Infrastruktur, PVL, Multibank, dan Registrasi Online. What Next

DCISTEM lumayan babak belur tahun 2008 ini. Berbagai macam tuntutan diminta kita harus siap untuk mengakomodir. Mulai dari infrastruktur dan layanan supportnya yang mesti available 24 jam, Padjadjaran Virtual Live, Layanan pembayaran multibank, dan terakhir yang buat Unpad heboh adalah registrasi online. Registrasi online dimulai dari proses penerimaan, proses kelulusan (clearing house), proses pengumuman, proses updating biodata online, proses pembayaran, proses verifikasi dokumen di fakultas, proses layanan cetak KTM kilat.

Kalau dalam pengembangan suatu sistem minimalnya kita akan mengalami proses Perencanaan, Proses Developing, Proses Uji Coba, Proses Imlementasi, Proses Evaluasi. Semua proses diatas sebisa mungkin “diselenggarakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya”. Bukan berarti kita asal-asalan dalam mengembangkan suatu sistem tetapi kita berusaha “all out” bahwa ini harus dikerjakan dengan sebaik mungkin sekaligus secepat mungkin.

Saya menemukan banyak figur baru seiring dikembangkan dan diimplementasikannya “Proyek Sangkuriang” ini. Kang Wahyudi, Kang Syaeful Rahim, Bu Luk-luk, Kang Herman, Kang Yopie, Pak Budi, Kang Ahmad, Kang Rudi, Ceu Winda, Bunda Dewi, Pak Slamet, dan masih banyak lagi yang lainnya yang tidak bisa saya sebut satu demi satu. Terima kasih banyak atas semua dukungan dan bantuan yang dicurahkan dan diberikan kepada Universitas Padjadjaran. Amal baik saudara-saudara sekalian semoga bisa menjadi amal jahiriyah.

Langkah selanjutnya target kami (DCISTEM) buat Unpad adalah Her-Registrasi Online Multibanking, KRS Online, Database Mahasiswa terintegrasi, Online grading, Webometrics, e-Learning improvement, EPSBED yang tak kunjung selesai :(.

Khusus untuk KRS online ini akan diintegrasikan dengan Padjadjaran Virtual Live, dimana dosen dan mahasiswa akan mendapatkan fitur tambahan dari PVL ini yang terhubung ke Sistem Akademik. Layanan ini akan dibuat senyaman mungkin sehingga personalisasi dalam sistem menjadi terintegrasi. Kita tunggu tanggal mainnya.

Temen-temen DCISTEM tetap berikan senyum terindah kalian sebesar apapun beban dan tanggungjawab yang akan kita pikul.Setidaknya kita berharap senyum kalian bisa mengobati gundah diantara sesama team. Tetaplah semangat dan berikan yang terbaik untuk kepercayaan yang diberikan kepada kita.

-dito 2008-

Categorized: Unpad

3 comments on “Infrastruktur, PVL, Multibank, dan Registrasi Online. What Next

  1. Database… database… database…

    Software adalah tools, tapi database adalah jiwa nya.
    Yang penting dipikirkan, bagaimana sinkronisasi antar database yang sudah ada.
    Apakah hendak dipersatukan (waw, proyek migrating nih) atau dipertemukan (hmm proyek bridging)

    Kalau melihat tipikal Unpad, saya lebih condong pada bridging. Tiap fakultas biarkan untuk memiliki sistem sendiri yg sudah mapan. Bantu saja yg belum punya. Akan tetapi, harap di ingat, bahwa Unpad harus punya satu database standar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *