4 (Empat) Perspektif pada Balanced Scorecard

Banyak metoda untuk mengukur keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi. Beberapa tahun kebelakang ukuran keberhasilan itu kebanyakan dinilai dari financial performance dan atau market share saja, walaupun sekarang juga masih banyak yang mengunakan ukuran tersebut.

Di era Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini banyak pelaku di bisnis ini lebih mengutamakan kepada pertumbuhan (growth) dibandingkan dengan financial. Kita ketahui bahwa bisnis TIK memerlukan comunity yang menggunakan produknya (hardware/software/services/others) dan belum tentu comunity tadi membayar untuk produk tersebut secara langsung. Keuntungan akan didapat setelah comunity terbentuk menjadi loyal comunity.

Di era TIK ini, banyak pelaku bisnis yang menggunakan Balanced Scorecard (BSC) dengan hasil yang sangat menakjubkan. Pendekatan yang dilakukan pada Balanced Scorecard menghubungkan strategi yang ada dalam suatu organisasi/perusahaan, mulai dari visi, critical success factor(dalam hal ini saya analogikan pada rencana strategi), dan pengukuran performansi keberhasilan. Pengukuran dalam Balanced Scorecard dibagi kedalam empat perspektif : Customer, Internal Business, Innovation and Learning, dan Financial Perspective.

Perspektif pelanggan menggunakan ukuran berapa “nilai” yang diberikan kepada pelanggan dilihat dari segi waktu, kualitas, performansi dan layanan, dan biaya. Contohnya ukuran kecepatan waktu mulai dari permintaan sampai dengan pengiriman sampai ditangan pelanggan, tingkat kepuasan pelanggan terhadap produk kita, tingkat penjualan terhadap produk baru, dan atau banyaknya service call yang dilayani.

Pada perspektif internal dapat mengevaluasi ekspektasi yang diharapkan pelanggan dapat terpenuhi melalui perbaikan proses di internal organisasi tersebut. Disini juga kita dapat mengukur tingkat keahlian dan produktifitas karyawan, kualitas yang dihasilkan oleh organisasi tersebut, dan atau sistem informasi yang baik yang berjalan dalam organisasi.

Dari sisi perspektif inovasi dan pembelajaran dari suatu organisasi kita dapat mengukurnya melalui, peningkatan dan inovasi yang berkelanjutan terhadap produk-produk yang dimiliki. Kita harus garis bawahi bahwa produk disini tidak selamanya berupa barang, pelayanan dan hal-hal lain yang bersifat jasa pun adalah produk. Ukuran yang diberikan antara lain banyaknya produk-produk baru yang dihasilkan dan persentase kebrhasilan penjualannya, tingkat penestrasi terhadap market baru, atau implementasi SCM (supply Chain Management), dll.

Apabila target-target diatas dapat terpenuhi maka efeknya akan mengimbas pada perspektif finansial juga. Finansial disini termasuk mengukur pendapatan dan pengeluaran, lebih dalamnya lagi ROI (return on investment), tingkat penjualan, pertumbuhan market share, dll.

Hal terpenting yang harus kita pahami adalah bagaimana suatu organisasi mendefinisikan apa yang ingin dicapai serta membuat ukurannya yang selanjutnya terus memonitor progres yang telah dicapai. Selanjutnya kita bisa melihat apakah tujuan kita akan tercapai atau tidak.

Balanced Scorecard diukur dalam jangka pendek dan jangka panjang dan di evaluasi setiap bagian yang ada dalam suatu organisasi yang akan memberikan kontribusi untuk mewujudkan setiap tujuan. Balanced Scorecard dapat diterapkan oleh semua jenis organisasi dan semua jenis industri baik profit maupun non-profit.

148 comments on “4 (Empat) Perspektif pada Balanced Scorecard

  1. mohon penjelasan lebih lanjut bagaimana pengukuran keempat perspektif balanced scorecard pada organisasi pemerintah

  2. met siang pak!
    sy erna mahsiswa manajmen UNM.sy dpt tugas nih u mencari contoh penerapan BSC pada perusahaan di indonesia yang dah terdaftar di BEI…bisa dibantu tidak???
    minta tolong bgt nih krn deadline_nya sisa 3 hari lagi…sy dah cari di internet tp gak dpt2. klo ada,bisa kirim di emailku rna_loveallah@yahoo.com
    mksh bnyk sbelumnya ^__^

  3. met siang pak!
    sy erna mahsiswa manajmen UNM.sy dpt tugas nih u mencari contoh penerapan BSC pada perusahaan di indonesia yang dah terdaftar di BEI…bisa dibantu tidak???
    minta tolong bgt nih krn deadline_nya sisa 3 hari lagi…sy dah cari di internet tp gak dpt2.
    klo ada,bisa kirim di emailku rna_loveallah@yahoo.com
    mksh bnyk sbelumnya ^__^

  4. siang pak..
    lam kenal ya pak..
    saya mahasiswa politeknik unand jurusan akuntansi, saya tertarik untuk mengambil judul tugas akhir tentang BSC.tapi saya mase belum begitu ngerti tentang BSC
    Saya mohon bantuannya donk…
    Menurut bpk, saya harus menerapkan bsc ini dmn?
    klo saya terapkan di hotel gmn pak?
    tolong penjelasan ttg BSC yg detailnya ya pak..
    thanx b4..

  5. met siang,,,
    salam kenal, saya wahyu,,,saat ini saya lagi skripsi, tapi saya kesulitan untuk membuat kuesioner tentang balanced scorecard. Apa bapak atau siapa yang baca pesan ini bisa membantu saya?
    judul skripsi saya : PENILAIAN KINERJA DENGAN MENGGUNAKAN BALANCED SCORECARD. Mohon bantuaannya,
    tolong kerim ke alamat email saya ya :wahyuheru_s87@yahoo.co.id.
    Sebelum dan sesudahnya saya Ucapkan Terima kasih

  6. saya sangat tertarik dengan BSc, yang mau saya tanyakan apakah BSc cocok diterpakan pada organisasi jasa khususnya di hotel….
    Saya sedang kebingungan untuk melakukan controlling karyawan kita, mampukah BSc menjawabnya pak…
    matur nuwun…

  7. Salam kenal pak,

    saya sedang menulis tesis mengenai Evaluasi Strategi Bisnis Unit XL dengan menggunakan konsep BSC. Yang saya ingin tanyakan, apakah untuk mengukur perspektif customer harus menggunakan kuesioner??
    Kebetulan dalam thesis saya ini customernya adalah beberapa perusahaan telekomunikasi yang sedang berkembang seperti AXIS, Smart, Bakrie Telecom, dll.
    Mohon petunjuk dari pak eddy mengenai hal tersebut.
    Karena menurut saya, untuk mengukur kepuasan pelanggan dapat dilakukan dengan wawancara langsung dengan pelanggan.
    Terima kasih pak..

  8. pak sy mhsi ptn diBANTEN..
    sy sedang skripsi mngenai academic scorecard yg mgkn pengolahan datanya tdk bgtu brbeda dgn BSC…
    sy ingin tau bgmn cara pembuatan kuisionernya
    jika ada mgkin contoh dr kuisionernya spt apa??
    mhn bantuannya pak!!
    terima kasih

  9. sy mhs yg sdg tgs akhir ttg SCOR( supply chain opration reference)
    ingin mengetahui setiap KPI dr masing2 KPI, mhn bantuan bpk jika berkenan untuk menjelaskan masing2 KPI, dan cara perhtungannya
    terima kasih

  10. Pak edy.. kebetulan saya ada tugas kuliah membuat makalah tentang balanced scorecard ini.. bisa saya minta rangkuman mengenai hal – hal ini pak…

    1. apakah itu balanced scorecard?
    2. Sebutkan keempat perspektif yang terdapat pada balanced scorecard?
    3. Sebutkan minimal 1 contoh alat ukur bagi masing – masing perspektif pada balanced scorecard?

    saya minta tolong dikirim ke email say..^^

    Terima kasih atas bantuan bapak….^^

  11. dear all,
    for more information , always search in google
    with key word “balance scorecard” plus any words
    you still need the information, for example: how to
    make questionnaire, how to breakdown to detail
    for certain perspective.
    This will guide you to more information.
    Hope can help.

  12. saya mahasiswa yang sedang skripsi. saya ingin membuat judul mengenai IT-balanced scorecard. tp saya sendiri bingung langkah awal apa yang pertama harus saya lakukan. lalu bagaimana cara penerpan dlm kampus saya… mohon jwbn secepatnya… terima kasih

  13. pak, sy pgn tanya…
    apkh 4 perspektif tsb mrpkn suatu yg fix???apkah smw prsh harus ad model tsb???

    lalu…
    bisa kh dibahas ttg komponen BSC yg mncakup objectives, measures, target, dan initiative???

    mhn jwbn scpt ny pak…
    thx

  14. Saya diyah mahasiswa universitas negeri di Bali.
    Saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang balanced scorecard.
    Saya meneliti salah satu sekolah swasta di Bali yang aktivitasnya terdiri dari PG,TK,SD,SMP dan SMA. cuma saya bingung berapa perspektif yang harus saya gunakan, 4 atau 5…?
    Mohon bantuannya ya pak..

  15. pak eddy, sy ambil TA BSC pada PDAM. Untuk menentukan KPI pada PDAM sya masig bngung nie

  16. pa edi, knalin nma saya irawan.
    saya skrang lg nysun skripsi judulnya”ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BSC”. tapi saya gatau indikator apa saja yang mesti dikuru.mhon gmana saya mesti cari artikel yang mendkung ttg ini.
    thx…
    email saya Lorenzo_91@telkom.net

  17. Saya Ferdinand H Siagian, saya orang yang selalu ingin mengetahui dan ingin belajar.
    Mohon maaf sebelumnya, saya mau minta tolong bantu bapak, agar saya dapat mengerti dan mendalami ttg BSC khususnya pada organisasi nirlaba seperti halnya TNI, saya membutuhkan dasar teori yang mendukung hal tersebut. Saya berharap anda dapat memberikan dasar teori dan contoh aplikasinya BSC dikalangan organisasi nirlaba (TNI). Anda bisa kirimkan ke alamat email saya. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

  18. sy nia mahasiswi UNHAS, sedang menyusun TA ttg SCOR dan masih bingung dalam penelitian bgmn langkah-langkah penelitianx dan cara mngolah datax. kiranya bapak dapat membantu dalam penyelesaian TA sy. sy mohon balasan secepatx. terima kasih sebelumya.

  19. saya sedang menyusun tesis. Mohon informasi.. mungkin dengan pengukuran menggunaan Balanced Scorecard memungkinkan kinerja suatu perusahaan lebih komprehensip. Yang saya tanyakan tolok ukur tiap prespektif apakah dapat dinyatakan dalam angka. Misal saya akan mengambil skripsi tentang kinerja BUMD, apakah BUMD tersebut dibuatkan balance scorecardnya dulu (kalo belum), atau kita dapat langsung mengukur kinerjanya (asumsi BUMD tersebut tidak memiliki balance scorecard). Mohon maaf kalo saya salah… Terima Kasih sebelumnya.

  20. dear pak eddy

    saya mau tanya, apakah ada hubungan antara balance scorecard dengan ABC system, dan biaya kualitas.

    dan apakah bisa di matchingkan balance score card dengan ABC system dan biaya kualitas untuk menilai kinerja perusahaan / meningkatkan keakurasian perhitungan biaya produksi.

    thanks a lot pa eddy

    BEst regards

  21. ass….
    mohon penjelasannya pak tentang keempat element yang dinlilki oleh balanced scorecard,,, dalam industri perbankan ke empat element tersebut sebagai standar pengugukran kinerja bank,,, indikator yang dapat dijadikan sebuah acuan melakukan riset pengukuran kinerja bank dengan balanced scorecard apa saja pak… terima kasih sesudahnya…
    wass…

  22. pak, saya mau bertanya mengenai pengukuran kinerja yang hanya difokuskan pada 1 perspektif saja, apakah pengukuran tersebut dapat dikatakan menggunakan metode BSc juga?
    karna kasus yang saya teliti saat ini hanya difokuskan pada finansialnya saja. mohon balasannya ya pak

    tolong kirim via email

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  23. pak
    saya mau tanya perbedaan BSC di sektor swasta dan pemerintah daerah ap ya?
    kalo bisa dan berkenan saya diberikan penjelasan.
    terimakasih,

  24. maaf, saya mau bertanya
    1. Pembobotan nilai setiap perspektif di BSC berdasarkan apa?
    2. Pengukuran kinerja di bank menggunakan BSC caranya seperti apa?
    terima kasih

  25. siang pak maph ni kut nimbrung kebetulan saya juga sedang nyusun skripsi tentang bsc cuma diperusahaan jasa.nah yang mau saya tanyakan bsc tu kan masuk nya lebih kepada manajemen,sedangkan saya akuntansi..apakah bsc pada akhrnya bs mengerucut ke akuntansi…
    terima kasi pak..

    tolong jwbanya di krim ke email saya pak…

  26. pak,,saya mau nanya tentang scoring perspektif BSC itu mengacu darimana ya?
    keterbatasan skripsi saya tuh ga bisa dapetin data internal perusahaan jadi nelitinya cuma dari laporan keuangan beberapa penelitian terdahulu sama seperti itu tapi tidak diberitahu cara scoringnya…terima kasih ya pak..kalau bisa dikirim bantuannya ke email saya..

  27. pak mohon bantuannya,
    bangaimana kaitannya BSC dng akuntansi?
    trus bagaimana pengukurannya?kira-kira klo di lingkungan sekolah bisa tidak BSC di gunaklan tentunya dengan kaitannya laporan keunagan atau akuntansi?
    mohon bantuannya pak…..saya mohon penjelasannya di kirim ke e-mail saya pak,ke rein_axa@yahoo.co.id

  28. pak saya mau tanya ttg bsc jika di apllikasikan pada supply chain manajement perusahaan bagai mana? bagai mana cara pengukurannya? kebetulan saya sedang menyusun skripsi ttg itu.

  29. Pak Eddy yg baik, saat ini saya sedang melakukan penelitian ttg pengukuran kinerja pada koperasi. Saya mohon bantuan bpk bgm cara pengukuran kinerja menggunakan keempat perspektif pd organisasi non profit spt koperasi. Tolong tunjukkan caranya agar saya dapat mendptkan cth kuesioner pengukuran kinerja pada koperasi. Trimakasih seblmnya atas bantuan Pak Eddy

  30. pak,,saya lagi nyusun skripsi dgn judul pengaruh penerapan BSC thd efektivitas pengukuran kinerja perusahaan,,saya bingung yang dipakai untuk indikatornya tuh indikator2 dari teori atau indikator (KPI) dari perusahaan pak?mohon bantuannya,,,

  31. pak, gmn sih caranya mem-balancing-ny dan gmn jg caranya men-scoring-nya???
    oh satu pertanyaan lg pak, kpn sebaiknya bsc digunakan?
    trimss

  32. pak saya zahra, saya mau nyusun skripsi dengan judul analisa penerapan BSc sebagai alternatif pengungukuran kinerja,,,tpi saya masih bingung perusahaan mana ja yang bisa saya ambil data ya…pak mohon bantuan ya,,,makasih

  33. Pingback: 4 (Empat) Perspektif pada Balanced Scorecard | eLearning

  34. pak. pengukuran kinerja PMI tu seperti apa? saya bingung dengan pengukuran kinerja pada organisasi jasa.

  35. aswb…. Pak bsa perspektif2 apa sja yg bsa dgunakan pada peusahaan yg bergerak pada bidang sosial dan lingkungan.

  36. ass…pak,sy mau tanya perusahaan apa saja yang sudah menerapkan BSC???trima kasih…mhn bantuanny untuk skripsi sy..
    email saya:khori_ps@yahoo.co.id

  37. pak, saya mau tanya…
    apakah bisa bsc di gunakan oleh usaha retailer kain yang dalam hal ini tidak memproduksi barang tetapi hanya menjual barang yang dbeli dari supplier…
    bagaimana caranya pak? kalo saya mau buat skripsi tentang itu kira2 menurut bapak gimana?

    bapak punya artikel2 terkait tentang itukah?

    saya sangat berharap masukan dari bapak…terimakasih 😉

  38. pak, saya mau tanya bisa tidak kalo bsc diterpakan di perusahaan ukm khusunya di toko2 gitu…yang berlaku sebagai retailer bukan sebagai ‘produser’….
    jika bisa, bisa tolong dijelaskan pak?
    bapak punya artikel nya nggak?
    menurut bapak gimana klo topik tsb dingkat menjadi skripsi?

    terimakasih ya pak
    jawaban bapak ditunggu secepatnya dan akan sangat bermanfaat bagi saya…

    🙂
    thank you

  39. Pak eddy, saya mau tanya. Apakah bisa bsc di terapkan buat toko retail?
    Pak eddy punya artikel nya gak? Saya kepengen buat skripsi tentang itu
    Tapi saya blum nemuin artikelnya pak?

    Bisa tolong dibantuin ya pak…
    Tolong dibantu ya pak…akan sangat membantu saya…
    Terimakasih…shie shie…

  40. Kepada Yth
    Bapak Eddy Nurwanto, MBA
    di
    Tempat.

    Pak Eddy yang saya hormati, saat ini saya akan melakukan penelitian ttg pengukuran kinerja pada koperasi. Sy mohon bantuan bapak bgm cara pengukuran kinerja menggunakan keempat perspektif pd organisasi non profit spt koperasi. Tolong tunjukkan caranya agar saya mendapatkan contoh questioner pengukuran kinerja pada koperasi.
    Dan saya minta tolong untuk dikirimkan alamat email ernita ( mengirim permintaan bantuan kpd bapak tanggal 21 Oktober 2009 jam 21.00) yang juga melakukan penelitian tentang koperasi menngunakan balance scorecard (untuk sharing)
    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.
    Email saya: djoni670624@yahoo.com

  41. maap pak, sebelumnya saya mau minta tolong, saya ada sedikit pertanyaan tentang Balanced scorecard
    1 kapankah saat yang tepat balanced scorecard digunakan pada suatu perusaan
    2. dalam pengumpulan datanya, balanced scorecard bisa di lakukan melalui adasaja,(mohon formatnya ya pak)

    itu saja, terimakasih ya pak sebelumnya, tolong dijawab ya pak. di email saya.

  42. Salam kenal kepada rekan2 semuanya. Kalau saya boleh tau, bagaimana cara menggunakan Balanced Scorecard? Terima kasih.

  43. pak, saya mahasiswa umb jurusan maksi sdg menyusun tesis tapi masih binggung apakah judul tsb utk si atau s2 pertanyaan saya adalaH sekiranya judul apa yg cocok yang berkaitan dengan kinerja agent kebetulan saya agent di manulife. terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *