Efisien dan Efektif

image1

Kata-kata tersebut tentunya sudah bukan suatu hal yang asing bagi kita semua. Tetapi kemudian saat ini saya tertarik untuk menelusuri sambil mengupdate artikel di blog saya ini setelah membaca definisi efektif dan efisien yang dituliskan oleh  Prof. Dr. Mardiasmi, MBA, Ak. di bukunya “Akuntansi Publik”.

Pada bahasan value for money beliau menyampaikan bahwa Ekonomi, Efisiensi, dan Efektifitas merupakan tiga elemen utama pengelolaan organisasi sektor publik. Ekonomi disini yang dimaksud pada akhirnya adalah perbandingan dari Nilai Input (Rp) dengan Input. Sedangkan efisiensi adalah perbandingan antara Input dengan Output. Pada akhirnya yang dimaksud efektif adalah perbandingan Output dengan Outcome.

Membaca bahasan tersebut kalau saya boleh memisalkannya dengan kondisi real sehari-hari di sektor publik, misalnya di suatu universitas. Pada akhir tahun anggaran biasanya setiap unit akan mengevaluasi berbagai macam hal mulai penyerapan dana, targeting, input, proses, output, outcome, dan banyak hal lainnya untuk pada akhir merencanakan program kerja dan anggaran untuk tahun berikutnya. Biasanya pada hasil evaluasi terutama berkaitan dengan anggaran untuk setiap program dan kegiatan yang dilakukan ditahun berjalan akan menyampaikan mana program yang tidak efisien dan mana program yang tidak efektif.

Definisi menurutku sendiri sebelum membaca buku ini yang dimaksud efisiensi adalah membandingkan antara dana yang dikeluarkan dengan hasil yang didapatkan itu sebanding atau tidak, maka korelasi efisien selalu identik dengan rupiah. Sedangkan kalau efektif itu membandingkan antara sesuatu hal yang dikeluarkan (effort)  dengan dampak terhadap proses, apakah menjadi lebih baik atau tidak, maka korelasi efektif lebih kearah waktu terhadap proses.

Categorized: Unpad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *