Skip to content


Bantu petani peternak dengan cara membeli produk mereka.

Bandung, 23 Maret 2011. Katanya tak akan sampai 5 menit lagi kami akan memasuki Desa Kawung-luwuk Kecamatan Sukaresmi Cipanas-Cianjur. Sebuah daerah yang mengingatkan aku pada sebuah tempat yang sangat berkesan yaitu Goha, Desa Tarumajaya, Kec. Kertasari,  Kab.  Bandung. Sebuah tempat dimana kami pernah berinteraksi lumayan sering dengan sebuah komunitas yang bernama petani peternak.

Berada di daerah dengan ketinggian antara 1200-1700 mdpl dan suhu udara berkisar antara 11 -27 derajad C membuat sebagian beban kerja serasa luntur. Kami beruntung pernah tinggal di sebuah tempat   yang sejuk dan nyaman dan lebih dari itu belajar banyak hal tentang kehidupan para petani peternak. Goha adalah salah satu tempat yang selalu menjadi inspirasi yang tak pernah putus untuk mensyukuri apapun kehidupan yang pernah aku alami.

Sayur yang kita peroleh di Pasar Caringin atau Gede Bage Bandung, diantaranya di pasok dari daerah itu. Karena itu anjlog bebasnya harga sayur di beberapa daerah seperti Kertasari, Lembang dan sekitarnya pada akhir-akhir ini, pastinya berdampak pada kehidupan keluarga petani peternak di daerah-daerah itu.  Jika harga wortel (2 minggu yang lalu) masih Rp. 2.500 per kg, maka pada hari2 ini anjlog  bebas menjadi hanya Rp. 800 per kg.

Cipanas, Cianjur pun adalah sebuah tempat yang sangat indah.  Pada waktu masih kanak-kanak, saya sering membayangkan sebuah tempat seperti yang ada dalam The Secret Garden. Kehidupan Mary Lennox,  pamannya, kebun dan isinya serta penguatan spiritual melalui alam sungguh sangat mengesankan, inspiratif. Buku yang ditulis Frances Hodgson Burnett itu akan mengingat siapapun yang sedang berada dalam ruang terbuka dan mensyukuri keindahan alam semesta ciptaan Allah SWT.

Sambil menikmati hawa sejuk, ngga terasa kalau dari tadi sudah mengunyah satu setengah batang coklat. Beruntung dan terimakasih pada suku Aztek dan bangsa Maya yang menemukan xocoatl (bhs Aztek). Antioksidan fenol yang terkandung dalam coklat diyakini mampu memperpanjang umur sel. Fenol juga dikenal sebagai senyawa yang baik untuk kesehatan jantung. Coklat mempunyai kemampuan untuk menghambat oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung koroner dan kanker.

Tentang coklat, pasti akan mengingatkan sebuah film lucu: Charlie and the Chocolate Factory. Suatu hari pemilik pabrik permen dan coklat bernama Willy Wonka, yang tak pernah dilihat seorangpun selama bertahun-tahun, mengumumkan perlombaan di seluruh dunia untuk lima anak yang akan mendapatkan kesempatan tur di pabriknya. Tiket emas telah disembunyikan di lima batang coklat produksi Wonka. Secara kebetulan, Charlie (seorang anak yang pengin sekali menikmati rasa coklat) adalah salah satu dari lima anak mujur itu. Dan, selanjutnya?. Pasti mudah ditebak endingnya.

Kehidupan tak ubahnya sebuah pertunjukkan, mirip sebuah pertunjukkan sirkus. Kita belajar dan bekerja keras, kadang hanya sekedar mengharapkan agar penonton sudi memberikan tepuk tangan. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa untuk belajar naik panggung pun membutuhkan sebuah keyakinan. Dan jauh sebelum mereka memberanikan diri mereka memerlukan latihan yang keras dan kadang spartan. Harga yang harus dibayar untuk sebuah sukses tak lain adalah kerja keras. Tak ada yang gratis untuk menikmati kehidupan.

Semua dan apapun profesinya, pasti harus ditekuni secara serius. Harapan yang diembankan pada setiap profesi adalah sebuah amanah. Itulah hakekat kenapa kerja keras itu diperlukan.

Salah satu novel yang sangat menginspirasi kerja keras adan etos kerja adalah   Water for Elephants. Air untuk gajah. Novel sejarah karya Sara Gruen. Sebuah novel yang menceritakan tentang perjalanan hidup seorang bernama Jacob Jankowski. Yacob Jankowski, seorang mahasiswa berusia  dua puluh tiga tahun sebenarnya sedang  mempersiapkan diri untuk ujian akhir sebagai seorang mahasiswa di Cornell University. Ketika ia menerima kabar bahwa orang tuanya tewas dalam kecelakaan mobil. Ayah Yacob adalah dokter hewan dan ia telah merencanakan untuk bergabung dengan praktek ayahnya kelak?. Ketika Yakub mengetahui bahwa ayahnya sebenarnya terlibat dalam hutang yang sangat besar akhirnya ia memutuskan untuk keluar dari kuliahnya, dan memulai petualangannya di dunia sirkus. Sebuah dunia yang abstrak dan absurd baginya.  Banyak para penderita  skizofrenia paranoid disana. Baginya hewan adalah juga keluarga baginya. Kadang dia melihat kekerasan2 yang terjadi namun tak bisa bertindak apa-apa. Apa yang terjadi pada mereka, serasa menjadi luka bathin bagi dirinya juga.

Kehidupan hewan sirkus Queenie dan kisah Rosie (nama gajah)  itu sebenarnya tak jauh dengan kehidupan di dunia lain, dalam profesi-profesi lain. Kekerasan dan perlakuan tak manusiawi ada dimana-mana. Tak adakah yang tersisa di dunia selain kekerasan? Pastilah tak seburuk itu. Kuncinya adalah pada kata empati.

Jadi, mengamati terjun bebasnya harga sayur mayur di beberapa tempat. Sesungguhnya, empati kita sedang diuji sejauhmanakah kita bisa berkontribusi positip pada mereka, pada para petani peternak?. Kekerasan tatanan ekonomi akibat perdagangan bebas sangat  berdampak  jauh sangat hebat. mari kita bantu petani peternak dengan cara membeli produk mereka dengan harga yang wajar.

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.