Skip to content

Categories:

BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 9

Pemerintah Elektronik Sebagai Tantangan Untuk Kerjasama Antara Berbagai Tingkat Administrasi Publik

 

Martin Eifert dan Jan Ole Püschel

 

Banyak pertanyaan teknologi mengenai e-government telah dipecahkan. Pertanyaan utama berikutnya muncul pada awal tahap kedua: bagaimana memungkinkan implementasi e-government yang berkelanjutan yang menjamin solusi yang dapat direalisasikan secara nasional dan dapat direalisasikan secara finansial di seluruh kompetensi administratif. Terlepas dari struktur aktual pemerintahan dan administrasi publik, ini dipahami secara universal oleh semua negara sebagai masalah koordinasi dan kerjasama yang efektif antara pemerintah dan tingkat administratif yang berbeda. Namun, di semua negara, tuntutan semacam itu secara konsisten lebih maju daripada upaya aktual untuk memberikan solusi. Ini bahkan berlaku untuk negara-negara yang umumnya dibuktikan berada pada tahap pengembangan e-government yang relatif maju. Misalnya, di AS dan juga di Inggris, ada kesadaran tinggi akan perlunya kerja sama antar pemerintah antara semua tingkat pemerintahan sebagai prasyarat untuk penerapan e-government yang sukses dan ekspresif.49 Mengenai kemajuan aktual dalam hal ini Namun, ada defisit yang tinggi di kedua negara.50 Di Jerman juga terjadi peningkatan interaksi antara semua tingkat pemerintah (negara bagian / Länder / communi-ties), namun pendekatan sebenarnya terbatas.

Sebagai hasil dari ketidaksesuaian ini, kita bisa mengidentifikasi pendekatan dan pola, namun belum ada ‘model sukses’ yang berbeda. Keberhasilan model apa pun yang berasal dari pendekatan ini kemungkinan besar akan bergantung pada rinciannya dan, terutama, interaksi terpadu dari pendekatan yang berbeda.

Mengenai pola semacam itu, pengumpulan, pembangkitan dan penyebaran pengetahuan terutama muncul sebagai tanggung jawab kolektif dari tingkat superior administrasi pusat. Tanggung jawab ini muncul terlepas dari struktur pemerintahan federal dan administrasi publik, yang bagaimanapun tidak mengatur tindakan terkait informasi. Sarana sebenarnya, bagaimanapun, khususnya untuk pengumpulan informasi, tunduk pada distribusi kompetensi antara tingkat administratif.

Kami dapat mengidentifikasi pembangunan WAN dan portal terpadu, penetapan standar (khususnya untuk memastikan interoperabilitas), pengembangan bersama dan aplikasi, serta pengadaan terkoordinasi sebagai bidang peningkatan kebutuhan kerjasama dan koordinasi yang sebagian mengarah pada solusi pertama. . Perkembangan standar yang sangat penting ditandai dengan prosedur yang sangat kooperatif dan sebagian besar dilembagakan. Namun, saat ini, satu-satunya negara di mana implementasinya setidaknya dipastikan oleh hukum adalah Inggris.

Ini sesuai dengan pengamatan umum bahwa koordinasi antara otoritas dan tingkat administratif dimotivasi di atas segalanya dengan cara lunak seperti insentif finansial dan insentif lainnya dan dukungan yang diberikan oleh otoritas pusat.

Yang terakhir ini juga sesuai dengan pendekatan pengetahuan-manajemen. Mengingat cara ini, perbedaan antara negara-negara yang terpusat dan federal terorganisir belum terlalu penting. Namun, pertanyaannya akan tetap untuk saat ini apakah pendekatan lunak ini cukup efektif atau setidaknya bisa dibuat efektif, atau apakah instrumen kontrol dari kekuatan pengatur tidak akan menjadi kebutuhan setidaknya sebagai instrumen tambahan. Tingkat pengorganisasian tingkat komunal bisa menjadi faktor penentu dalam hal ini. Namun, jika spesifikasi hierarki dan pengikatan di masa depan lebih penting untuk koordinasi dan kerjasama, pengembangan lebih lanjut tentu akan lebih kuat dipengaruhi oleh pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan struktur konstitusional negara dan administrasi publik. Saat ini, bagaimanapun, semua negara bisa tetap belajar satu sama lain dengan memeriksa solusi lebih maju dari negara lain atas pertanyaan mereka sendiri yang belum terpecahkan. Penelitian ini dimaksudkan untuk berkontribusi dalam pembelajaran bersama ini.

Posted in Uncategorized.


BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 7

Electronic government in Australia

Nico Roehrich and Mark Armstrong

The different tiers of government

Ada tiga tingkatan utama pemerintahan di Australia: federal, negara bagian dan lokal. Campuran bidang kompetensi agak rumit. Perbandingan yang sangat luas dapat dilakukan dengan distribusi kekuatan di federasi lain, seperti Jerman, Malaysia, Kanada atau Amerika Serikat. Bidang kewenangan sebenarnya unik, seperti di setiap federasi. Berikut ini adalah garis besar yang sangat singkat dari praktek e-government aktual di berbagai tingkatan.

Federal (Commonwealth)

Daftar utama kekuatan federal terkandung dalam bagian 51 dari Konstitusi Persemakmuran.3 Termasuk perdagangan dan perdagangan dengan yang lainnya negara, dan di antara negara-negara; perpajakan; ‘Pos, telegrafik, telephonic, dan lainnya seperti layanan ‘; dan pertahanan. Bagian 51 (v) Konstitusi mengamanatkan kekuasaan untuk mengatur hampir semua komunikasi elektronik. Secara teori, kekuatan bisa digunakan untuk mengatur semua e-commerce dan e-government.

Sebagian besar kekuatan federal yang diberikan oleh Konstitusi tidak eksklusif. Sebaliknya, mereka adalah kekuatan bersamaan yang dibagi dengan Amerika Serikat. Keunggulan dari pemerintah federal dalam wilayah kekuasaan bersamaan berasal dari ketentuan Konstitusi Persemakmuran bahwa di mana federal dan negara bagian undang-undang di salah satu konflik wilayah yang didefinisikan bersamaan, undang-undang federal akan menang. Di e-government, seperti di sebagian besar wilayah yang melibatkan beban atau usaha, pemerintah federal belum berusaha untuk menegaskan supremasi potensinya. Itu Kontrasnya adalah dengan area yang melibatkan manfaat, seperti perpajakan, di mana federal pemerintah telah menjalankan kekuasaannya sampai batas maksimal, sehingga tidak banyak jumlahnya ruang untuk Amerika.

State

Sementara pemerintah federal dominan dalam ekonomi nasional dan sosial Strategi, pengaturan konstitusional tetap sama dengan karakter hukum ketika Konstitusi Persemakmuran mulai berlaku pada tahun 1901. Enam Negara Bagian, bekas koloni Inggris, berkumpul untuk menciptakan entitas federal yang memberikan kekuasaan khusus pada pemerintah federal, mempertahankan wilayah lain dalam lingkup Negara, seperti sebelum tahun 1901. Keenam negara tersebut, secara berurutan dari ukuran populasi: New South Wales (NSW), Victoria, Queensland, Western Australia, Australia Selatan dan Tasmania. Pemerintah negara bagian utamanya bertanggung jawab atas sebagian besar layanan yang mempengaruhi warga negara, termasuk pendidikan, transportasi, penegakan hukum, pelayanan kesehatan dan pertanian, di antaranya banyak bidang lainnya Jadi, untuk keperluan praktis, mayoritas e-government terjadi di tingkat negara.

Local

Sebagai masalah praktis, pemerintah daerah adalah tingkat ketiga pemerintahan, namun memiliki tidak ada pengakuan dalam Konstitusi Persemakmuran. Dari sudut pandang teknis, pemerintah daerah berada dalam kekuasaan Amerika Serikat. Ruang lingkup kegiatan pemerintah daerah bervariasi dari Negara Bagian ke Negara Bagian, tergantung pada fungsi parlemen negara bagian manapun ditugaskan namun berbeda dengan Austraslia yang tidak seperti rekan-rekannya di tempat lain untuk negara, pemerintah daerah di Australia tidak bertanggung jawab atas kesehatan, pendidikan atau polisi.

Federal territories

Masih ada kategori pemerintahan lain, yang terdiri dari sepuluh wilayah federal; dan sulit untuk menggeneralisasi peran mereka. Mereka termasuk Utara Wilayah, yang beroperasi hampir untuk semua tujuan seolah-olah itu adalah Negara ketujuh, dan Australian Capital Territory, yang juga sebagian besar pemerintahan sendiri. Sana juga delapan entitas kecil termasuk Pulau Christmas (di Samudera Hindia) dan Pulau Norfolk (di Pasifik), yang bisa secara longgar dibandingkan dengan lokal daerah pemerintahan. Hal utama yang dimiliki wilayah adalah sama pemerintah federal memiliki otoritas tertinggi atas mereka semua.

Government agencies

Masing-masing merupakan departemen pemerintah dengan struktur dan sistem kepegawaian yang relatif konvensional, atau bagian dari departemen semacam itu. Bahkan Kantor Nasional Ekonomi Informasi federal (NOIE) memiliki banyak kesamaan praktis dengan departemen tradisional. Semua agensi laporkan ke menteri di pemerintahan terpilih, dan semua tunduk kebijakan pemerintah dan kontrol pendanaan. Secara umum, instansi yang bertanggung jawab e-government memiliki kekuatan terbatas dan tidak memiliki otoritas khusus. Sebaliknya, mereka bekerja dengan instansi pemerintah lainnya secara kooperatif.

Pendekatan umum untuk e-government paling baik digambarkan sebagai perguruan tinggi dari yang diamanatkan Kabinet dan menteri, di tingkat federal dan negara bagian dapat memaksa badan-badan tersebut bertindak melalui tekanan fiskal dan lainnya, namun Kolaborasi dipandang lebih produktif daripada hukuman. Di federal dan Tingkat negara, pengambil keputusan utama adalah menteri terkait. Dalam prakteknya, sikap menteri, dan isu utama Kabinet, akhirnya menentukan laju perubahan dan penekanan dalam melaksanakan program.

Roles of the different governments

Di Negara Bagian Victoria (populasi sekitar 5 juta), pemerintah Sistem Maxi sekarang mengolah jumlah konsumen yang besar dan terus bertambah transaksi per bulan Dari jumlah tersebut, 40 persen terjadi di luar jam kerja. Transaksi meliputi: registrasi kendaraan; kelahiran, kematian dan akta nikah; pendaftaran pemilih; pencarian judul untuk mendarat; pembayaran tarif pemerintah daerah; tagihan air dan listrik; dan denda parkir. Pemerintah Victoria online Strategi dilengkapi dengan program yang disebut ‘VicNet’, yang menyediakan gratis bantuan situs web ke organisasi nirlaba dan memberikan internet murah layanan dan pelatihan ke perpustakaan umum dan daerah pedesaan melalui fasilitas mobile (Tanner 2000).

Di tingkat federal, ‘Centrelink’ adalah satu dari sedikit lembaga yang memiliki luas berurusan dengan publik Centrelink menyediakan 140 layanan, termasuk pembayaran jaminan sosial Setiap tahun ia mendistribusikan pembayaran AUS $ 51 miliar. Pada tahun 2002, Centrelink memiliki 15 juta klik situs web, 6,5 juta janji temu, mengirim 97 juta surat dan memproses 23 juta panggilan telepon. Centrelink memiliki 6,4 juta pelanggan, hanya di bawah sepertiga orang Australia populasi. Setiap hari, Centrelink mendukung 14 juta catatan pelanggan dan 12 juta transaksi nasabah. Centrelink outsource AUS $ 1,7 miliar layak bisnis.

Cooperation between different tiers of government

Dengan hubungan yang kompleks antara tiga tingkat pemerintahan, mungkin saja demikian Diharapkan oleh analis belahan bumi utara bahwa akan ada yang sesuai mekanisme untuk memastikan kerjasama. Pola sebenarnya memiliki dua fitur: konsultasi tingkat tinggi tentang kebijakan dan strategi; dan relatif Kerja sama tidak terstruktur pada tingkat praktis. Ini telah menjadi masalah bagi bisnis besar, yang aktivitasnya dipengaruhi oleh semua tingkatan dari pemerintah di beberapa bidang utama, skema nasional yang terkoordinasi dirancang di akhir abad ke-20. Dua skema yang paling terlihat berhubungan dengan peraturan bisnis: Hukum perusahaan dan hukum persaingan usaha. Dalam setiap kasus, butuh beberapa tahun usaha untuk menuntaskan paket kesepakatan dan undang-undang federal-negara bagian. Disitu ada Tidak ada permintaan untuk skema federal serupa dalam kaitannya dengan e-business atau egovernment.

Badan yang membantu koordinasi dan kerjasama di tingkat kebijakan meliputi Dewan Online dan NOIE. Kerja sama praktis antara pejabat Negara, Organisasi pemerintah federal dan lokal biasanya baik. Pemerintah federal dan negara sebagian besar independen satu sama lain dalam kaitannya dengan layanan administrasi.

Arsip Nasional Australia adalah agen pemeliharaan standar metadata dari Australian Government Locator Service (AGLS). Standarnya adalah seperangkat sembilan belas deskriptif elemen yang dapat digunakan oleh departemen dan badan pemerintah untuk memperbaiki visibilitas dan aksesibilitas layanan dan informasinya melalui internet. Kelompok kerja yang membimbing pengembangan dan implementasi standar metadata terdiri dari perwakilan dari semua yurisdiksi pemerintah di Australia, serta pakar teknis. Standar itu sendiri didasarkan pada sumber online internasional terkemuka metadata penemuan standar, standar Core Dublin. Standar AGLS dikembangkan pada akhir 1997 dan awal 1998. Sementara Arsip Nasional adalah Badan utama untuk pengembangan AGLS dan penyebarannya, inisiatifnya adalah koperasi usaha antara pejabat NOIE dan Dewan Online.

Cooperation within government

Layanan yang melibatkan lebih dari satu instansi atau tingkat pemerintahan adalah fase e-government yang akan fokus pada integrasi layanan ini dengan lebih baik dari pelanggan perspektif. Unsur penting dari layanan terpadu ini adalah bahwa pelanggan harus diminta untuk hanya menangani satu titik akses ke berhasil lengkapi transaksi dalam dekade terakhir.

Kabinet menjalankan eksekutif. Terdiri dari para menteri senior, semua politisi terpilih, yang bertanggung jawab atas berbagai departemen pemerintah, dan bertanggung jawab atas kerusakan politik saat terjadi kesalahan. Sementara e-government bukan masalah yang terlihat, kesalahan dalam mengimplementasikannya tentu bisa menjadi masalah, di bawah judul umum ketidakmampuan atau limbah. Itulah salah satu alasan mengapa semua dokumen federal menekankan pendekatan kooperatif dalam preferensi terhadap Pendekatan wajib: ini mengurangi kemungkinan satu menteri atau pejabat bertanggung jawab atas kesalahan.

Seiring pergeseran fokus dari menawarkan layanan online kepada pemerintah secara lebih terpadu Pendekatan e-government, ada penekanan lebih besar pada pengembangan antar-pemerintah dan kerjasama agensi yang lebih besar. Biasanya, intraagency Kerja sama dibangun melalui hubungan pribadi dan praktis, bukan melalui sistem terorganisir atau didukung. Berikut ini adalah praktis contoh6 inisiatif, besar dan kecil, di mana ada alasan yang jelas untuk kerjasama dalam pemberian layanan.

Biotechnology Online

Situs ini dioperasikan oleh Biotechnology Australia, sebuah agen federal yang bertanggung jawab atas mengkoordinasikan kegiatan non-peraturan pemerintah dalam bidang bioteknologi. Itu agensi mencakup lima departemen federal serta tiga agen federal lainnya. Situs web ini terutama disusun untuk memberikan informasi kepada publik industri bioteknologi, baik untuk guru dan anak-anak. Situs webnya telah diproduksi bekerja sama dengan otoritas pendidikan di semua negara bagian dan teritori untuk memastikan kepatuhan terhadap semua kurikulum.

New South Wales emergency services initiative

Inisiatif Sektor Jasa Darurat NSW adalah contoh pengelompokan darurat layanan, didorong oleh kejadian seperti badai es yang merusak di Sydney di mana responnya tidak terkoordinasi. Kantor Teknologi Informasi NSW (OIT) sedang memeriksa komunikasi, pengiriman, pengambilan panggilan, operasi dan informasi sistem untuk keadaan darurat besar. Tujuannya adalah untuk menggunakan online dan IT sistem untuk mendukung respon multiagen, sehingga orang membutuhkan bantuan Sebaiknya hubungi hanya satu agensi, yang kemudian akan mengambil semua informasi yang relevan dan bagikan dengan agensi lain. Dalam kasus badai serius di masa depan, satu panggilan ke sistem akan meminta semua layanan yang diperlukan seperti ambulans, polisi, koordinasi lalu lintas, Pelayanan Darurat Negara (untuk menutupi atap), dan utilitas listrik, air dan telekomunikasi untuk memulihkan layanan penting.

Layanan ini merupakan kolaborasi antara perpustakaan Negara Bagian dan teritori dan Nasional Perpustakaan Australia Ini menyediakan layanan referensi online untuk umum. Graduate Recruitment Online

Government Electronic Market (GEM)

GEM adalah layanan pembelian pemerintah Australia Barat yang komprehensif, menyediakan sistem online end-to-end dimana pembeli pemerintah dapat melihat-lihat dan cari registry pemasok, cari katalog pemasok, minta informasi dan kutipan, memesan tempat dan meminta mereka disetujui secara online oleh agensi mereka, pesanan penerimaan, dan mengatur pembayaran ke pemasok.

NSW government licensing project

Proyek besar yang saat ini sedang dilaksanakan adalah mengurangi birokrasi untuk bisnis dan menghasilkan penghematan kepada pemerintah sekitar AUS $ 70 juta di bidang infrastruktur biaya. Di bawah proyek tersebut, 200 bisnis dan pekerjaan yang berbeda lisensi yang diberikan oleh dua puluh delapan badan pemerintah NSW akan datang bersama di bawah satu sistem yang menampilkan akses online. Proyek ini membutuhkan beberapa mendesain ulang rezim perizinan terkini, serta banyak amandemen legislatif untuk hukum perizinan.

Picture Australia

Ini adalah layanan berdasarkan indeks metadata yang diadakan di Perpustakaan Nasional di Indonesia Canberra, yang terhubung dengan gambar bergambar yang dipegang di situs-situs lembaga kebudayaan yang berpartisipasi di sekitar Australia. Layanan ini memiliki arsitektur hibrida dengan indeks pencarian terpusat dan gambar terdistribusi. Pengguna bisa mencari di pusat indeks metadata untuk kepentingan mereka, lihat gambar kecil hasil,kemudian pergi ke situs web agen yang berpartisipasi untuk melihat versi gambar yang lebih besar atau memesan salinan Proyek ini melintasi semua tingkat pemerintahan.

GrantsLINK

GrantsLINK adalah situs resmi pemerintah federal yang menawarkan tautan langsung ke informasi yang ada mengenai program hibah pemerintah. GrantsLINK juga menawarkan saran untuk menemukan sumber pendanaan terbaik dan mengisi formulir aplikasi.

 

Fishonline             

Layanan ini menarik perhatian pemerintah federal dan Tasmanian yang ditargetkan secara online layanan untuk menyediakan sumber utama informasi penangkapan ikan untuk rekreasi Pemancing Tasmania dan turis.

 

 

Patterns of cooperation and auditing

Kerja sama aktif biasanya terjadi dimana ada manfaat langsung bagi para pihakterlibat. Dalam beberapa kasus, ini mungkin adalah penerapan standar umum oleh semua agensi. Dalam kasus lain, ini mungkin berbasis partai ke pesta. Sebagian besar kekuatan diserahkan ke tingkat keagenan, memberi ruang lingkup kepada lembaga dalam bagaimana mereka menyusun hubungan mereka. Beberapa hubungan diatur oleh kontrak, seperti Centrelink’s penyediaan layanan untuk instansi lain, yang dilakukan atas dasar Bisnis Perjanjian Kemitraan. Hubungan lainnya kurang formal, seperti agensi berkonsultasi dengan pemangku kepentingan tentang pengiriman layanan elektronik.

Auditor pemerintah yang memiliki peran lebih independen, juga memantau kinerja inisiatif e-government. Sementara mandat utama mereka adalah untuk memastikan akuntabilitas dan kepantasan di pemerintahan umumnya, pekerjaan mereka mau tak mau membawa mereka untuk meneliti kualitas e-government.

Infrastructure for e-government

Tingkat infrastruktur Australia saat ini adalah cukup sesuai dengan layanan e-government yang ada saat ini. Ini Temuan ini didukung oleh studi internasional. Misalnya, penelitian yang diterbitkan oleh Economist Intelligence Unit yang berbasis di AS memberi Australia sebuah ‘E-Business Kesiapan ‘skor 8.29. Ini peringkat Australia kedua setelah Amerika Serikat (8.73) dalam hal penyediaan lingkungan yang kondusif bagi pembangunan Peluang e-bisnis.24 Pada bulan Juli 2001, diperkirakan 25 persen dari Warga Australia yang aktif menggunakan internet di rumah diperkirakan telah mengaksesnya layanan pemerintah federal secara online.

E-government strategies

Sebenarnya, Australia dikatakan tidak memiliki strategi nasional untuk egovernment. Strategi yang paling menonjol dan meluas adalah strategi pemerintah federal Perlu diingat bahwa strategi nasional penuh akan menjadi kombinasi dari strategi federal dan negara.Namun,  Victoria dan Queensland merupakan dua negara untuk merintis strategi online pemerintah di Australia.New South Wales, yang paling banyak negara berpenduduk padat, sering dianggap sebagai negara paling lambat untuk menerapkan proaktif kebijakan online, meski mempercepat prosesnya pada tahun 2002. Pemerintah federal pada awalnya sangat berhati-hati, namun mulai berakselerasi dengan pernyataan industri perdana menteri ‘Investing for Growth’, pada 1997.Pernyataan itu membuat sebuah komitmen atas nama pemerintah federal tunjukkan kepemimpinan dalam ekonomi informasi dengan mengadopsi teknologi online memberikan layanan yang lebih baik dan memperbaiki praktik bisnisnya sendiri.

Investing for Growth’ membentuk basis pemerintah federal pada bulan April 2000 Strategi Online.  Sasaran utamanya, untuk mengantarkan semua layanan federal yang tepat melalui internet dicapai. Sasaran yang sama diadopsi oleh pemerintah negara bagian.

Strategi e-Government menetapkan enam tujuan utama:

  • Mencapai efisiensi dan pengembalian investasi yang lebih besar;
  • Memastikan akses mudah ke layanan dan informasi pemerintah;
  • Memberikan layanan yang responsif terhadap kebutuhan klien;
  • Mengintegrasikan layanan terkait;
  • Membangun kepercayaan dan kepercayaan pengguna, dan;
  • Meningkatkan keterlibatan warga yang lebih dekat.

 

 

Cooperation in the federal sphere

Strategi Online dimaksudkan untuk memastikan bahwa ada keseluruhan pemerintahan pendekatan dengan mengartikulasikan tujuan dan prioritas bersama. Sebagai bagian dari pendekatan itu, pedoman telah ditetapkan untuk otentikasi, keamanan, privasi, metadata, penerbitan elektronik, pencatatan dan aksesibilitas. Strategi tersebut memberikan panduan kepada agensi tentang sifat komitmen, dan praktik terbaik untuk mencapainya Ada sedikit dorongan langsung untuk memberikan layanan aktual online.

Kepemimpinan dari puncak pemerintahan akan lebih efektif lagi.

Salah satu contoh kerja sama telah menjadi portal entry point bisnis www.business.gov.au. Ini adalah pintu masuk tunggal untuk formulir pemerintah, aplikasi dan pembayaran. Ini juga memberikan bantuan untuk memulai bisnis, perpajakan, pendaftaran usaha, hibah dan bantuan keuangan, lisensi, dan izin.

State strategies and targets

Inisiatif pemerintah negara bagian menetapkan target mereka sendiri, dan sementara itu diungkapkan Hal serupa dengan target nasional, mereka sangat independen terhadapnya. Untuk Misalnya, MMV memulai aktivitasnya sebelum ada dukungan federal untuknya inisiatif online pemerintah atau kerangka kerjasama apapun. Ini adalah umum lihat di luar pemerintah federal bahwa ini adalah pendekatan yang benar, karena Koordinasi antara berbagai tingkat pemerintahan masih sangat sulit. Ini adalah meskipun tingkat pengalaman dan pemahamannya meningkat dari manfaat egovernment.

Electronic signatures

Difusi tanda tangan elektronik telah didorong oleh pemerintah federal. Ada tiga elemen dalam strategi:

  • kerangka kerja untuk kunci publik penggunaan teknologi di pemerintahan yang disebut ‘Gatekeeper’;
  • pengakuan hukum tanda tangan elektronik; dan
  • mendorong penggunaan tanda tangan elektronik melalui pengadaan dan penanganan elektronik.

Gatekeeper

Strategi nasional disebut ‘Gatekeeper – strategi untuk teknologi kunci publik digunakan di pemerintahan ‘. Ini diluncurkan pada tanggal 6 Mei 1998.40 Seperti kebanyakan yang pertama fase strategi e-government nasional, asalnya berada di industri 1997 pernyataan ‘Investasi untuk Pertumbuhan’. Australia adalah salah satu negara pertama di Indonesia mengadopsi infrastruktur PKI di seluruh pemerintah. Gatekeeper menargetkan kebutuhan akan a kerangka teknologi kunci publik nasional (PKT) untuk mengotentikasi pengguna elektronik Pelayanan online. Ini menyediakan infrastruktur dimana pemerintah agensi dapat memastikan integritas, keamanan dan keaslian dalam transmisi informasi dan transaksi bisnis. Proses akreditasi Gatekeeper dikelola oleh peraturan cabang dalam NOIE.

Sampai saat ini, pengambilalihan sertifikat digital Gatekeeper telah dibatasi. Itu Masalah utama adalah biaya penyediaan tingkat otentikasi yang ketat yang dibutuhkan di bawah skema Juga, sebagian besar kebutuhan pengadaan federal didasarkan pada rantai pasokan vertikal, dan dalam banyak kasus, keamanan tambahan disediakan oleh Sertifikat digital belum dianggap perlu.

Legal recognition of electronic signatures

Undang-Undang Transaksi Elektronik federal 1999 didasarkan pada Model Law on Electronic Commerce yang diproduksi oleh Komisi PBB untuk Perdagangan Internasional Hukum. Hal ini memungkinkan komunikasi elektronik untuk memenuhi persyaratan hukum yang ada untuk penulisan, penandatanganan, pembuatan dokumen dan penyimpanan dokumen, tunduk pada persyaratan minimum tertentu. Ini adalah teknologi netral, karena memang begitu tidak membeda-bedakan berbagai bentuk teknologi. Undang-undang tersebut dikembangkan dalam konsultasi dengan negara bagian dan teritori.

Australian Taxation Office

Di Australia, agen pajak menyelesaikan sebagian besar pengembalian pajak atas nama pembayar pajak Untuk beberapa waktu, mereka semua berurusan secara elektronik dengan ATO. Individu memiliki pilihan untuk mengajukan pengembalian pajak tertulis atau online. ATO adalah otoritas sertifikasi yang memiliki kualifikasi Gatekeeper.

Australian Business Number Digital Signature Certificates

ABN-DSC adalah sertifikat digital yang terkait dengan entitas ABN. Hal ini dirancang untuk memfasilitasi pengiriman layanan online dan mendorong penggunaan sertifikat digital dan e-commerce di kalangan bisnis Australia. Sebuah ABN-DSC dikeluarkan untuk digunakan dengan satu agen federal dapat digunakan untuk menangani lembaga lain yang menawarkan transaksi online berdasarkan sertifikat tanda tangan digital. Sistem sedang diperluas ke negara bagian, teritori dan instansi pemerintah daerah. ABN-DSCs dapat diterbitkan oleh otoritas sertifikasi berkapasitas Gatekeeper manapun. ABNDSC memungkinkan instansi pemerintah untuk mengidentifikasi bisnis untuk transaksi online.45 Namun, penggunaan ABN-DSC masih terbatas. Penggunaan pertama ABN-DSCs terbatas pada pengembalian pajak penginapan dan dokumentasi lainnya secara elektronik dengan ATO.

Kemampuan untuk mengeluarkan ABN-DSC telah diperpanjang melampaui Gatekeeperaccredited otoritas sertifikasi. ABNDSCs Umumnya digunakan oleh bisnis bertransaksi satu sama lain pihak harus memastikan bahwa penggunaannya sesuai setiap saat dengan persyaratan ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Transaksi Elektronik. Namun,Belum jelas bagaimana penggunaan ABN-DSCs akan sesuai dengan undang-undang yang ada.Kegagalan untuk melakukannya akan berjalan risiko membatalkan seluruh transaksi.

Electronic signatures and e-health

Sebuah visi untuk menggunakan teknologi online untuk membangun sistem perawatan kesehatan yang lebih baik, kooperatif antara pemerintah federal dan negara bagian, tercantum dalam laporan tahun 2001 berjudul Health Online: Rencana Aksi Informasi Kesehatan untuk Australia. Sudah ada membantu mempromosikan pendekatan seragam nasional untuk menggunakan informasi dan teknologi komunikasi. Visi tersebut mencakup inisiatif seperti ‘HealthConnect’ dan ‘Better Medication Management System’. HealthConnect adalah sistem untuk menyimpan catatan medis secara elektronik, untuk memungkinkan informasi kesehatan pribadi yang akan dikumpulkan, disimpan dan dipertukarkan secara online dengan izin konsumen kesehatan individu.

Coordinates e-government

Artinya,  tanggung jawab sudah jelas Meski semua departemen dan agensi yang melayani mereka, pada akhir hari Kabinet federal dan Kabinet Negara Bagian pemerintah bertanggung jawab Di atas kertas, e-government mungkin tampak kecil total tanggung jawab Kabinet. Dalam prakteknya, ia menempati sedikit lagi perhatian. Kabinet telah belajar untuk memperhatikan karena ketika mereka tidak melakukannya, e-government merana. Juga, tingkat perubahan dalam pemerintahan Diperlukan oleh e-government cenderung menuntut perhatian. Akibatnya, semua senior menteri di pemerintah federal dan negara bagian memiliki tingkat yang segera bunga.

 

 

The Online Council

Pemerintah daerah dua kali setahun untuk membahas isu kebijakan terkait informasi tersebut ekonomi. Ini adalah pertemuan tingkat tinggi yang berfokus pada arahan dan tujuan, seperti tercermin dalam kerangka acuannya:

  • Memberikan kepemimpinan ke semua bidang pemerintahan, industri dan masyarakat pada umumnya dalam mempromosikan dan memfasilitasi komunikasi elektronik dan pengiriman layanan elektronik;
  • Untuk menyediakan sebuah forum untuk menteri pemerintah federal, negara bagian dan teritori dan pemerintah daerah untuk mempertimbangkan dan mencapai kesepakatan mengenai strategi nasional pendekatan terhadap penggunaan layanan informasi dan komunikasi.

The federal Minsterial Council for the Information Economy

Pada tingkat federal, koordinasi e-government agak formal, melalui Dewan Menteri untuk Ekonomi Informasi (MCIE). Itu dewan bertanggung jawab atas koordinasi seluruh pemerintah Australia partisipasi dalam ekonomi informasi. Dewan ini dipimpin oleh menteri untuk komunikasi teknologi informasi dan seni. Ini termasuk menteri dari hal yang paling memperhatikan e-government seperti treasury, trade, keuangan, kesehatan dan pendidikan. MCIE memiliki tanggung jawab sebagai berikut, konsultasi dengan negara bagian dan wilayah jika diperlukan:

  • Membingkai pendekatan terhadap e-commerce;
  • Merumuskan kerangka peraturan dan hukum yang komprehensif untuk mendapatkan informasi dan layanan online;
  • Mengembangkan lebih lanjut Strategi Informasi dan Strategi Informasi Nasional, menguraikan peran sektor publik dan swasta dan prioritas tindakan;
  • Mengawasi posisi pemerintah di forum internasional; dan,
  • Terus merancang cetak biru menyeluruh pemerintah Australia
  • Pemerintah sebagai pengguna utama informasi baru dan teknologi online.

 

National Office of the Information Economy and the State

Departments

NOIE adalah badan-badan yang mengelola transisi ke e-government. NOIE memainkan peran kunci dalam koordinasi dan fasilitasi kebijakan federal seperti Strategi Online. Departemen dan agen federal memiliki tanggung jawab utama untuk memastikannya peluang online direalisasikan, jadi NOIE jarang berada dalam posisi untuk mendikte sisa birokrasi. Sebagai agen federal, NOIE tidak memiliki kewenangan atas negara dan pemerintah daerah. Namun, hal itu telah membuat banyak usaha untuk membantu semua orang tingkat pemerintahan dalam memberikan pendekatan yang cukup konsisten. Untuk Misalnya, semua tingkat pemerintahan menggunakan standar metadata yang sama. NOIE punya Tanggung jawab langsung untuk pengembangan dan koordinasi nasehat kepadapemerintah federal mengenai masalah ekonomi informasi, termasuk:

  • Dampak teknologi informasi dan masalah komunikasi, termasuk isu yang berkaitan dengan teknologi, konvergensi industri, pengembangan industri dan kesenjangan digital;
  • Infrastruktur peraturan dan fisik yang dibutuhkan untuk layanan online, termasuk keamanan, privasi, otentikasi dan standar;
  • Penerapan teknologi baru terhadap administrasi pemerintahan, informasi dan penyediaan layanan;
  • Bantuan kepada badan-badan usaha dan pemerintah untuk memberikan layanan secara online;
  • Konsistensi posisi pemerintah yang berkaitan dengan informasi masalah ekonomi di forum internasional yang relevan;
  • Mempromosikan manfaat ekonomi informasi dan juga Australia posisi di dalamnya

Sebagai bagian dari restrukturisasi, fungsi dari mantan OGO dan Industri Divisi Pengembangan (dahulu bagian dari Departemen Komunikasi, Teknologi Informasi dan Seni) dimasukkan ke dalam NOIE. Itu restrukturisasi adalah untuk memastikan ‘pendekatan terkoordinasi untuk teknis, peraturan dan isu sosial yang mempengaruhi pemerintah, bisnis dan konsumen, dalam pengambilan Pelayanan online’. NOIE memiliki sekitar 170 staf (permanen dan sementara), dengan kantor di Canberra, Sydney, Melbourne dan Hobart (per Februari 2002). Setelah restrukturisasi, NOIE diberi kepemimpinan baru. NOIE telah menetapkan seluruh panduan pemerintah untuk otentikasi, keamanan, privasi, metadata, penerbitan elektronik, pencatatan dan aksesibilitas.

Hal ini juga bertanggung jawab untuk promosi di dalam negeri dan internasional dari manfaat ekonomi informasi. NOIE juga memberikan dukungan sekretariat untuk Dewan Online, yang dibahas di atas, yang didirikan pada tahun 1997 setelah kesepakatan oleh pemerintah federal, negara bagian, wilayah dan pemerintah daerah bahwa kerja sama pada isu-isu online diperlukan untuk mempromosikan konsistensi di tingkat nasional.Negara yang setara dengan NOIE telah terdaftar di awal bab ini. (Untuk rinciannya penghapusan NOIE pada tahun 2004, lihat bab 9, hal. 246.)

Local government cooperation

Pemerintah Daerah dan Shires Associations of NSW menggunakan dana Networking the Nation untuk didirikan Online Action, 60 yang membantu pemerintah daerah memberikan layanan melalui standar situs web dan alat. Pemerintah daerah mengisi situs web dengan informasi lokal dan layanan. Ada dua program Aksi Online utama:

‘Internet Tools’ menyediakan penerbitan web dan komunitas dasar yang dikemas pemberian layanan untuk semua dewan regional dan pedesaan NSW. Ini menawarkan perangkat lunak standar paket yang memungkinkan dewan untuk mengembangkan dan memelihara situs web mereka juga seperti menambahkan fitur baru.

Posted in Uncategorized.


BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 5

PEMERINTAH ELEKTRONIK DI JERMAN

Martin Eifert

 

Kerangka Kerja Administrasi Umum Dan Yurisdiksi Di Indonesia Jerman

Garis Besar Administrasi Multi-Lapisan Jerman

Republik Federal Jerman, seperti namanya, adalah federal negara (Pasal 20 GG (Undang Undang Dasar)) 1 dibagi menjadi tingkat federal (Bund) dan sebuah negara bagian tingkat (Länder). Tingkat lokal (Gemeinden, Städte) serta tingkat daerah (Landkreise) merupakan bagian dari negara bagian. Namun, hak pemerintah daerah sendiri adala dijamin oleh Undang-Undang Dasar (Pasal 28, paragraf 2 GG) dan juga oleh sebagian besar negara bagian konstitusi.

Sistem federal, termasuk hak pemerintah daerah sendiri memerlukan sebuah kumpulan tanggung jawab yang kompleks mengenai legislatif dan administratif kekuatan yang hanya bisa digariskan secara kasar.

Negara bagian telah membentuk lapisan administrasi, artinya pemerintah daerah bertanggung jawab atas sebagian besar layanan pemerintah, sebuah fakta yang ada pengaruh besar pada perkembangan e-government.

Sumber daya keuangan tingkat lokal sebagian dijamin oleh Basic Hukum dan konstitusi negara. Karena kompensasi untuk keuangan yang berat Beban yang ditanggung oleh administrasi tanggung jawab yang dilimpahkan tidak tidak harus dibilang secara rinci sesuai dengan kebanyakan konstitusi negara bagian, yaitu lokal tingkat cenderung kurang dibiayai oleh negara (untuk rinciannya, lihat Schoch 2000: 93 dst.).

Sarana Koordinasi Dan Kerja Sama

Sejak Mereka cenderung mengganggu atribusi tanggung jawab yang jelas kepada yang kompeten negara, mereka mengemukakan masalah konstitusional yang sama seperti yang disebutkan di atas kehilangan kompetensi secara faktual (lih Trute 2001: Rn 41). Namun, konstitusional Batasan kerja sama jauh dari klarifikasi, dan beberapa komentator menerima bahkan transfer tanggung jawab antar negara (tapi tidak dalam hubungan antara federasi dan negara bagian), yang akan menghasilkan kemungkinan yang jauh jangkauannya untuk kerja sama (bandingkan Pietzcker 1988: 57ff.). Mahkamah Konstitusi Federal telah memutuskan dalam kasus penyiaran satelit bahwa kerja sama antara negara bagian tidak demikian hanya diterima tapi bahkan mungkin diwajibkan oleh Konstitusi dalam isu yang tidak bisadiatur sebaliknya (BVerfGE 73, 118, 196).

Strategi E-Government Jerman

Sebagai konsekuensi dari sistem federal, tidak ada e-government yang seragam strategi di Jerman Inisiatif federal, negara bagian dan lokal13 menambah tambal sulam perkembangan e-government, yang sejalan dengan gagasan umum tentang e- dasar pemerintah dan sebagian dikoordinasikan oleh jaringan politik informal, dan badan profesional yang berorientasi pada masalah. Pada umumnya, situasi awal adalah menjanjikan di semua tingkatan, karena pada umumnya ada tingkat penetrasi TI yang tinggi administrasi publik. Tentu saja, ada beberapa pemerintahan daerah yang lebih kecil yang tertinggal.

Paradigma, atau Leitbild, dan tujuan yang e-government perjuangkan sama di Jerman karena mereka ada di tempat lain di dunia ini. Elektronik layanan harus disediakan 365 hari setahun, sepanjang waktu dan satu point agar administrasi lebih efisien, lebih transparan dan lebih berorientasi pelanggan Terkadang, penglihatan ini dilengkapi dengan gagasan kewarganegaraan yang aktif secara politis, juga menekankan elemen partisipatif dari e- pemerintah yang berjanji untuk menjadi stimulus bagi demokrasi pemerintahan sendiri.

Meskipun layanan federal mencakup beberapa layanan yang sangat populer untuk citizens seperti yang berurusan dengan beasiswa pelajar, karena hal tersebut diatas distribusi umum kekuasaan administratif, hanya mencakup sebagian kecil dari semua layanan pemerintah-warga negara / bisnis.

Selain menyediakan kerangka hukum dan menerapkan elec- layanan tronic, tingkat federal telah mengambil berbagai tindakan yang telah difokuskan terutama pada pemerintah federal tapi yang juga memiliki, dan yang mana dimaksudkan untuk memiliki, efek spillover yang sangat besar pada tingkat negara bagian dan lokal. Memiliki mulai menyusun sebuah buku pegangan e-government yang seharusnya mencakup semua aspek e-government (manajerial, teknis, hukum, dll – BSI 2003), dan telah merancang sebuah arsitektur standar (SAGA), yang pada saat ini tersedia Sebagai Versi 1.1.21 Selanjutnya, pemerintah federal sedang mengembangkan sebuah platform untuk pengadaan e-procurement yang tidak akan digunakan secara eksklusif oleh pemerintah federal-ment.

Semua kegiatan e-government dari pemerintah federal adalah bagian dari sebuah drive untuk memodernisasi administrasi negara secara umum. Reformasi administrasi ini, disebut ‘Modern State – Modern Administration’, diluncurkan pada bulan Desember 1999 dan mencakup, selain pengenalan solusi TI, fokus yang kuat New Public Management dan model baru untuk kerja sama antara negara dan warga negara dan negara bagian dan bisnis.22 Bagian dari program yang lebih luas adalah proyek tanggung jawab bersama antara administrasi dan bagian swasta- ners, keragaman pelayanan publik dan administrasi yang lebih efisien.

Pada tingkat politik, pemerintah federal mencoba untuk meningkatkan kerjasama kooperatif dengan negara laim bagian dengan bertemu sekretaris negara yang bertanggung jawab atas e-government secara teratur. Selain itu, telah disebutkan bahwa kerangka organisasi kerja tidak memenuhi kebutuhan untuk kerja sama lebih lanjut dan memang demikian akan mengembangkan rekomendasi mengenai tindakan yang tepat (Bundesministerium des Innern 2001b: 38 dst.). Akhirnya, pada bulan Juli 2003, chan-cellor (federal) dan perdana menteri negara bagian sepakat mengenai hal yang sama strategi yang disebut ‘Deutschland Online’, yang telah dijabarkan oleh berbagai kalangan sekretaris negara yang bertanggung jawab atas e-government. Strategi yang disepakati ini bertujuan menyediakan layanan lintas tingkat penting secara elektronik, harmonisasi dan menghubungkan masing-masing portal tingkat federal dan negara bagian, mendirikan infrastruktur umum, menentukan standar umum, dan memperbaiki koordina-tion. Masih harus dilihat sejauh mana hasil deklarasi ini efektif kerjasama di berbagai bidang.

Tingkat Negara: Langkah Pertama Menuju Strategi Yang Komprehensif

Di tingkat negara bagian, telah ada sejumlah proyek e-government sampai saat ini, Tapi baru belakangan ini banyak negara bagian mulai berkembang kurang lebih Strategi e-government komprehensif mereka sendiri. Sebagai langkah awal, mereka punya cenderung menyusun berbagai inisiatif terdesentralisasi, menentukan pedoman dan prinsip, link e-government ke proyek reformasi administrasi yang lebih luas (New Public Management dll) dan mulai bekerja sesuai dengan yang lebih rinci jadwal. Tentu saja, tidak mungkin untuk menggambarkan semuanya atau bahkan untuk menyediakannya rincian. Sebaliknya, saya akan fokus pada contoh yang sangat menarik dan akan menunjukkannya pendekatan masing-masing. Kation, topik antar instansi dan tugas masing-masing instansi yang membedakan target jangka pendek, menengah dan jangka panjang untuk berbagai layanan dan layanan elektronik sebagai dasar strategi komprehensif yang akan digarap sekarang. Membimbing prinsip adalah pencarian situasi win-win, akses multi-channel untuk semua citi- zens, bundling layanan acara kehidupan, rekayasa ulang awal alur kerja termasuk standardisasi serta penggabungan fungsi serupa dalam proses yang berbeda, dan penggunaan catatan elektronik yang didukung oleh pengelolaan dokumen sistem, transparansi, keamanan data dan perlindungan privasi. Implementa-Strategi tersebut akan disertai dialog dengan warga agar bisa sesuaikan dengan kebutuhan warga.

Negara Bagian Lower Saxony juga telah memutuskan untuk memperluas eksperimen tersebutfase dengan menerapkan proyek percontohan sebelum tahun 2004 yang memungkinkan untuk diperolehnya lebih banyak pengalaman dalam solusi e-government yang komprehensif (Niedersächsisches Innenministerium 2002: 4.2ff.). Proyek percontohan ini mencakup penggunaan cross- Pemotongan aplikasi seperti e-payment, distribusi tanda tangan elektronik untuk menargetkan kelompok pengguna jasa administrasi berat, dan jangka panjang pengarsipan dokumen elektronik mereka juga melibatkan aplikasi untuk administra-prosedur yang bisa mencakup berbagai layanan serupa dan beberapa hal yang spesifik aplikasi. Pemerintah negara bagian juga menekankan perlunya kerjasama dengan tingkat federal dan negara-negara lain sehubungan dengan penggunaan yang sama atau di solusi e-government yang paling tidak kompatibel, dan menekankan pada jarak dekat kerjasama dengan tingkat lokal, bergantung pada koordinasi asosiasi dari badan pemerintahan sendiri.

Tingkat Lokal: Heterogenitas Status Quo Dan Beragamnya Pendekatan

Karena sebagian besar kontak antara warga negara dan administrasi publik berlangsung tingkat lokal, tingkat inilah yang pertama kali mulai mengupayakan e-government. Secara kebetulan, hal yang sama telah terjadi sehubungan dengan New Public Reformasi manajemen. Namun, karena potensi inovatif dari tingkat lokal Sangat bervariasi, status quo ditandai oleh heterogenitas yang kuat tentang kemajuan menuju e-government dan berbagai macam pendekatan.

Kerangka Kerja Dan Pendekatan Kerja Sama Dan Koordinasi

Kebutuhan akan kerjasama antara berbagai badan dan lapisan masyarakat administrasi urusan IT sudah terealisasi sejak lama. Pada tahun 1992, KoopA ADV sebuah komite yang terdiri dari para profesional dari semua lapisan administratif, dan yang akan diperlakukan secara lebih rinci di bawah ini, dinyatakan:

“Kerja sama antara administrasi publik dan saling informasi di bidang IT harus diintensifkan seiring dengan meningkatnya kebutuhan komunikasi antar instansi. Penerapan standar sebaik-baiknya standarisasi teknis dan organisasi harus didukung dan didukung dikembangkan lebih lanjut.”

Saran yang ditujukan untuk mengimplementasikan sebuah kerangka organisasi yang menyeluruh dengan badan yang dibedakan secara fungsional untuk mengkoordinasikan berbagai pendekatan (untuk disiapkan), memantau perkembangan dan memberikan pilihan (untuk dinominasikan dan didukung), dan mengambil keputusan (komite yang ada dll.) (untuk lebih jelasnya, lihat Eifert 2001: 125 dst) belum Telah dipeluk oleh politisi. Dengan demikian, saya akan menjelaskan kerangka kerja saat ini kerjasama dan menggambarkan perkembangan terkini dan potensi lebih lanjut.

Masalah Umum Dan Cara Kerja Sama

Sebagai titik awal, saya ingin membedakan empat kondisi dasar koopera-tion. Masalah yang harus dipecahkan bisa jadi agak sepele atau kompleks, dan kerja sama bisa sangat terbatas (berkenaan dengan waktu atau ruang lingkup) atau lebih tepatnya comprehensif Hal ini menghasilkan matriks yang bidangnya sesuai dengan mode yang berbeda kerja sama.

Kerjasama Negara Bagian Dan Pemerintah Daerah

Statuta tentang pengolahan data otomatis menunjukkan variasi yang besar pendekatan. Mereka memiliki beberapa karakteristik. Semua undang-undang yang diteliti dalam bab ini menentukan bahwa pemerintah negara bagian dan lokal harus bekerja sama. Meskipun ketidakpatuhan tidak mengarah pada apapun sanksi dan kerja sama hampir tidak bisa dipaksakan, tugas ini untuk bekerja sama bukan tanpa efek. Karena pemerintah negara bagian dan daerah terbentuk secara komprehensif dan jaringan permanen, efek sampingnya mungkin jauh lebih luas jika satu sisi dituduh melanggar hukum bukan ‘hanya’ tidak kooperatif.  Selanjutnya, UU tersebut menunjukkan dengan jelas pentingnya kerjasama dari titik pandangan negara.

Kewenangan yang diberikan oleh undang-undang khusus tentang elektronik komunikasi, pemerintah negara bagian juga memiliki kekuatan umum untuk mengeluarkan instruc-tions tentang pelaksanaan tanggung jawab yang telah didelegasikan ke lokal pemerintah. Tapi biarpun kekuatan ini ditafsirkan dengan cara yang memungkinkan untuk instruksi mengenai masalah organisasi, mereka masih terbatas pada pelaksanaan kompetensi yang spesifik. Dengan demikian, mereka hampir tidak dapat digunakan untuk isu lintas sektoral seperti standar yang sangat penting.

Kerjasama Pemerintah-Negara Bagian (Pemerintah Daerah)

Sistem federal di Jerman ditandai oleh a desentralisasi administrasi yang kuat (Exekutivföderalismus). Hal ini didasarkan pada asumsi bahwa pelaksanaan undang-undang yang terdesentralisasi cenderung berjalan lebih baik, yang pada gilirannya mengandaikan bahwa karakteristik lokal dan regional bisa jauh lebih baik diperhitungkan, dan akseptabilitas itu bisa ditingkatkan.

Prinsip tersebut dapat diajukan sehubungan dengan masalah organisasi administrasi yang mempengaruhi orang lain (bandingkan Eifert 2001: 124 dst). Ini adalah prin-ciple, dan kondisi di mana hal itu dapat mengakibatkan suatu kewajiban untuk bekerja sama belum diklarifikasi.

Garis besar strategi federal telah jelas menunjukkan bahwa federal Tingkat tidak hanya bergantung pada ukuran formal tapi juga mencoba memberi pengaruh memberikan informasi dan dukungan finansial. Sejauh dukungan finansial prihatin, Art. GG, yang sudah disebutkan, tidak memberi banyak kelonggaran tetapi hubungan erat antara perkembangan e-government secara umum dan penggunaan tanda tangan elektronik, yang termasuk dalam tanggung jawab federasi, memungkinkan beberapa dukungan substansial untuk diberikan.

Koopa ADV Sebagai Badan Penting Untuk Penyatuan Dalam E-Government

Batasan konstitusional kerja sama antara pemerintah negara bagian dan pemerintah federal menggeser fokus ke sarana ‘sinkronisasi’ yang tidak memerlukan masalah konstitusional. Badan yang paling penting untuk saling informasi dan diskusi yang berorientasi konsensus adalah KoopA ADV.31 Komite berdiri ini telah didirikan sejak tahun 1970 dan berasal dari gelombang pertama penggunaan TI di Indonesia administrasi publik. Anggotanya adalah pemerintah federal, pemerintah negara bagian, asosiasi nasional badan pemerintahan sendiri dan KGSt, 32 yang bisa dianggap sebagai think-tank dan unit konsultasi dari badan pemerintahan sendiri. Contoh terbaru dari karyanya adalah dengan TESTA. TESTA bertujuan untuk mewujudkan platform umum untuk komunikasi elektronik, menyediakan tingkat tinggi keamanan data dan ketersediaan antara federal, negara bagian, lembaga lokal dan UE. Berbagai jaringan negara dan administra lokal- dan juga agen federal harus terhubung dengan TESTA. TESTA adalah menyediakan beberapa layanan terpusat seperti direktori umum, enkripsi dan integrasi infrastruktur kunci publik (PKI) dalam administrasi publik. Saya juga berencana untuk menyediakan direktori terpusat sertifikat PKI. Namun banyak agen federal yang hanya memiliki sedikit pemerintah daerah telah terhubung ke TESTA.

Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa kerjasama telah menjadi aspek utama sukses pengembangan e-government di Jerman. Sudah ada nomor titik awal untuk menguasai tantangan di masa depan. Ukuran dan juga sifat tugas di depan mendorong peningkatan pendekatan yang ada dan menyarankan beberapa pelembagaan lebih lanjut. Batas koordinasi melalui keputusan mengikat terpusat yang dipaksakan oleh sistem federal bisa menjadi yang terbaik dikompensasikan dengan menggunakan tindakan tidak langsung seperti informasi dan dengan kekuatan-ening kerja sama politik.

Posted in Uncategorized.


BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 3

PEMERINTAH ELEKTRONIK DI FINLANDIA

Esa Hyyryläinen

Sebagian besar layanan di Finlandia disediakan oleh pemerintah kota, dan itu Kotamadya memiliki hak konstitusional untuk melakukan pemerintahan sendiri di negara masing-masing daerah, menyebabkan beberapa masalah bagi pelaksanaan elec- strategi pengelolaan tronic di Finlandia. Negara tidak bisa mengharapkan kotamadya baik untuk dapat atau ingin menerapkan strategi pemerintah secara bersamaan sebagai organisasi pemerintah. Mereka mungkin kurang tahu, keuangannya sumber daya atau sekedar kemauan politik untuk menjaga kecepatan yang sama seperti administrasi negara yang mengalami perbedaan substansial antara kotamadya yang berbeda. Kebutuhan kotamadya perkotaan yang dikembangkan sangat berbeda dengan yang dimiliki yang belum berkembang. Negara telah berusaha untuk menjaga kotamadya sesuai dengan Strategi yang sebagian besar berbasis kerja sama. ALFRA sebagai perwakilan dari Kotamadya adalah mitra terpenting dalam tata kelola elektronik. Langsung Partisipasi kota juga sangat umum di sebagian besar proyek yang bertujuan untuk memajukan tata kelola elektronik di seluruh Finlandia.

Meskipun demikian, kita dapat mengatakan bahwa lebih mudah untuk melanjutkan ke negara bagian administrasi. Seluruh sistem untuk kemajuan tata kelola elektronik Mungkin lebih berpusat pada negara daripada secara resmi, hal itu ingin dilihat. Itu Sebagian besar kota bekerja dengan kecepatan yang lebih rendah daripada pemerintah negara bagian- trasi Oleh karena itu mungkin dibutuhkan lebih lama dari yang diperkirakan sebelum seluruh pemerintah – negara bagian dan kotamadya – telah benar-benar memasuki era elektronik pemerintahan. Beberapa layanan elektronik tentu tersedia di hampir semua organisasi publik, namun perbedaan antara pemimpin dan kelompok tertinggal Bahkan hari ini agak signifikan. Langkah baru, seperti diseminasi praktik prac- Mencapai situs web tertentu dan penghargaan pemerintah, pastinya membuat positif Kontribusi terhadap masalah ini, namun kemungkinan besar mereka tidak cukup untuk mengatasinya.

Program untuk kemajuan masyarakat informasi dimulai di Finlandia pada pertengahan 1990an, dan tata kelola elektronik, terutama dalam bentuk layanan pemerintah online, telah menjadi target utama program ini selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, seseorang dapat mengatakan bahwa ada kontinuitas yang cukup besar dalam Program bahasa Finlandia yang cukup besar terhadap sistem yang ada berdasarkan hubungan yang longgar antara aktor yang berbeda dan proyek yang berbeda. Sistem yang longgar memiliki masalah yang jelas, namun tidak secara keseluruhan tidak berfungsi larutan. Mungkin waktu dan energi itu terbuang saat organisasi bertindak mereka sendiri. Saat mereka memiliki kesempatan untuk diimplementasikan program nasional dengan cara mereka sendiri, mereka dapat menemukan yang paling sesuai solusi untuk masing-masing kebutuhan tata kelola elektronik mereka. Tahu-bagaimana pada elec- Tata pemerintahan tronic kemudian tidak terkonsentrasi di satu tempat tapi semuanya besar organisasi terlibat dalam prosesnya. Bahkan jika agak sulit maju tata kelola elektronik, dan mungkin juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk mendapatkan Hasilnya, itu harus bermanfaat dalam jangka panjang.

Pemahaman umum di dalam dan di luar Finlandia adalah bahwa ada prob- Dengan koordinasi kegiatan tata kelola elektronik. Kurangnya yang bersatu visi dan struktur kepemimpinan terpusat biasanya dilihat sebagai mayor masalah sistem Finlandia Ini benar. Dibandingkan dengan ideal sebuah effec-Sistem administrasi ‘rasional’ yang terkoordinasi secara ketat, sistem Finlandia tentu kurang sesuatu. Tidak ada organisasi tunggal yang bertanggung jawab atas mengkoordinasikan banyak kegiatan paralel yang berlangsung di dalam Pemerintah Finlandia dalam rangka memajukan tata kelola elektronik.

Meskipun ini, Finlandia tetap berada di daftar negara paling maju di dunia. Namun pastinya ada beberapa faktor dalam sistem Finlandia yang bisa mengkompensasi defisit dalam sistem koordinasi formal. Yang paling terkemuka Jawabannya cukup jelas. Finlandia adalah negara yang agak kecil dimana semua Pelaku kunci memiliki banyak kesempatan untuk berkomunikasi satu sama lain. Sana mungkin bukan kebutuhan nyata akan koordinasi formal seperti yang akan terjadi dalam sistem administrasi yang jelas lebih besar seperti Jerman. Kontak informal Bisa sangat membantu dimana link formal lemah. Mungkin secara alami jauh lebih banyak sulit untuk memajukan tata kelola elektronik di pemerintahan yang lebih besar karena ukurannya negara dan pluralitas aktor yang terlibat, dan mungkin sama sekali tidak mungkin- mungkin untuk melakukannya hanya dengan mengikuti model Finlandia.

Sistem Finlandia untuk kemajuan tata kelola elektronik bisa menjadi lebih erat koordinasi satu Sampai batas tertentu ini bisa dilakukan, tapi itu tidak berarti dasarnya Sifat sistem akan sangat berbeda dengan keadaan sekarang. Masalah Koordinasi antar kementrian tidak mudah dipecahkan dalam situasi dimana masing-masing kementerian terbiasa bertindak secara independen, dan antar kementrian Kerja sama seringkali bukan pilihan prioritas tinggi. Sekalipun itu Masyarakat Informasi Program adalah salah satu bidang kebijakan inter-sektoral yang ditekankan pada Vanhanen Kabinet, mungkin tidak akan membantu mengubah situasi secara menyeluruh. Mungkin a Langkah pertama ke arah pengawasan lebih dekat dari Kantor Perdana Menteri, tapi bukan tindakan akhir untuk menghentikan kementrian bertindak secara independen.

Selama tantangan administratif besar terakhir, keanggotaan orang Eropa Union, pemerintah mencoba memecahkan masalah serupa dengan sebuah peraturan sistem koordinasi. Itu tidak sukses. Kementerian segera kembali menangani masalah mereka langsung dengan Brussels. Sistem formal umumnya dinilai terlalu lamban dan terlalu kaku untuk tujuan mereka, dan kementrian tidak mau membiarkannya satu kementerian (kemudian Kementerian Luar Negeri) berkembang menjadi sebuah koordinasi kementerian. Ini bisa terjadi bahkan saat ini. Yang lebih terkoordinasi Sistem mungkin terlalu lambat dan terlalu kaku untuk mengatasi kecepatan perkembangan yang mana setidaknya sebanding dengan negosiasi UE, dan hubungan hati-hati dasar- Hubungan antara kementrian masih sama.

Kita harus ingat bahwa kemajuan masyarakat informasi dan Tata kelola elektronik telah menjadi agenda pemerintah Finlandia bagi banyak orang tahun. Cukup banyak yang telah dicapai selama tahun-tahun ini. Pemerintah telah paling aktif dalam menerapkan strateginya. Ini telah dengan jelas mengadopsi a peran utama terhadap pemerintah kota. Ini mungkin sangat diperlukan. Ini lebih mudah bagi pemerintah untuk mengambil inisiatif daripada hampir 450 berbeda kota dengan ALFRA sebagai perwakilan mereka. Hal ini juga terjadi jika jika kotamadya tidak mengikuti langkah pemerintah, sistem elec pemerintahan tronic akan jauh dari sempurna. Karena itu, pemerintah harus melakukannya apapun yang bisa untuk mendukung pengembangan tata kelola elektronik di kota. Hanya bila layanan kotamadya banyak tersedia secara online, untuk Misalnya melalui portal nasional dan regional yang berbeda, akankah elec- tantangan pengelolaan tronic diselesaikan.

Dan terdapat contoh proyek yang mendukung proses pelayanan publik yang terjadi di Finlandia :

  1. Proyek Percontohan Dan Dukungan Nasional Untuk Elektronik Pemerintahan
  2. Proyek JUNA
  3. Proyek Percontohan Kesehatan
  4. Portal Informasi Dan Layanan Sektoral Nasional Dan Regional
  5. Beberapa Proyek Penting Lainnya

Proyek menarik lainnya adalah Universitas Virtual Finlandia, yang menyediakan a lingkungan belajar elektronik umum dan kursus umum untuk semua universitas siswa, sistem TYVI, yang memungkinkan transfer data yang mudah dari bisnis keotoritas, dan direktori YTJ, yang telah menciptakan sebuah ‘one stop elektronik’ toko ‘untuk bisnis dan asosiasi.

 

Berikut adalah hal- hal yang dilakukan untuk menentukan arah dari pembentukan atau pelaksanaan pemerintahan elektronik atau E-Goverment dibidang pelayanan :

  1. Kartu Identifikasi Elektronik Dan Tanda Tangan Elektronik
  2. Target Dan Permasalahan Utama
  3. Aktor Utama
  4. Peran Koordinator Badan Penasihat Informasi Masyarakat
  5. Tujuan yang sama juga berlaku bagi Dewan Informasi Masyarakat.
  6. Peran Jejaring
  7. Pengendalian Implementasi
  8. Interplay Dan Kerjasama Antar Pemerintah Yang Berbeda Tingkat
  9. Pengaturan Kolaboratif
  10. Topik Kerja Sama

Posted in Uncategorized.


BUKU 9 : National Electronic Government

BAB 1

KOMPARATIF PUBLIK ADMINISTRASI DAN HUKUM KOMPARATIF SEBAGAI SEBUAH SUMBER BELAJAR

Martin Eifert

Kompleksitas E-Government Di Luar Visi Dan Kebutuhan Untuk Saling Belajar

                Dengan berjalannya waktu masyarakat mengalamani perkembangan zaman yang mengakibatkan seluruh aspek masyarakat tradisional berubah menjadi masyarakat modern, salah satu pengaruh dari perkembangan zaman ini dapat dirasakan pada proses administrasi publik di dalam pemerintah  yang di tandai dengan adanya Pemerintahan Elektronik atau E-Goverment.

Dalam hal ini, pembentukan E-Goverment dilakukan dengan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet (TIK). Salah satu peranan E- Goverment dalam hal ini adalah untuk pendekatan yang agak teknis dengan cepat telah dicampur dengan orientasi pelanggan New Public Management (NPM) dan gagasan yang mapan memperkuat demokrasi dengan meningkatkan akuntabilitas publik.

Pemerintah elektronik merupakan suatu proses evolusi yang bertujuan untuk memantau layanan administrasi yang lebih efisien, transparan dan responsif secara elektronik di jendela tunggal dua puluh empat jam sehari dan tujuh hari seminggu, yang merpakan salah satu cara layanan publik yang mengunakan pendekatan yang populer bagi masyarakat dan telah membantu memotivasi pejabat publik dalam membantu administrasi publik.

Tapi pendekatannya telah berfokus sangat banyak pada antarmuka antara administrasi publik dan warga negara, dan perusahaan dan sebagian besar pemerintah memeluk fokus ini sebagaimana adanya menjanjikan kesuksesan yang bernilai politis.

Administrasi Publik Komparatif Terapan Dan Menerapkan Hukum Komparatif Sebagai Kesempatan Untuk Belajar

Survei komparatif tentang administrasi publik sebagai bagian kelembagaan khusus sistem politik dan hukum sebagai sarana penting pemerintahan di Indonesia masyarakat modern dapat melayani berbagai tujuan (Constantinesco 1972: 331ff.). Dalam hal ini, artinya yang pertama dari semua tradisi ini yang telah berkembang secara sistematis pendekatan metodologis untuk studi komparatif dan akan selalu menjadi invalu- dasar untuk perbandingan tertentu.

Permasalahan Metodologis Spesifik Diterapkan Ilmu Komparatif Definisi Isu – Koordinasi Dan Kerja Sama

Ilmu komparatif yag dimaksud untuk mengambil  masalah sebagai titik awal seperti yng dijelaskan oleh Martin Eifert dalam target kebijakan seperti misalnya untuk bertahan dan meluasnya implementasi e-government. Karena hanya persyaratan khusus untuk administrasi publik dan peran hukum dan sarana panduan lainnya kontrol adalah topik yang sesuai, masing-masing untuk perbandingan mikro secara komparatif administrasi dan hukum komparatif, target harus dihubungkan secara masuk akal seperti itu pertanyaan. Selain didasarkan pada interkoneksi, interkoneksi yang sangat relevan, koneksi dengan target kebijakan, harus diungkapkan dengan cara yang fungsional, Sesuai aturan umum metode komparatif, hindari pengenaan sebuah pengertian spesifik, istilah atau konsep. Tentu yang terdapat dalam bersamaan, kerjasama dan koordinasi untuk menggambarkan fungsi organisasi umum yang ada secara independen dari sistem tertentu, sehingga masalah di bawah perbandingan memiliki jarak yang cukup dari sistem dibandingkan.

 

Indikator status maju dan potensi keberhasilan dalam implementasi e-government

Dalam hal koordinasi dan kerjasama dalam implementasi e-government, Kriteria umum harus menjadi keberhasilan negara-negara dalam e-government implementasi di satu sisi dan kerangka kelembagaan untuk pendekatan kerjasama dan koordinasi di sisi lain.

Indikator potensi transfer terkait pemerintah gabungan

Sedangkan kriteria proxy untuk estimasi keberhasilan bisa fokus secara luas dan besar pada faktor umum dan indikator keberhasilan penerapan kebijakan target, kecuali untuk faktor penting yang telah didefinisikan sebagai isu studi, kriteria proxy untuk transferability jauh lebih sulit didefinisikan dan evaluas. Kriteria proxy untuk transferability bergantung pada isu spesifik penelitian dan harus membahas faktor penghambat isu.

Menyerang keseimbangan antara kesamaan dan variasi

Pemeriksaan potensi transfer tidak berarti bahwa sampel hanya boleh terdiri dari negara-negara dengan potensi transfer tertinggi,seperti memungkinkan seseorang untuk mengesampingkan negara-negara yang mana terlalu berbeda untuk memungkinkan transfer yang berarti.

Dalam penelitian ini, kami telah menyaring delapan belas negara, dengan menggunakan penjelasan di atas kriteria proxy Skrining termasuk Australia, Selandia Baru, Singapura, Jepang, Kanada, Amerika Serikat, Finlandia, Swedia, Norwegia, Denmark, Inggris, Prancis, Jerman, Belanda, Austria, Swiss, Spanyol dan Italia. Akhirnya, kita dipilih Australia, Jepang, Amerika Serikat, Finlandia, Jerman, Inggris dan Perancis untuk ini studi terperinci.

Kategori Generik Panduan Dan Kontrol Yang Sesuai Titik Acuan Dalam Ilmu Komparatif

Setelah memilih isu dan sampel, diterapkan ilmu komparatif tidak berbeda secara signifikan dari ilmu perbandingan akademis murni. Beberapa hal yang telah dibahas di atas muncul lagi pada tingkat yang lebih rinci menganalisis isu spesifik di berbagai negara. Pertama, analisis tersebut harus mempertimbangkan aspek politik dan sosio-konteks budaya dimana isu ini tertanam. Konteks ini mencakup, tapi tidak terbatas pada jenis pemerintahan dan kerangka konstitusional dasarnya. Yang terakhir tren internasional mengenai modernisasi administrasi publik – NPM – telah menunjukkan pada tingkat empiris seberapa tepat konseptualisasi dan penerapan pendekatan umum dapat berbeda karena konteks yang berbeda di Indonesia berbagai.

Dengan fokus di bidang generik dan sumber daya generik, kita telah menjauhkan diri dari semua pengaturan khusus di negara-negara dan juga bisa membedakan fungsional setara di antara berbagai cara dan pengaturan. Dengan demikian, kategori nampaknya berbuah tidak hanya untuk studi banding yang diterapkan tapi juga untuk murni analisis akademis bermaksud untuk berkontribusi secara metodologis tercermin belajar bersama di bidang pengembangan e-government tingkat lanjut. Jika Ini membantu untuk mendapatkan diskusi internasional di luar tolok ukur, sudah bermanfaat.

 

Posted in Uncategorized.


Hello world!

Selamat datang di Blog Universitas Padjadjaran. Ini adalah artikel pertama Anda.

Posted in Uncategorized.