Keberhasilan Studi S3…

Sering kita mendengar bahwa tahap/ jenjang perkuliahan yang paling sulit itu adalah program doctor (S3). Saya setuju dengan pernyataan itu. Dibeberapa Negara, program Doktor itu ada 2 macam yaitu by course dan by research. By course barangkali tidak terlalu sulit dan tidak terlalu menyita waktu, tetapi by research setahu saya ada 2 universitas besar yang mulai concern dalam hal penelitian by research ini, diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

By research memang mengharuskan kita full time job dan ini memang bukan hanya slogan semata, tapi memang demikianlah adanya. Dengan konsep penelitian yang mengharuskan mahasiswa stay untuk melakukan penelitian minimal 20 jam perminggu sampai dengan full time selama 5 hari kerja di laboratorium selalu melakukan penelitian.

Continue reading

Posted in Filsasat Ilmu | Leave a comment

Arti Ijazah S3, S2, dst bagi organisasi….

Barangkali bagi sebagian orang arti ijazah hanya sebatas pengakuan dan penghormatan secara implisit. Baiklah disini saya coba jabarkan arti ijazah secara explisit dan bagaimana hubungannya dalam pengukuran kinerja dan peroleh keuangan.

Tentunya bagi anda yang pernah mengukur kinerja yang pada akhirnya akan keluar sejumlah nilai untuk dasar pembagian insentif atau bonus tentunya memerlukan suatu formulasi khusus yang adil dan transparan dalam prosesnya.

Model yang akan saya perkenalkan disini adalah suatu model yang memadukan beberapa parameter, diantaranya adalah :

  • Nilai Kompetensi Individu (kompetensi intlk, masa kerja, kepangkatan)
  • Nilai Penugasan Individu (jenjang keterlibatan manajerial dan teknis)
  • Indeks Prestasi Kerja (SKI, Values, dll)

Continue reading

Posted in Filsasat Ilmu | Leave a comment

Testing posting

just another test…

Posted in Filsasat Ilmu | Leave a comment