Harus ada yang siap dikorbankan

Tulisan ini terinspirasi dari sinetron ramadhan “Para Pencari Tuhan Session 3” dimana juga ternyata terjadi hal yang sama dalam lingkungan disekitarku. Saat terjadi change management maka pada saat itulah akan banyak keputusan-keputusan baru yang diambil, dan tentunya keputusan ini seringkali menyakitkan bagi sebagian besar orang. Efeknya akan banyak yang merasa dikorbankan dengan pengambilan keputusan tersebut.

Berbagai macam konflik akan muncul antara satu kelompok pro, kontra, dan netral terhadap perubahan tersebut. Leadership menjadi sangat penting sekali untuk mengawal perubahan ini sampai kepada titik yang diharapkan, kalau boleh saya bilang titik kesuksesan. Dimana tujuan dari perubahan tadi dilakukan dapat tercapai dan dirasakan dampaknya oleh institusi.

Seorang leader akan dituntut untuk mengambil berbagai macam keputusan strategis bahkan keputusan pada saat yang genting. Pada kondisi seperti ini seorang leader akan teruji. Salah atau benar itu relatif, karena sebenarnya kebenaran yang sebenar-benarnya adalah milik Allah SWT. Bagi saya jangan takut untuk mengambil suatu langkah dalam hidup kita. Jangan takut salah. Kesalahan itu memang menyakitkan tetapi dengan kesalahan tersebut lah kita akan belajar.

“To Make better decisions, make more mistake”. Maju terus para pemimpin bangsa. Bangunlah jiwamu dan bangunlah badanmu, semuanya untuk Indonesia kita yang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *