Skip to content


Biofapet: Walking is good, but running is even better.

Bandung,  3 Agustus 2012. Bertemu, kemudian bersahabat, berpisah dan bertemu kembali dengan orang-orang jail tak selalu merugikan. Kadang dari merekalah kita bisa mendapatkan sesuatu yang bila kita konversi bisa menjadi suatu pembelajaran yang positif. Well,  ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan Campell, si penjahat yang sering berhubungan dengan polisi karena masalah kejiwaannya seperti dalam lagu In the Jailhouse Now nya  Jimmie Rodgers.

Hampir setiap tahun, bahkan setiap semester,  kami selalu kehilangan sahabat2, teman2 dan rekan2 biofapet dan mankester yang selalu bahu membahu mempersiapkan praktikum untuk pembelajaran maupun teman2 lain yang secara spesial memiliki kedekatan emosional. Datang dan pergi adalah sesuatu yang alamiah tetapi kehilangan sepertinya tetap menjadi hal yang menyedihkan.

Sebuah pepatah lama:  Happiness is a journey, not a destination. Kebahagiaan adalah perjalanan, bukan tujuan. Tapi bukankah sah-sah saja untuk melihat perspektif lain. Perspektif untuk melihat bahwa tidak ada jalan menuju kebahagiaan tanpa sahabat dan teman. Kebahagiaan adalah sebuah perjalanan. Jadi, menghargai setiap momen yang kita miliki dan menghargainya pastilah sesuatu yang menyenangkan.

Dahulu setiap ada rekrutmen anak-anak asisten yang baru bergabung di biofapet, kami selalu saling mengingatkan untuk beberapa hal yang sangat prinsip.  Menghormati diri sendiri,  menghargai  orang lain,  bertanggung jawab pada semua yang telah kita sepakati dan lain-lain. Jangan hanya mendengarkan apa yang orang katakan. Tapi juga mengkaji mengapa mereka mengatakannya.

Di internal biofapet pun, juga berlaku “Baca lebih banyak buku”.  Dalam mengelola perbedaan pendapat dengan orang lain, semaksimal mungkin  hanya dibatasi situasinya pada saat itu saja,  jangan membuka masa lalu. Tetap menjaga keharmonisan dan harus hati-hati menjaga diri. Mungkin seperti pepatah: Percaya pada Tuhan tetapi tetap harus mengunci kendaraan kita.

Dan sebagian besar, teman2 biofapet dapat melaluinya dengan baik. Satu persatu mereka dapat menyelesaikan studinya denagan lancar dan meninggalkan kampus mencari jalannya sendiri. Mereka memiliki kesempatan untuk membuktikan apa yang telah mereka peroleh di kampus. Tapi kami selalu mengingatkan dan menanti, mereka punya rumah lain di kampus yang sewaktu-waktu bisa mereka tengok kapanpun juga.

Any Old Time. Mungkin senandung  Jimmie Rodgers dapat mewakili perspektif saya hari ini pada mereka-mereka. Yaah, mereka yang beberapa jam yang lalu melakukan buka bersama bulan ramadhan kali ini. Acara tahunan untuk memupuk kebersamaan.

Ada yang pergi dan selalu ada yang datang.  Selalu ada hukum keseimbangan. Bukan karena ada prinsip: A smile from you can bring happiness to anyone, even if they don’t like you. Tapi  lebih karena ada prinsip patah tumbuh hilang berganti. Regenerasi adalah sesuatu yang alami selama masih ada sekelompok orang yang mau ikhlas berbagi. Walking is good, but running is even better.

When you think you have no chance of getting what you want, you probably won’t get it, but if you believe in yourself, probably, sooner or later, you will get it.

Duuh sepertinya senandung Judy Garland: Over the rainbow harus segera mengakhiri khayalan saya malam ini. Somewhere over the rainbow, way up high There’s a land that I heard of, once in a lullaby Somewhere over the rainbow, skies are blue and the dreams that you dare to dream, really do come true.

Thx to teman2 dan sahabat biofapet atas kebersamaan hari ini @Riung Panyileukan: Romi, Gina,  Rahmi, Akbar, Inggit, Grahita, Novia, Ken Ratu, Ambar, Kesa, Cepi, Sandha, Lydia, Riri, Fahmi, dan Rini Ramdhiani Mochtar sebagai Korlap acara hari ini.

Posted in asisten.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.