Skip to content


Antrean di TPK

image001.pngimage003.png

Beberapa hari ke depan para petani dan peternak sapi perah di Pangalengan pasti mengalami gundah gulana. Gempa besar melanda wilayah Pangalengan, sebuah tempat yang sesungguhnya menyenangkan bahkan menakjubkan. Banyak sisi lain disana yang sangat menarik untuk diamati, dirasakan dan menjadi pengolah jiwa menuju kedamaian. Hari-hari ini dan ke depan pasti bukan hanya peternak yang bersedih. Sapi yang sedang laktasi pun pasti menatap haru. Pedet-pedet berhenti bermanja diri dan sapi-sapi dara pun ingin menunjukkan emphatinya.

Kertasari, Sedep, dan Taruma Jaya. Tempat yang banyak memberi inspirasi dan sering menjadi batu pijakan untuk memperkuat bathiniyah hari ini porak poranda. Antrean di TPK [Tempat Pelayanan Koperasi], juga tak seperti biasanya. Tak lagi ramai dan penuh canda tawa. Hari-hari menyenangkan untuk sementara berhenti. Sebagian dari mereka mungkin sedang mempertanyakan kehendak Tuhan. Namun aku yakin tak ada satu pun diantara mereka yang memprotes. Adanya takdir telah mereka kenal begitu lama.

Aku pengin dan berharap antrean di TPK segera kembali normal, ramai seperti sedia kala:
Dari balik bukit nan indah
Dari rimbunan dedauan teh.
Dan
Dari pematang ke pematang

Pagi dan sore hari
Satu per Satu orang dewasa, remaja dan anak-anak
Berduyun-duyun dengan ceria
Memanggul, menenteng, memikul aneka milkcan, ember
Dan ………..

Dengan sabar mereka menanti dan
Berharap hari ini susunya tidak ditolak oleh petugas TPK.

Dan
Greng, greng, greng
Sopir truk membawa hasil jerih payah peternak
Menuju ke MT.

Teman2 kecilku di SD Lembangsari, Ibu penjual mi goreng deket GOR di Goha tempat aku dulu sering makan sore dan juga temen2 inseminator yang gesit-gesit. Semoga mereka diberi ketabahan. Di bulan yang penuh rahmah ini, segala cobaan mesti kita hadapi dengan sabar. Aku selalu mencintai dan terobsesi dengan Goha.

Sebuah tempat yang menggoda intuisi. Sepi dan sunyi di tengah kedinginan, desir angin dan embun malam yang menyergap sumsum tulang bukan hanya akan mengingatkan sebuah sisi lain dari kehidupan namun juga menjaga dan menguji sebuah ketaqwaan pada Allah SWT. Alam seringkali mengajarkan kita akan sebuah penantian sebelum kita berhenti di sebuah titik. Goha adalah salah satu tempat yang mampu mengarahkan aku pada tujuan hidup. Sebuah tempat yang bagus untuk berkontemplasi.

image002.png

Posted in FolkTale.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.