Skip to content


BTW: Mudah diambil dan disajikan ketika dibutuhkan.

Bandung, 4 Januari 2011. Makhluk kecil itu tergeletak, diam tak berdaya di atas meja preparat. Ada darah di beberapa bagian organnya. Traktus digestivusnya telah tercerai berai. Sebentar lagi cavum orisnya akan dibuka, sepanjang cavum nasi, pharynx, larynx, trachea sampai ke pulmo harus diamati, dilihat dan dicatat. Mereka harus melakukan inspeksi dan palpasi untuk menemukan ada tidaknya radang.  Dan makhluk kecil yang kumaksud itu adalah Gallus-gallus bankiva.

Kadang aku ada di pinggir agak ke belakang memperhatikan mereka. Mengamati mereka yang  hilir mudik, dan sesekali agak berteriak memberikan tanda peringatan. Kadang aku terpaksa memberi isyarat, mengalihkan pandang namun tak bermaksud menghentikannya.

Ada alasan sederhana dan singkat bagi saya untuk menyenangi kegiatan praktikum Mankester. Salah satunya adalah interaksi yang intensif. Banyak diantara mereka membaca dan mengenal sebuah kata namun tanpa memahami makna dan artinya. Kita harus mencoba memberitahu, bukan sekedar mengingat namanya.

Sebentar lagi perkuliahan semester genap akan berlangsung. Artinya akan ada lagi praktikum Mankester. Belajar seharusnya menjadi area yang menyenangkan dan media agar kita tidak tersesat. Akan ada jalan panjang dan mendaki yang harus mereka lewati, kelak. Dan pada saat melintasi sebuah jarak, tak seharusnya kita menyesal, hanya karena kita hari ini telah mengabaikan sesuatu yang cukup penting untuk bekal.

Well, Tapi lupakan dulu persiapan pembelajaran Mankester untuk bulan depan. Besok ada pekerjaan penting terkait dengan implementasi SMM ISO 9001: 2008 di PPBS Unpad. Mendapat sertifikasi ISO tidak lantas kita berbangga diri. Karena tanggungjawabnya yang juga sangat besar.

Beberapa indikator kinerja dan pencapaian ISO lumayan  mengkhawatirkan. Selain itu ada  hal lain yang sangat mendasar, yaitu tentang  ketersediaan Dokumen dan rekaman mutu. Mestinya kita usahakan sesuai target. Indikatornya sebenarnya lumayan sederhana yaitu bahwa  ketersediaan dokumen dan rekaman mutu tersebut mudah diambil dan disajikan ketika dibutuhkan.

Namun ketersediaan dokumen dan rekaman mutu saja, katanya tidaklah cukup. Isinya juga harus mudah ditelusur. Penelusuran dokumen dan rekaman mutu diperlukan untuk melihat urutan kronologis proses dan bagian yang mengerjakannya. Agar apabila terjadi masalah akan mudah diketahui dan dengan cepat mudah diatasi atau dicari solusinya. Kemudahan telusur dokumen dan rekaman ini akan menghindari saling lepas tanggungjawab.

BOT dengan masa depan. Menyongsong perkuliahan semester genap yang akan segera dimulai. Semester ini setidaknya kami harus merekrut 3 orang asdos baru untuk praktikum Mankester (Manajemen Kesehatan dan Kesejahteraan Ternak). Setiap tahun kami kehilangan 3 orang asisten senior padahal BRB (Be Right Back) kami harus merevisi bahan ajar khususnya untuk pembelajaran mata kuliah Mankester. Hampir setiap tahun kami kehilangan anak-anak handal, para sahabat-sahabat asisten. Kami tak mungkin menahannya untuk sebuah pekerjaan sesaat. Ada saatnya seseorang datang dan WTG ada saatnya mereka pergi.

Saya tak hafal fitur mereka satu per satu. Tapi pasti banyak JK dari mereka yang akan selalu kita catat dan kenang. Seorang kawan sejati adalah manakala mereka datang secara baik-baik-baik dan pergi dengan meninggalkan kesan. YW. Banyak nama-nama yang rasanya masih melekat di hati karena mereka sering keluar masuk ruangan saya yang lumayan sempit di kampus. Saya agak membenci sebuah rahasia tapi biarkan cerita  itu menjadi kenangan diantara kami.

Surat An Naml 27: 89. “Man jaa-a bil hasanati fa lahuu khairum minhaa wa hum min faza’iy yauma-idzin aaminuun”, yang artinya: Barangsiapa yang datang dengan suatu kebaikan, maka dia akan memperoleh yang lebih baik daripadanya, sedang mereka aman dari kejutan pada hari itu.

Well, sambil merenungkan bagaimana format mankester ke depan. Hari ini saya membuka-buka dan membaca artikel tentang Pilot Farm Management Cost-share Program. Sekedar untuk pengayaan mata kuliah Mankester. Katanya: Forms & instructions may also be found on our website at http://agpolicy.ky.gov/ . Program yang bagus, suatu saat harus bisa diterapkan di Indonesia.

BTW, ada juga artikel lain yang bagus terkait dengan manajemen. Farm Transfer Education for Small Farms. By Adam Matthews, Cornell Small Farms Program. Salah satu kesimpulannya: The group hoped to bring farm owners and farm seekers together for joint education. Seekers would become better prepared to write a business plan, create a resume, and complete a loan application. Owners would become better prepared in presenting their farm to seekers and would be made aware of the options in farm transfer that are available to them. Both owners and seekers would be linked with local resources for farm transfer, and Cooperative Extension Educators would be linked with on-campus resources for farm transfer (FarmLink).

Hasil workshop lainnya yang patut direnungkan: The group agreed that one of their main objectives was to help farm owners and farm seekers recognize that farm transfer is a process, and to see the value of the entire process, not just the final agreement. Personal issues are all-important, and need to be discussed prior to an agreement. For general small farm information, visit Cornell’s Small Farms Program web site at www.smallfarms.cornell.edu. dan melihat-lihat http://nesare.org/

Minggu UAS

Minggu pertama pada awal Tahun Baru selalu menjadi minggu sibuk bagi mahasiswa.  UAS mungkin bukanlah sesuatu yang menyenangkan bagi para mahasiswa. Namun  bagi mereka yang paham dengan masa depan, UAS seperti halnya UTS dan praktikum sebenarnya sebuah jembatan keledai untuk membangun landasan yang kokoh agar kelak mereka menjadi manusia-manusia yang tangguh. Hanya dengan belajarlah seseorang bisa menjadi lebih bertanggungjawab dan mengerti hakekat kehidupan. BOT (Back on Topic), kehidupan yang sesungguhnya bisa jadi dimulai 1 hari setelah seseorang lulus. Hari ini mungkin kita bisa LOL (Laugh Out Loud), namun  RL (Real Life) akan kita hadapi. Kelak!.

IDK (I Don’t Know) kehidupan seperti apa yang akan terjadi. Namun FYI (For Your Information), AAMOF (As A Matter Of Fact)  jutaan PPL (People) meratapi kepedihan karena menyia-nyiakan masa mudanya. IOW (In Other Word), sangat sia-siakan waktu. Mungkin masa depan seseorang akan GJ, jika ATM (At The Moment) mereka tidak mempersiapkannya dengan serius.  OOT (Out of Topic), BTW saya sedang mencoba memahami bahasa gaulnya anak-anak kini. HTH (Hope That Helps) saya memahami apa yang ada dalam neuron mereka. THX.

Mungkin jalannya memang harus pelan-pelan. IOW, inilah kita, he-he-he: LMK jika ngga tahu singkatan-singkatan di atas atau  STW tapi DND, wah apaan lagi?. Wkwkwk, selamat bertemu di Mankester. Kayaknya lebih mudah belajar bahasa latin daripada bahasa gaul di Twitter atau Fb?.

Posted in Refresh.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.