Skip to content


All alone and lost.

Bandung, 12 Juni 2011. Panggil  saja dengan Ally xD katanya!, gadis belia ini  lahir di sebuah kota kecil yaitu Ibitza Spain, 15 tahun yang lalu. Dalam statusnya ia menuliskan:  i love to sing and dance….. since i was little my biggest dream was to became a singer and actress.  My favorite movies are: the ring 1,2;orphan;saw 1,2,3,4,5,6;cube 0;raise your voice, a cinderella story;another cinderella story;17 again;alvin and the chipmunks 1,2.   Kay<3  demikian nama panggilannya dalam @jango online ini sering menceritakan (dan bangga banget) dengan sebuah kota yang namanya Ibitza. Dia juga sering cerita tentang kudanya. Katanya seorang anak manusia seusianya (berumur 15 tahun)  itu setara dengan kuda yang berusia 53,5 tahun. O, gitu?

Ibitza bukan saja sebagai kota pulau yang terkenal karena  “clubbing”nya, namun kata dia, kota ini kaya akan kemegahan arsitektur dan extravaganzas budaya lainnya. Seperti sebuah acropolis dengan benteng yang menjulang dan pengaruh arab atau catalan.

Gadis mungil  yang favorit quotenya mencantumkan: The way is not in the sky. The way is in the heart (Buddha),   ini bahkan dengan runtun menceritakan kegemarannya pada musik  rave dan hip hop. Dan dia tahu kesukaan saya pada Hank William dan Jimmie Rodgers .  Mungkin melihat dan mengamati dari “Recent like dan Recent station” yang jarang berubah. Sekitar Hank William, Van Morrison, Patsy Cline,  Jon Foreman, Louis Armstrong, Fats Domino, Glen Campbell dan Jerry Lee Lewis.  “Your Cheatin’ Heart” lah yang mempertemukan kami di Jango online. Dan “In The Jailhouse Now” membuat kami tambah erat.

Untuk anak yang sangat muda, kadang saya heran dengan status membernya yang relatif baru (06.06.10) , count songnya Ally sudah mencapai  25822. Artinya dia setiap hari sepertinya online sambil melakukan shout dan chatting, kapan belajarnya?. Tapi itulah media komunikasi: tak kenal batas administrasi, status  dan usia.

Saya menggemari jango online semata-mata untuk menemani kerja yang kadang membuat jenuh. Dan melalui media inilah lagu-lagu  lama blues yang legendaris seperti Walking The Floor Over  (Ernest Tubb),   Lost Highway  (Hank William) dan lain-lain, kita bisa share dengan teman2 diberbagai belahan dunia, seakan-akan dunia ini sempit.

Seorang teman, sebut saja Prsho dari Yerevan Armenia mengatakan:  Only he can understand what a farm is, what a country is, who shall have sacrificed part of himself to his farm or country, fought to save it, struggled to make it beautiful. Only then will the love of farm or country fill his heart. Saya bisa menebak sepertinya dia penggemar Antoine de Saint-Exupery.

Saya pikir, Armenia masih sibuk dengan perang atau setidaknya  sedang beres-beres merancang bangun ulang setelah perang saudara berkepanjangan. Ternyata tidak, pertanian dan peternakannya sedang berkembang pesat. Dengan semangat Prsho menceritakan bahwa Bank Dunia (World Bank) dan Pemerintah Armenia pada bulan Juni ini menyepakati pengembangan program untuk meningkatkan efisiensi di bidang peternakan ternak sapi perah di 55 komunitas pedesaan 6 marzes Armenia (Aragatsotn, Shirak, Lori, Tavush, Gegharkunik, Syunik) dengan tujuan meningkatkan produksi susu, meningkatkan manajemen padang rumput dan meningkatkan penjualan produk pertanian dan peternakan.

Total biaya program  21.3 mln USD, dimana katanya 5.3 mln USD yang akan dialokasikan oleh pemerintah Armenia. Program direncanakan berjalan 5 tahun, akan direalisasikan oleh Departemen Pertanian Armenia  bekerjasama dengan peternak. WB memberi pinjaman diberikan kepada Armenia untuk jangka waktu 20 tahun dengan tingkat bunga tahunan sebesar 0,75%.  Dengan program itu, produktivitas tenaga kerja di pedesaan dan koperasi dapat ditingkatkan.

Saya tidak berani menceritakan kondisi peternakan di Indonesia daripada bikin malu. Memang sich ada yang bilang kredit di bidang pertanian tahun ini 91 triyun tapi saya tak yakin seberapa banyak yang jatuh di sektor produksi?. Lagian siapa yang “percaya” dengan bankir Indonesia?.

Efisiensi biaya produksi pertanian sebenarnya dimulai dari sisi permodalan bank. Saat ini, biaya produksi pertanian semakin meningkat setiap tahunnya karena sebagian besar petani masih bergantung dari modal para pedagang yang besarnya dua kali lipat dari bank. Keberadaan bank membiayai sektor pertanian secara progresif sangat dibutuhkan.

Sedikitnya, dibutuhkan dua regulasi khusus untuk pembiayaan sektor pertanian yaitu suku bunga efisien dan penjaminan kredit bagi petani. Penjaminan kredit melalui pembentukan Lembaga Penjamin Kredit Daerah (LPKD) sangat diperlukan untuk meminimalkan risiko kredit secara keseluruhan. Sekaligus, menjamin usaha petani yang layak usaha (feasiable) namun belum layak bank (bankable).

Adanya media komunikasi seperti Facebook, Twitter ataupun Jango online sebenarnya bisa memperkaya khasanah pemikiran kita dan membuat dunia yang kita tinggali bersama ini serasa lebih sempit. Tanpa media komunikasi bisa jadi seperti sebuah kata pepatah:   All alone and lost.

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.