutan semacam itu secara konsisten lebih maju daripada upaya aktual untuk memberikan solusi. Ini bahkan berlaku untuk negara-negara yang umumnya dibuktikan berada pada tahap pengembangan e-government yang relatif maju. Misalnya, di AS dan juga di Inggris, ada kesadaran tinggi akan perlunya kerja sama antar pemerintah antara semua tingkat pemerintahan sebagai prasyarat untuk penerapan e-government yang sukses dan ekspresif.49 Mengenai kemajuan aktual dalam hal ini Namun, ada defisit yang tinggi di kedua negara.50 Di Jerman juga terjadi peningkatan interaksi antara semua tingkat pemerintah (negara bagian / Länder / communi-ties), namun pendekatan sebenarnya terbatas.

Sebagai hasil dari ketidaksesuaian ini, kita bisa mengidentifikasi pendekatan dan pola, namun belum ada ‘model sukses’ yang berbeda. Keberhasilan model apa pun yang berasal dari pendekatan ini kemungkinan besar akan bergantung pada rinciannya dan, terutama, interaksi terpadu dari pendekatan yang berbeda.

Mengenai pola semacam itu, pengumpulan, pembangkitan dan penyebaran pengetahuan terutama muncul sebagai tanggung jawab kolektif dari tingkat superior administrasi pusat. Tanggung jawab ini muncul terlepas dari struktur pemerintahan federal dan administrasi publik, yang bagaimanapun tidak mengatur tindakan terkait informasi. Sarana sebenarnya, bagaimanapun, khususnya untuk pengumpulan informasi, tunduk pada distribusi kompetensi antara tingkat administratif.

Kami dapat mengidentifikasi pembangunan WAN dan portal terpadu, penetapan standar (khususnya untuk memastikan interoperabilitas), pengembangan bersama dan aplikasi, serta pengadaan terkoordinasi sebagai bidang peningkatan kebutuhan kerjasama dan koordinasi yang sebagian mengarah pada solusi pertama. . Perkembangan standar yang sangat penting ditandai dengan prosedur yang sangat kooperatif dan sebagian besar dilembagakan. Namun, saat ini, satu-satunya negara di mana implementasinya setidaknya dipastikan oleh hukum adalah Inggris.

Ini sesuai dengan pengamatan umum bahwa koordinasi antara otoritas dan tingkat administratif dimotivasi di atas segalanya dengan cara lunak seperti insentif finansial dan insentif lainnya dan dukungan yang diberikan oleh otoritas pusat.

Yang terakhir ini juga sesuai dengan pendekatan pengetahuan-manajemen. Mengingat cara ini, perbedaan antara negara-negara yang terpusat dan federal terorganisir belum terlalu penting. Namun, pertanyaannya akan tetap untuk saat ini apakah pendekatan lunak ini cukup efektif atau setidaknya bisa dibuat efektif, atau apakah instrumen kontrol dari kekuatan pengatur tidak akan menjadi kebutuhan setidaknya sebagai instrumen tambahan. Tingkat pengorganisasian tingkat komunal bisa menjadi faktor penentu dalam hal ini. Namun, jika spesifikasi hierarki dan pengikatan di masa depan lebih penting untuk koordinasi dan kerjasama, pengembangan lebih lanjut tentu akan lebih kuat dipengaruhi oleh pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan struktur konstitusional negara dan administrasi publik. Saat ini, bagaimanapun, semua negara bisa tetap belajar satu sama lain dengan memeriksa solusi lebih maju dari negara lain atas pertanyaan mereka sendiri yang belum terpecahkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk berkontribusi dalam pembelajaran bersama ini.

Posted in Uncategorized.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.