Skip to content


Bila mau berinisiatif, serius dan tekun: pasti akan sukses.

Bandung, 12 Juni 2012.  Salah satu rumah makan yang patut disinggahi di pelintasan Tasikmalaya-Ciamis pastinya adalah Wanjabal. Di situ ada seorang  nenek tua yang kelihatan bersahaja dan masih cukup terampil bekerja membantu mempersiapkan pesanan. Sedang asyik-asyiknya menyantap gurame bakar cobek, tempe mendoan, telor dadar, tutug oncom, tumis genjer, bunyi dering Hp memaksa kami menghentikan sementara kenikmatan masakan hasil karya nenek sepuh bernama Hj. Oom Komariah.

“Sudah sampai mana pak, ditunggu teman-teman. Penjurian akan dimulai jam 13.00”. Rupanya dari salah satu panitia Pesta Patok 2012. Busyet, waktunya tinggal sekitar 2 jam sementara jarak antara Gunung Cupu ke Pantai Pangandaran masih kurang lebih 100 km lagi.

Well, kami sedang dalam perjalanan (dari Bandung, pastinya) menunju Pantai Pangandaran. Bukan untuk piknik atau bersenang-senang. Dua hari ini, akan diadakan Pesta Patok Jawa Barat 2012. Pesta Patok? Mungkin istilahnya agak aneh ya.?. Ini suatu kegiatan atau ajang bertemunya masyarakat peternakan untuk mengikuti kontes ternak, pameran, seni ketangkasan, bursa ternak/obat/produk peternakan, temu tokoh2 peternakan dan lain-dan lainnya.

Ngebut dan alhamdulillah kurang dari pukul 13.00, kami sudah bisa bergabung dengan dewan juri untuk kontes ternak tahun ini. Man jadd wajada. Artinya kira-kira saja: siapa yang berusaha pasti akan berhasil.

Lokasi tempat diselenggarakannya Pesta Patok tahun ini sangat menyenangkan. Tepat di daerah wisata pantai Pangandaran. Tempat yang kata orang selalu memiliki makna Man ghaba  ‘anil ain sallahul qalb. Kira2 artinya: jauh dimata, dekat di hati. Jadi , bisa sambil menyelam minum air?.

Bersama 2 (dua) juri lainnya kami melakukan penilaian ternak sapi potong pada 3 katagori. Lumayan banyak juga pesertanya pada tahun ini. Tapi, akhirnya usai sudah penilaian sementara sore ini. Ntar pukul 20, lepas makan malam akan kita diskusikan kembali hasilnya. Keputusannya? Malam ini belum bulat 100%. So, besok pagi pukul 07.00 akan dilihat kembali para pemenangnya.

Bersepeda Ria.

Bekerja sambil menyalurkan hobby bermain?.  Namun kali ini karena waktu yang sangat mepet dalam acara kontes ternak, membuat kami tidak sempat menikmati eksotiknya tenggelamnya matahari sore ini di Pantai barat Pngandaran. Tapi bukankah masih ada esok pagi, melihat suasana eksoktik lainnya?., dan kamipun berencana dan memastikan untuk menikmati terbitnya matahari esok pagi di pantai Timur Pangandaran.

Lepas shubuh, sambil ngemut galendo, bersama seorang mantan mahasiswi dan juga asisten biofapet. Di pantai yang masih nampak gelap gulita, kami bersepeda ria menyusuri berbagai sudut Pantai Pangandaran dari Pantai Barat ke Pantai Timur dan sekitarnya. Kurang lebih satu setengah jam. Tidak bisa lebih karena dibatasi waktu. Yang penting bisa berkeringat dan bisa merefresh neuron. Duuuh, senangnya.(Thx to Dewi Rahayu yang menemani menyusuri berbagai sudut Pangandaran).

Acara puncak Pesta Patok 2012 digelar pagi ini pukul 09.00. Gubernur ngga jadi datang. Tapi kelihatannya peternak ngga terlalu peduli. Bisa melihat dan menikmati aneka ternak dan bisa berkumpul dengan para peternak dari berbagai daerah jauh lebih menyenangkan.

Sebenarnya kami masih pengin menikmati keramaian pesta Patok, sayangnya kami sudah berencana untuk berdiskusi dengan teman-teman di UPTD Pembibitan Sapi Potong di Cijenjing. Sumberdaya genetik ternak merupakan masalah penting sehingga FAO merekomendasikan pemanfaatan sistem manajemen global sumberdaya genetik (AnGRs). Pemda Prov Jawa Jabar sangat menyadari hal tersebut sehingga mendorong  UPTD Pembibitan Sapi Potong di situ didesain untuk mewujudkan  visi dan misi jawa Barat dalam pengembangan perbibitan sapi potong.

Sangat menyenangkan dan sangat berharga hari ini bisa berdiskusi langsung dan cukup intensif di UPTD dengan rekan-rekan senior seprofesi kami: Pak Kurnia Achjadi (FKH IPB), Pak Chalid Talib dan Pak Bambang Setiadi (Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Deptan), Pak Soesanto (Kepala UPTD Pembibitan Sapi Potong Jawa barat). Pada akhirnya kami bersepakat dan merekomendasikan beberapa hal untuk kebaikan dan kemajuan UPTD. La taqul ful qabla an yashbaha fil makyul.  Kira2 maknanya: jangan pernah berhenti berusaha sebelum semuanya berakhir.

Can I go home to Bandung? Ternyata belum. Perjalanan pulang ke Bandung masih cukup panjang. Masih ada satu tempat lagi yang harus dikontrol yaitu Koperasi Unit Desa (KUD) Mitrayasa Pagerageung. Ada alat bantuan Pemerintah Spanyol, bekerjasama denganLIPI, Dinas Peternakan Kab. Tasikmalaya dan Fapet Unpad berupa mesin pengolah susu sapi perah untuk  memproduksi berbagai makanan olahan seperti Yogurt, mentega, keju, dan es krim. Lumayan agak lama disitu karena ada beberapa alat yang harus benar2 dicheck kondisinya.

Well, It ain’t over till it’s over. Masih banyak yang harus dikenang dan tidak bisa diceritakan tapi sekarang saatnya maen playstation 2: .hack outbreak walkthrough.  Dan setidaknya ada satu pelajaran penting dalam 2 hari terakhir ini yaitu pepatah lama:  bila mau berinisiatif, serius dan tekun pasti akan sukses. S’mat malam.

Posted in asisten.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.