Skip to content


I can go a walk if i like. What for? What then? How would it be?.

Bandung, 14 April 2010. Menjelang maghrib guyuran hujan yang cukup deras memacetkan sepanjang jalan di wilayah Bandung timur. Suara petir dan kilat yang menyambar tanpa henti kian menambah muramnya hari ini. Suasana itu tak terlalu paradoks dengan kejadian di beberapa wilayah. Musim hujan memang jauh lebih mundur. Akankah musim kemarau juga juga akan sangat pendek,? Wallahualam bishowab. Tak ada yang bisa memastikan perubahan iklim kecuali menjelaskannya berdasarkan fenomena semata.

Terlambat tiba di rumah hanya karena kemacetan di jalan barangkali tak terlalu berpengaruh dibandingkan nasib ribuan saudara kita yang terimbas oleh perubahan iklim yang terjadi. Banjir adalah salah satu kosa kata yang sangat populer akhir-akhir ini. Bentuk sebuah peringatan dan cobaan yang harus segera disadari oleh masyarakat.

I can go a walk if i like. What for? What then? How would it be?. Pada akhirnya seseorang harus memutuskan sendiri cara dan langkah terbaik manakala tak ada orang lain yang mau mendengarkannya. Memulai dari diri sendiri dan melakukannya untuk diri sendiri, barangkalai sebuah pilihan akhir dan keputusan yang tepat, sejauh bisa bermanfaat untuk kebaikan bersama. Frustasikah dengan perilaku masyarakat?, bisa ya dan mungkin juga tidak.

Beberapa jam yang lalu, hampir setengah hari kami mendiskusikan dan merumuskan kembali Manual Mutu Akademik Pendidikan di lingkungan kami bekerja yaitu PPBS. Setahun yang lalu kami telah membuat visi, misi, renstra dan turunannya namun kami merasa kurang puas dengan implementasinya. Manual mutu itu penting sebagai acuan PPBS dalam melayani proses belajar mengajar dalam ilmu dasar dan menjadi pedoman bagi Manual Prosedur (MP) dan Instruksi Kerja (IK) di PPBS Unpad.

Manual yang mencakup Sistem Penjaminan Mutu Akademik dan Sistem Audit Mutu Akademik ini mestinya dijadikan panduan bagi pengelola program, staf pengajar, staf administrasi dan mahasiswa dalam upaya peningkatan proses pembelajaran. Mutu adalah kesesuaian dengan standar, kesesuaian dengan harapan stakeholder, atau pemenuhan janji yang telah diberikan. Jadi harus dilaksanakan dan ditepati.

Pelaksanaan pendidikan di lingkungan PPBS Unpad dirancang dengan mempertimbangkan pergeseran paradigma pendidikan yang semula lebih fokus pada pengajaran oleh dosen ke fokus pada pembelajaran oleh mahasiswa (student learning).

Pengembangan program pendidikan mestinya mengacu pada rencana strategis PPBS Unpad dan harus selalu disertai dengan inovasi terhadap metode dan substansi pembelajaran serta peningkatan infrastruktur, perangkat lunak dan perangkat keras yang diperlukan.

Evaluasi terhadap program pendidikan harus dilakukan secara sistematik, terstruktur, periodik dan berkesinambungan dengan menggunakan alat ukur yang dapat diterima masyarakat/stakeholder dan dikembangkan dalam kerangka percepatan PPBS Unpad menjadi lembaga yang bertaraf internasional. Pengembangan dalam jangka panjang diarahkan untuk menjadi trend setter di tingkat nasional dan memberikan kontribusi pada standar akademik program sejenis di tingkat regional dan internasional. Itulah mimpi kami.

Well, hujan belum juga reda, suaranya mengalahkan senandung musik klasik Ave Verum Corpus In D Major bahkan Horn Concerto No.4 In E-Flat Major yang sangat dinamis. Sesekali memang lewat pedagang makanan keliling, tik tok tik tok, namun selebihnya suara gemericik air dan sura bangkong lah yang dominan menghiasi malam ini. Aku sudah coba bolak balik baca buku-buku selingan non fiksi mulai dari buku How to Build Animal Housing sampai dengan cerita fiksi betulan seperti 101 Secrets a Cool Mom Knows. Bukan untuk sekedar melupakan apa yang terjadi hari ini, namun lebih karena membaca itu memang menyehatkan pikiran.

Aku kagum dengan Carol Ekarius, penulis buku How to Build Animal Housing, yang dengan rinci menjelaskan tentang struktur, desain dan fungsi kandang pada berbagai ternak. Kita memang jarang memikirkan misalnya tipe fondasi kandang: skids, slab, full wall, Pier and beam, pole dan lainnya. Atau tipe atap: shed, gable, offset gable, gambrel, gothic, monitor dan lainnya.

Buku yang bagus, that’s what people want and proper housing makes it possible. Buku itu juga penuh dengan isu-isu penting yang terkait dengan animal welfare, behaviour dan general safety issue lainnya. Happy, healthy animals!. Buku Carol lainnya Small Scale Livestock Farming, juga sangat bagus. Mungkin karena pengalaman Carol dan keluarganya Ken Woodard yang cukup panjang sebagai peternak dan kontribusi dia sebagai editor majalah Hobby Farms Magazine.

Dan dalam 101 Secrets a Cool Mom Knows nya Sue Ellin Browder & Walter Browder, ada sebuah petuah bagus untuk disimak: Cara Menuntun Seekor Kuda. Seorang anak yang tahu cara menuntun seekor kuda besar dan bodoh, sudah mengambil langkah besar menuju tanggungjawab orang dewasa. Di kemudian hari ketika ia berhadapan dengan tantangan yang lebih besar daripada dirinya, dia akan menghadapinya dengan penuh percaya diri. Kata orang, seorang gadis yang mempelajari cara menuntun kuda akan tumbuh menjadi seorang perempuan yang tahu cara mengurus pria. Nah lho.!.

Posted in FolkTale.

Tagged with .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.