• Sample Page
  • Archives
  • Categories
  • Tugas TIA analisis web pemerintahan kota

    2011 - 05.11

    Nama               : Edlin Yuristiawati

    NPM               : 170110090115

    Tugas               : Teknologi Informasi Manajemen

    Link web         : http://www.semarang.go.id/

     

    Tampilan

    Pada saat awal masuk dalam link pemerintahan kota Semarang, kita akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Tampilan tersebut merupakan tampilan selamat datang di web pemerintahan kota Semarang. Ini cukup menarik menurut saya karena di web pemerintahan kota-kota lain apabila dibuka biasanya langsung pada halaman home nya. Setelah kita klik “lanjut” seperti yang tertera pada gambar diatas, maka baru kita akan menemukan halaman home dari website tersebut.

     

    Ini merupakan halaman home dari web tersebut. Yang membuat menarik pada halaman ini karena terdapat lambing dan moto dari kota Semarang di bagian atasnya. Motonya yaitu “ATLAS” (Aman Tertib Lancar Asri Sehat). Terdapat pula foto dari Walikota yaitu Drs. H. Soemarmo HS, MSI dan Wakil Walikota yaitu Hendrar Prihadi, SE, MM. Pada halaman ini juga terdapat beberapa fitur yang dapat memudahkan masyarakat kota Semarang yang ingin mengetahui beberapa hal lebih lanjut.

     

    Fitur

    Fitur yang tersedia dalam web ini juga cukup lengkap. Bias dilihat dari gambar di sebelah kiri gambar. Ada sejarah mengenai kota Semarang, peta kota Semarang, visi dan misi kota Semarang, bagaimana RPJM 2011 nya, terdapat fitur yang memberi tahukan kondisi umum dari kota Semarang saat ini, agenda yang akan dijalankan oleh Walikotanya, beberapa informasi mengenai gedung-gedung kuno di kota Semarang, keadaan kota Semarang tempoe doeloe, ada beberapa promosi usaha yang dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan, dan terdapat juga kontak yang disediakan untuk menghubungkan ke pemerintahan kota Semarang apabila ada yang ingin disampaikan. Dan masih banyak lagi yang semuanya memudahkan masyarakat kota Semarang dalam mendapatkan informasi atau hal apapun mengenai kota Semarang.

     

    Kelebihan

    Menurut analisis saya kelebihan dari web pemerintahan kota Semarang ini terdapat pada fiturnya yang lengkap. Karena disini bukan hanya tersedia fitur-fitur yang menginformasikan mengenai kota Semarangnya saja, tetapi terdapat juga beberapa fitur yang dapat memudahkan para masyarakat kota Semarang, misalnya fitur mengenai “promosi usaha”. Di dalam fitur tersebut terdapat beberapa promosi usaha seperti lowongan pekerjaan yang sangat membantu masyarakat kota Semarang khususnya dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan.

     

    Kekurangan

    Kekurangan dari web ini menurut saya berada di dalam halaman home nya, karena di home tidak ditampilkan slide show mengenai hal yang berhubungan dengan kota Semarang. Apabila terdapat slide show seperti di beberapa web pemerintahan kota lainnya pasti akan lebih terlihat menarik. Dengan adanya slide show juga akan lebih banyak foto-foto beberapa objek menarik di kota Semarang yang akan ditampilkan dan akan lebih memberi pengetahuan bagi para masyarakat yang belum begitu mengetahui kota Semarang.

     

    Kesimpulan

    Kesimpulan yang dapat saya buat mengenai web pemerintahan kota Semarang ini bahwa web tersebut sudah cukup baik dan cukup menarik. Hanya saja ada kekurangannya, yaitu tidak terdapat slide show yang menampilkan beberapa foto objek-objek dari kota Semarang. Namun disamping kekurangan tersebut banyak pula kelebihannya, fiturnya yang cukup lengkap dan dapat membantu masyarakat khususnya masyarakak kota Semarang.

    Saran dari saya sebaiknya perbaiki kekurangannya, tambahkan yang perlu ditambahkan sesuai dengan halamannya masing-masing. Dan pertahankan kelebihan yang telah didapat.

    Your Reply