Anesthesia Lokal

Anesthesia lokal adalah salah satu jenis anesthesia yang hanya melumpuhkan sebagian tubuh manusia dan tanpa menyebabkan manusia kehilangan kesadaran, artinya anesthesia lokal hanya menghambat konduksi saraf (terutama nyeri) secara reversibel pada bagian tubuh yang spesifik. Anesthesia lokal cocok untuk sebagian besar pasien rawat jalan. Oleh karena anesthesia umum mempunyai risiko tertentu, maka pasien sebaiknya tidak dibius kecuali bila penyakit, cidera, atau kondisinya menuntut keadaan itu. Beberapa tindakan bedah pada pasien lanjut usia yang lemah atau pasien yang intolerans terhadap komplikasi anesthesia rasa nyerinya dapat diberikan anesthesia lokal.

Sebaliknya, ada beberapa indikasikontra dari anesthesia lokal. Pasien yang umurnya terlalu muda untuk mengerti atau diajak bekerja sama selama operasi sebaiknya dibius saja. Selain itu, upaya untuk melakukan pembedahan terhadap seorang anak dengan anesthesia lokal dapat menimbulkan trauma psikologis yang tidak semestinya.

Jika pasien mempunyai  gangguan pada sistem saraf (neuritis, parestesia, dan sebagainya), lebih baik menggunakan anesthesia umum.

a. Obat -Obat Anesthesia Lokal

Dulu obat anesthesia lokal yang paling banyak digunakan adalah prokalin hidroklorida atau Novocain. Sekarang peranannya telah digantikan oleh lidokalin atau Xylocain. Obat anesthesia lain yang juga digunakan secara luas adalah tetrakain atau Pontocaine.

Efek toksik Pontocaine adalah tujuh kali lebih besar daripada lidokalin, tetapi obat ni efektif pada konsentrasi 1 : 10 dibandingkan dengan kekuatan lidokalin. Obat ini khususnya terkenal untuk digunakan pada anesthesia spinal. Mulai kerjanya lebih lambat daripada prokalin, tetapi secara keseluruhan lama kerjanya lebuh panjang lebih panjang bisa mencapai 3,5 jam sampai 6 jam. Karena toksisitas Xylocain lebih rendah dan lama kerjanya lebih panjang, maka obat ini telah menggantikan prokain. Maka dari itu, dokter bedah menggunakan Xylocain untuk infiltrasi lokal dan blok saraf.

b. Obat Vasokonstriktor

Kerja obat anesthesia dapat diperpanjang dengan menambahkan suatu obat vasokonstrik ke dalamnya, dengan demikian dapat mengurangi kecepatan absorbsi obat dari daerah tersebut. Obat ini mencegah akumulasi zat anesthesia di dalam aliran darah sehingga dapat mengurangi kemungkinan timbulnya efek toksik.

Vasokonstriktor yang paling sering digunakan dan yang paling efektif adalah Adrenalin atau Epinefrin. Biasanya berupa larutan 1 : 1000 (USP) sebanyak 0,1 – 0,25 ml, yang ditambahkan kepada setiap 100 ml larutan anesthesia.

Penambahan vasokontriktor pada larutan anesthesia lokal merupakan indikasikontra:

  1. Pada pasien dengan hipertensi atau penyakit jantung;
  2. Pasien yang sangat cemas;
  3. Operasi ekstremitas, terutama pasien dengan kelainan pembukuh darah perifer (peripheral vascular disease);
  4. Pada kasus kebidanan;
  5. Pada kombinasi dengan anesthesia umum.

c. Peralatan

Peralatan yang diperlukan untuk anesthesia lokal adalah semprit, jarum, wadah untuk menampung anesthesia dan peralatan resusitasi untuk tindakan pencegahan.

d. Komplikasi

Reaksi yang tidak diharapkan dari obat anesthesia lokal dapat dibagi dalam dua kategori yaitu:

  1. Sensitifitas Obat

Sensitifitas terhadap obat dapat menimbulakn reaksi alergi yang khas seperti edema angioneurotik, utrikaria, gatal, hipotensi ataupun serangan asma.

  1. Reaksi Terhadap Obat Dosis Tinggi

Pada stadium awal reaksi obat, pasien tampak gelisah atau takut dan mengeluh sakit kepala yang muncul secara tiba-tiba. Pasien mengalami rasa mual dan muntah serta otot-otot kecil terutama pada wajah dan jari-jari berkontraksi. Denyut nadinya berubah, umumnya menjadi tidak teratur dan lambat tetapi kadang-kadang dapat cepat. Seiring dengan menurunnya tekanan darah, tampaklah kepucatan, kulit lembab dan berkeringat, akhirnya pasien tak sadarkan diri. Napasnya menjadai cepat dan dalam. Pada stadium lanjut, keadaan pasien bertambah berat dimana refleks-refleksnya menghilang, ia tak sadarkan diri dan akhirnya timbul kegagalan sirkulasi dan pernapasan.

About this blog

Malorum prompta volutpat eum ut, ei dicta vocent prodesset cum. Ut mei alienum probatus scribentur, noluisse vituperata dissentias ex vis, usu nisl porro euripidis no. Iuvaret detraxit ne vim, usu hinc dicat qualisque ad.

Calendar

April 2014
M T W T F S S
« Dec    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930